Diskon, atau potongan harga, merupakan salah satu bentuk promosi yang paling disukai konsumen. Bahkan jika sebetulnya konsumen tidak terlalu memerlukan produk yang Anda jual, mereka tetap membelinya karena tergiur dengan promo tersebut.
Itulah kenapa banyak pemilik usaha memberikan potongan harga agar toko atau gerai mereka ramai pengunjung. Apakah Anda juga memiliki pemikiran yang sama?
Apabila iya, pemberian potongan harga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada strategi penetapan harga yang harus ditentukan agar promosi yang Anda berikan tidak melukai usaha Anda. Itulah kenapa banyak pemilik usaha tetap berjaya walaupun mereka sering memberikan potongan harga.
Pertimbangan keuntungan dan kekurangan strategi penetapan harga
Sebelum menentukan strategi penetapan harga untuk diskon, sebaiknya Anda ketahui dulu sisi plus dan minus dari pemberian potongan harga. Jadikan hal ini sebagai pertimbangan apakah strategi tersebut memang cocok untuk kebutuhan promosi usaha Anda.
Keuntungan promosi potongan harga
1. Menciptakan image positif di mata konsumen
Konsumen pasti akan merasa senang saat mendapatkan potongan harga, apalagi jika Anda cukup rutin memberikannya. Hal ini bisa membawa pengaruh baik dalam jangka panjang. Mereka akan mengasosiasikan usaha Anda dengan perasaan yang senang atau positif. Secara tidak langsung, image usaha Anda pun ikut terdongkrak di mata para konsumen.
2. Meningkatkan loyalitas konsumen
Karena memiliki persepsi yang baik terhadap usaha Anda berkat pemberian potongan harga, maka kecenderungan konsumen untuk membeli produk Anda pun akan meningkat. Artinya, loyalitas mereka terhadap usaha Anda juga bertambah, sehingga mereka akan cenderung memilih produk Anda dibandingkan kompetitor.
3. Membantu meningkatkan penjualan
Adanya potongan harga bisa membuat konsumen semakin tergiur untuk melakukan pembelian. Didorong oleh perasaan senang, mereka juga biasanya tidak akan segan merekomendasikan usaha Anda ke orang lain. Alhasil, usaha Anda semakin dikenal dan ini tentu bisa membantu meningkatkan penjualan.
Kekurangan promosi potongan harga
1. Konsumen membeli dalam jumlah banyak
Ketika ada promo potongan harga, kecenderungan konsumen adalah belanja produk dalam jumlah banyak. Sekilas, hal ini mungkin terkesan menguntungkan, tapi sebetulnya ada risiko yang mengintai. Keuntungan usaha di masa depan bisa terkena dampaknya karena begitu promo potongan harga dihentikan, konsumen merasa tidak perlu belanja lagi di tempat Anda.