GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Peluang Usaha Menguntungkan di Era Cashless Society

5 Peluang Usaha Menguntungkan di Era Cashless Society – Seiring berkembangnya teknologi, gaya hidup pun ikut berubah, termasuk dalam hal pembayaran. Masyarakat yang tadinya lebih mengutamakan uang tunai dalam bertransaksi, kini sudah mulai beralih menjadi cashless society atau masyarakat nontunai.

Kehadiran kartu debit, kartu kredit, serta uang elektronik (e-money) atau dompet digital (e-wallet) turut mendukung terwujudnya era cashless society. Dengan adanya berbagai macam aplikasi pembayaran digital, masyarakat jadi lebih mudah dan cepat dalam bertransaksi.


Karakteristik Konsumen di Era Cashless Society

Transaksi non-tunai - cashless society

Beda generasi, beda kebiasaan. Begitu juga dengan karakteristik konsumen di era cashless society yang cenderung lebih menyukai segala sesuatu yang bersifat praktis, termasuk dalam hal pembayaran.

Sebuah survei yang dilakukan kepada orang-orang usia produktif di Jakarta pada Mei 2019 menemukan bahwa hampir 80 persen dari mereka memiliki dompet yang tipis, sedangkan sekitar 15 persen di antaranya bahkan tidak membawa dompet sama sekali saat bepergian.

Masih di tahun yang sama, data Bank Indonesia menunjukkan pertumbuhan pembayaran digital yang sangat pesat dengan adanya 4,7 juta jumlah transaksi cashless dan volume transaksi sebesar Rp128 triliun.

Sementara itu, Ipsos Indonesia melalui studi The Next Cashless Society menemukan bahwa mayoritas konsumen di era cashless society tidak hanya menggunakan satu jenis uang elektronik atau dompet digital. 

Baca juga: 6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS

Terbukti, hanya 21 persen responden yang menggunakan satu dompet digital, sedangkan 28 persen menggunakan dua jenis dan 47 persen lagi menggunakan tiga jenis atau lebih dengan GoPay sebagai salah satu dompet digital paling banyak digunakan.


5 Peluang Usaha Menguntunggkan di Era Cashless Society

Usaha laundry - 5 Peluang Usaha Menguntunggkan di Era Cashless Society

Berbicara soal usaha di tengah gaya hidup cashless, tentu ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha menguntungkan di era cashless society yang dapat menguntungkan Anda. Yuk, kita simak!

1. Kuliner

Usaha kuliner memang tidak ada matinya, apalagi jika Anda mampu memberikan pelayanan terbaik dengan menghadirkan rasa yang enak dan metode pembayaran yang mudah. Pada 2019, GoFood menghasilkan lebih dari 20 juta pelanggan dengan jumlah pesanan mencapai 50 juta per bulan. 

Dalam memilih usaha kuliner yang sesuai dengan kebutuhan pasar, Anda bisa menjajal berbagai macam tren kuliner GoFood. Misalnya, membuka usaha kuliner ayam goreng atau kopi susu yang menjadi menu terlaris dalam tren kuliner GoFood sepanjang 2020.

2. Toko kelontong

Selain makanan dan minuman, peralatan rumah tangga juga merupakan kebutuhan primer yang banyak dicari. Nah, untuk menjawab kebutuhan tersebut, Anda bisa membuka toko kelontong dengan sistem pembayaran nontunai.

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dengan membuka toko kelontong adalah bisa menjadi mitra usaha untuk beberapa perusahaan e-commerce dalam menyediakan pembayaran nontunai. Untung dua kali, nih!

3. Toko online

Karakter konsumen yang lebih sering menggunakan gadget dan internet di era cashless bisa menjadi peluang usaha menguntungkan bagi Anda yang ingin membuka usaha tanpa perlu mendirikan bangunan alias toko fisik.

Dengan modal yang minim, Anda bisa menjual beragam kebutuhan dan menjangkau konsumen secara luas melalui bisnis ini. Ingat, sediakan metode pembayaran nontunai untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen ya!

4. Laundry

Kesibukan sering kali menjadi penghambat bagi seseorang dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, salah satunya mencuci. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka usaha laundry.

Selain menghadirkan solusi yang tepat bagi konsumen yang memiliki aktivitas padat, Anda juga bisa berinovasi dengan menyediakan layanan jasa antar jemput dan sistem pembayaran cashless. Dengan begitu, proses transaksi lebih mudah dan cepat!

5. Mesin jual otomatis (vending machine)

Pernah melihat makanan atau minuman yang dijual dengan mesin otomatis? Itulah yang disebut vending machine. Meski terlihat modern, ternyata ada banyak lho vending machine yang masih menggunakan uang tunai dalam pembayarannya. 

Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menghadirkan fasilitas vending machine dengan sistem pembayaran nontunai. Dengan begitu, konsumen tidak perlu repot-repot menyediakan uang tunai untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Itulah 5 peluang usaha menguntungkan di era cashless society ini. Selain mempertimbangkan peluang usaha mana yang paling cocok, Anda juga perlu memikirkan promosi, sistem pembayaran, dan pembukuan agar usaha Anda berjalan lancar.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan GoBiz, super app dari Gojek yang mampu menjawab semua kebutuhan usaha Anda.

Mulai dari membantu pengelolaan transaksi, menyediakan promo bersama GoPay, sampai mempermudah sistem operasional melalui sistem pengelolaan usaha yang lengkap dan mudah.

Cari tahu info lebih lanjut tentang GoBiz di sini atau klik tombol di bawah untuk download aplikasi GoBiz sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya