2. Memberikan kesan yang salah di mata konsumen
Sisi negatif lain dari pemberian potongan harga adalah terciptanya kesan yang salah. Bukan tidak mungkin konsumen akan mengira bahwa Anda memberi potongan harga karena produk Anda tidak laku akibat kualitas yang buruk. Terlebih, suatu studi menunjukkan bahwa konsumen yang membayar produk dengan harga penuh ternyata merasa lebih puas daripada yang membayar dengan potongan harga.
3. Risiko hilangnya keuntungan dari margin lebih kecil
Sebelum memberikan potongan harga, memang biasanya pemilik usaha akan melakukan strategi penetapan harga terlebih dulu untuk meminimalisir kerugian. Namun, risiko hilangnya keuntungan masih tetap ada. Saat produk dengan potongan harga banyak dibeli, Anda bisa saja kehilangan margin keuntungan dari konsumen yang sebetulnya bersedia membeli produk tanpa potongan harga.
Tentukan tujuan Anda memberikan potongan harga
Melakukan strategi penetapan harga sebelum memberikan potongan memang cukup tricky, apalagi setelah Anda mempelajari sisi positif dan negatifnya di atas. Itulah kenapa sebelum memilih strategi potongan harga yang tepat, identifikasi dulu tujuan yang ingin Anda capai dari promosi tersebut.
Dengan mengetahui tujuan, Anda akan bisa lebih mudah menentukan target konsumen dan strategi penetapan harga yang diterapkan. Kira-kira tujuan apa saja yang bisa dicapai dari promosi potongan harga?
1. Meningkatkan penjualan
Karena fokus utama Anda adalah meningkatkan penjualan, maka jumlah konsumen yang melakukan pembelian pun tidak perlu terlalu diperhatikan. Contoh strategi penetapan harga yang bisa diterapkan adalah membuat bundle produk agar konsumen tertarik untuk belanja sebanyak mungkin.
2. Membuat konsumen lebih setia
Jika peningkatan loyalitas adalah tujuan utama Anda, maka Anda bisa memberikan potongan harga pada program loyalitas. Misalnya, buatlah program member di mana konsumen bisa mendapatkan potongan harga hanya jika mereka mendaftar sebagai member usaha Anda. Program seperti ini juga bisa mengeksklusifkan konsumen sehingga mereka merasa spesial.
3. Menarik konsumen baru
Akan berbeda jika tujuan Anda adalah menarik konsumen baru. Melalui potongan harga, Anda memberi kesempatan kepada calon konsumen untuk mencoba produk Anda dengan risiko yang lebih minim. Coba berikan batasan waktu pada potongan harga agar mereka terdorong untuk mencoba produk Anda sekarang juga.
4. Menghabiskan stok lama
Ada sejumlah alasan kenapa pemilik usaha ingin menghabiskan stok lama mereka, entah itu menyediakan ruangan untuk produk baru, fokus meningkatkan performa produk, atau memperbarui lini produk. Potongan harga diberikan agar konsumen tergerak untuk segera berbelanja sehingga stok Anda pun cepat laku.