GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS

6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS – Sudahkah usaha Anda mendukung pembayaran dengan menggunakan GoPay/QRIS? 

Menurut data McKinsey on Payments, meski tiap negara punya pertumbuhan ekonomi yang berbeda-beda, pembayaran elektronik menggunakan kartu, baik kredit maupun debit, terus meningkat, lho!

Pada 2015, tingkat penggunaan pembayaran elektronik di Asia-Pasifik naik dari 64 persen pada 2010 menjadi 83 persen pada 2015. Artinya, pertumbuhan rata-rata transaksi nontunai di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, berkembang hingga lebih dari 20 persen.

Sementara itu, berdasarkan survei yang dilakukan penyedia teknologi pembayaran global Visa pada 2020, terdapat 54 persen responden yang setuju bahwa Indonesia dapat menjadi masyarakat nontunai (cashless society) dalam dua sampai lima tahun ke depan. 

Baca juga: Jaga Kebersihan Usaha dengan Terima Pembayaran Nontunai di GoBiz 

Kemudian, 11 persen responden lainnya meyakini bahwa Indonesia bisa menjadi masyarakat nontunai hanya dalam waktu setahun. Tentu butuh persiapan matang untuk bisa sampai di tahap itu, terutama dalam mempersiapkan sistem pembayaran yang andal agar seluruh kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik. 

Pentingnya Sistem Pembayaran yang Andal

Alat pembayaran non tunai

Dengan sistem pembayaran yang andal, para pelaku usaha dapat memperoleh banyak keuntungan dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Mulai dari kecepatan dan kemudahan bertransaksi, metode pembayaran yang lebih beragam, hingga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Nah, salah satu metode pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk mendukung cashless payment adalah GoPay/QRIS yang bisa Anda akses dari aplikasi GoBiz.


6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS untuk Usaha

Jaga Kebersihan Usaha dengan Terima Pembayaran Nontunai di GoBiz - 6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS

Selain mendukung gerakan masyarakat nontunai, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan GoPay/QRIS. Yuk, simak bersama!

1. Transaksi lebih praktis

Rata-rata pelanggan menginginkan transaksi yang cepat dan mudah. Keduanya bisa Anda peroleh melalui GoPay/QRIS.

Sebagai pelaku usaha, Anda hanya perlu menyediakan kode QR, tanpa perlu repot menyiapkan uang kembalian sehingga pelayanan pun lebih cepat. Sementara itu, para pelanggan hanya perlu memindai kode tersebut untuk melakukan pembayaran.

2. Metode pembayaran lebih beragam

Dengan menggunakan GoPay/QRIS, Anda dapat menerima pembayaran nontunai dari berbagai macam transaksi hanya dengan satu kode QR, meskipun instrumen pembayarannya berbeda-beda (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, atau mobile banking dengan QR scanner).

Dengan begitu, pelanggan semakin nyaman dan usaha Anda pun semakin lancar!

3. Banyak promo menarik untuk menjangkau lebih banyak pelanggan

Salah satu strategi paling ampuh untuk menarik pelanggan adalah dengan penawaran promo. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memilih program promo GoPay yang ingin Anda ikuti dari fitur Rekomendasi Promo pada halaman Promo aplikasi GoBiz.

Dengan begitu, Anda bisa memberikan promo bagi pelanggan tanpa harus membuatnya sendiri.

4. Penjualan meningkat

Semakin banyak promo yang Anda tawarkan kepada pelanggan, semakin banyak pula pelanggan yang berpotensi membeli produk Anda. Dengan begitu, tingkat penjualan pun meningkat sehingga keuntungan yang diperoleh lebih banyak dan usaha Anda pun semakin berkembang.

Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

5. Lebih aman daripada pembayaran tunai

Transaksi dengan GoPay/QRIS terbilang lebih aman dibandingkan pembayaran tunai karena pembayaran dilakukan dengan menggunakan PIN ataupun kode QR sehingga penjual ataupun pembeli akan terhindar dari kecurangan, penipuan, atau peredaran uang palsu yang sering terjadi pada transaksi tunai.

6. Pencatatan transaksi lebih mudah dan akurat

Jika sebelumnya Anda perlu melakukan pencatatan atau pengecekan transaksi secara manual, maka kini Anda bisa melihat rincian riwayat transaksi usaha secara langsung sesuai dengan periode ataupun nominal transaksinya. Dengan demikian, pembayaran lebih praktis dan pembukuan dapat dilakukan secara otomatis.

Itulah 6 alasan sekaligus keuntungan menggunakan GoPay/QRIS bagi para pelaku usaha. Untuk memperoleh keuntungan penggunaan GoPay secara optimal, Anda juga bisa menggunakan layanan GoBiz untuk mengelola usaha secara lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman. 

Cari tahu info lebih lanjut tentang GoBiz di sini atau klik tombol di bawah untuk download aplikasi GoBiz sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya