GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Yuk, Kenali 5 Penyebab Usaha Sepi dan Cara Mengatasinya

Yuk, Kenali 5 Penyebab Usaha Sepi dan Cara Mengatasinya – Setiap pelaku usaha tentu menginginkan agar usahanya berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan besar. Namun, kenyataan di lapangan kerap berlawanan dengan harapan.

Apalagi, dunia usaha sifatnya sangat dinamis. Terkadang, Anda bisa memperoleh keuntungan besar. Di lain waktu, Anda akan merasakan kalau usaha mulai kehilangan para pelanggan setia. 

Permasalahan sepi pelanggan dalam usaha merupakan fenomena yang lumrah. Tantangan Ini dapat menimpa siapa saja, baik pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) atau perusahaan berskala besar. Hal terpenting, Anda perlu mengetahui penyebab usaha sepi dan mencari solusinya. 


5 Penyebab Usaha Sepi Pelanggan

pemilik usaha muda menggunakan laptop untuk bekerja - cara daftar iumk online - Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab usaha sepi pelanggan setia. Dari sekian banyak faktor tersebut, berikut ini adalah 5 di antaranya yang perlu Anda cermati: 

1. Tingkat Persaingan Tinggi

Alasan pertama yang bisa jadi penyebab usaha sepi pelanggan adalah persaingan tinggi. Kompetisi usaha yang ketat membuat pelanggan punya banyak pertimbangan dalam membeli sebuah produk. Anda bakal mengalami kesulitan bersaing dengan kompetitor kalau tak mempunyai nilai lebih di mata pelanggan. 

2. Strategi Pemasaran Tidak Optimal

Faktor kedua yang bisa menyebabkan usaha Anda sepi adalah kurang optimalnya strategi pemasaran. Dalam dunia usaha, pemasaran merupakan aktivitas yang perlu Anda lakukan secara terus-menerus. Tujuannya, agar para pelanggan memperoleh informasi yang jelas tentang produk Anda. 

Lalu, bagaimana jadinya kalau Anda tak melaksanakan strategi pemasaran dengan baik? Tak menutup kemungkinan Anda bakal kesulitan dalam memperoleh pelanggan baru. Di waktu bersamaan, ada pula risiko kalau pelanggan setia akan beralih ke tempat lain yang tengah gencar melakukan pemasaran. 

3. Kualitas Produk

Seorang pemilik usaha perlu memastikan kalau produk buatannya mempunyai kualitas yang selalu terjaga. Upaya menjaga kualitas produk sering menjadi aspek yang dilewatkan oleh para pelaku usaha. Alih-alih mempertahankan, tak jarang seorang pelaku UMKM malah menurunkan kualitas produk buatannya. 

Anda mungkin berpikir kalau pelanggan tidak akan terlalu merasakan perubahan kalau terdapat penurunan kualitas produk yang terlihat sepele. Namun, hal tersebut bisa jadi alasan pelanggan setia beralih ke produk lain. Apalagi, saat ini ada banyak produk yang menawarkan kualitas lebih baik di pasaran. 

4. Pelayanan Pelanggan 

Aspek penting yang tak boleh Anda lewatkan dalam upaya menghindari usaha sepi pelanggan adalah pelayanan. Anda perlu menjaga agar pelayanan kepada pelanggan berlangsung dengan baik. Penelitian dari Aspect Software menyebutkan kalau kualitas pelayanan menjadi aspek penting bagi pelanggan dalam bertransaksi. 

Ada banyak aspek yang berpengaruh pada tingkat pelayanan kepada pelanggan. Anda perlu menjaga agar tetap bersikap ramah. Selain itu, upayakan bahwa para karyawan menerapkan skema kerja yang efektif dan efisien. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman selama proses bertransaksi. 

5. Minim Inovasi

Faktor terakhir yang tidak kalah penting adalah inovasi. Anda perlu mengikuti perkembangan zaman agar usaha tetap inovatif. Oleh karenanya, pertimbangkan untuk memanfaatkan teknologi terkini yang bisa membantu Anda dalam menjalankan usaha. 


Usaha Sepi Pelanggan Indikator Kegagalan?

Bisnis es krim

Dalam kondisi usaha yang sepi pelanggan, banyak pelaku usaha yang mulai mempertimbangkan untuk menutup usahanya.

Harapannya, keputusan melakukan penutupan dan memulai usaha baru bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak. Namun, apakah kebijakan seperti ini sangat tepat? 

Jawabannya bisa bervariasi. Ketika Anda merasa kehilangan pelanggan, justru Anda dapat memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan inovasi dan menjaring pelanggan lebih banyak di masa depan.

Tak menutup kemungkinan kalau masalah yang tengah dihadapi, merupakan tantangan yang bakal membuat usaha Anda berkembang lebih besar!


Solusi Jitu Mengatasi Usaha Sepi Pelanggan

Strategi pemasaran usaha kuliner

Bagi Anda yang kebingungan dalam mengatasi usaha sepi dan ditinggalkan para pelanggan setia, ada tips ampuh yang bisa diterapkan.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan GoBiz dari Gojek. Keputusan ini termasuk sebagai salah satu inovasi penting dalam kelangsungan usaha Anda, lho!

GoBiz bisa membantu Anda menjangkau pelanggan yang lebih banyak. Caranya adalah dengan menawarkan berbagai opsi pembayaran, mulai dari pembayaran tunai, pembayaran nontunai baik dengan GoPay dan QRIS, serta pembayaran kartu debit dan kredit lewat perangkat GoBiz PLUS!

Baca juga: Apa itu perangkat GoBiz Plus?

Lewat Pemanfaatan GoBiz PLUS, Anda bisa memperoleh banyak manfaat sebagai berikut. 

1. Pilihan Pembayaran yang Variatif

Fitur GoBiz PLUS dapat meningkatkan kenyamanan para pelanggan dalam bertransaksi. Mereka dapat memilih metode pembayaran paling nyaman. Anda dapat menawarkan opsi pembayaran cashless lewat layanan QRIS. Selain itu, ada pula pilihan bagi pelanggan untuk membayar lewat kartu kredit atau debit.   

2. Efisiensi Operasional Usaha

Keuntungan selanjutnya, Anda dapat merasakan operasional usaha yang lebih tertata. GoBiz PLUS membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan dengan lebih baik. Sistem akan melakukan pencatatan secara otomatis untuk setiap transaksi yang terjadi pada usaha Anda.  

3. Cara Penggunaan yang Praktis

Pemakaian layanan GoBiz PLUS merupakan salah satu bentuk inovasi yang sangat praktis. Cukup dengan satu perangkat, Anda sudah bisa menyediakan berbagai jenis metode pembayaran dari pelanggan.

Ditambah lagi, perangkat GoBiz PLUS telah terintegrasi dengan printer yang memungkinkan Anda untuk mencetak struk secara langsung, tanpa perangkat tambahan.  

Dengan berbagai keuntungan dari fitur pembayaran kartu di GoBiz PLUS, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha. Bahkan, Anda bisa membuat usaha Anda jadi ramai kembali karena Anda bisa menyediakan berbagai pembayaran nontunai yang disukai banyak pelanggan!

Lewat berbagai kemudahan tersebut, GoBiz PLUS jadi solusi tepat untuk mengatasi penyebab usaha sepi. Ingin buktikan langsung bagaimana layanan ini bisa membantu usaha Anda?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya