GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Mulai Franchise Kopi Kekinian? Berikut 10 Ide Menunya

Saat ini franchise kopi semakin bertebaran. Hal ini disebabkan karena minat minum kopi masyarakat semakin berkembang. Franchise kopi dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat. Berbagai menu kopi dijual di franchise kopi tersebut.

Franchise kopi menjadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Hal ini karena masyarakat Indonesia semakin menyukai aktivitas minum kopi. Saat ini minum kopi semakin dianggap sebagai suatu kebutuhan. Bahkan bagi sebagian orang, minum kopi juga dapat menunjukkan identitas sosialnya.

Anda juga bisa mencoba untuk membuka franchise kopi sendiri. Untuk membuka franchise kopi, tidak hanya diperlukan modal yang cukup saja. Anda perlu memilih brand franchise yang terbaik, menganalisa keuntungan, mempersiapkan operasional harian dan lain-lain.

7 Tips memulai usaha franchise kopi

Sebelum memulai bisnis franchise kopi berikut tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempermudah prosesnya.

  1. Pilih franchise kopi yang paling menguntungkan. Caranya adalah dengan melakukan observasi lengkap mengenai brand yang akan Anda ambil. Termasuk mengenali brand kopi serta sistem franchise yang diberlakukan.
  2. Persiapkan bisnis plan franchise kopi yang sesuai dengan kondisi pasar di mana Anda akan memasarkan kopi tersebut.
  3. Persiapkan dengan matang modal untuk kedai atau franchise kopi ini. Anda harus memastikan bahwa perhitungan modal ini tidak hanya menyertakan budget untuk membeli franchise, tetapi juga budget operasional setelahnya.
  4. Analisa dengan seksama keuntungan bisnis kopi yang akan Anda beli dan kerjakan ini. Perhitungkan semua biaya yang akan Anda keluarkan selama proses franchise dan penjualan tahap pertama berlangsung.
  5. Perhitungkan juga kendala-kendala yang akan menjadi tantangan Anda selama melakukan bisnis kopi. Sebelum dan selama prosesnya. Termasuk mempersiapkan opsi-opsi solusi untuk menghadapi kemungkinan kendala ini.
  6. Pastikan Anda sudah menetapkan dengan persis target pasar franchise kopi ini. Dengan melakukan beberapa penyesuaian dengan target pasar franchise ini secara umum, dan secara khusus di lokasi Anda menjualnya.
  7. Saat Anda sudah menetapkan target pasar, akan sangat mudah bagi Anda untuk fokus dalam membuat strategi marketing dan promosi, sekaligus merancang strategi pengembangan bisnis kemudian. Karena Anda sudah paham kepada siapa produk kopi ini dikomunikasikan.

Selain membuat nama brand serta memperhatikan tips-tips membuat franchise kopi, Anda juga perlu menentukan menu-menu kopi yang akan Anda jual. Anda perlu membuat menu kopi yang menarik minat masyarakat khususnya anak muda dan para pecinta kopi. Lalu menu kopi apa saja yang bisa Anda jadikan menu di usaha kedai kopi Anda? 

10 Ide Menu Franchise Kopi Susu Kekinian

Berikut ini terdapat beberapa referensi menu yang bisa Anda jadikan menu kopi di franchise Anda.

1. Double Espresso

Menu kopi pertama yang bisa Anda masukkan dalam menu di franchise kopi Anda adalah double espresso. Menu ini paling banyak disukai oleh orang-orang yang sangat menyukai kopi hitam dengan rasa pahit. Double espresso merupakan jenis minuman kopi yang dibuat dengan menggunakan shot lebih dari satu. Double espresso ini biasanya membutuhkan bubuk kopi dengan jumlah 16 sampai 24 gram. 

Double espresso mempunyai rasa yang khas. Rasa khas inilah yang membuat double espresso banyak diminati oleh pecinta kopi. Double espresso ini tidak hanya bisa disajikan dalam satu menu saja. Ada beberapa varian menu yang bisa dibuat dengan double espresso ini. Varian menu yang bisa dibuat dengan double espresso adalah Americano, Ristretto, Doppio, Café Machiatto dan Long Black. 

2. Es Kopi Alpukat

Salah satu menu kopi unik yang sedang menjadi tren adalah, perpaduan es kopi dan buah alpukat. Rasa pahit dari kopi dipadukan dengan rasa manis dari buah Alpukat. Perpaduan 2 rasa ini akan menghasilkan rasa unik yang nikmat.

Untuk bisa membuat menu ini hanya membutuhkan bahan yang sangat mudah. Anda bisa mencampurkan kopi dengan buah alpukat yang sudah dihaluskan. Tekstur lembut buah alpukat berpadu dengan tekstur kopi akan menjadi tekstur unik ketika dinikmati. 

Anda juga bisa menambahkan es krim sebagai topping untuk semakin menambah kenikmatan es kopi alpukat ini. Es kopi alpukat ini dapat menjadi varian menu kopi yang unik dan nikmat. Kombinasi antara espresso dengan buah alpukat akan membuat siapapun yang mencobanya menjadi ketagihan dan menjadi andalan franchise kopi Anda.

3. Kopi Gula Aren

Menu kopi lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai menu kopi di franchise kopi Anda adalah kopi gula aren(gula merah). Sesuai dengan namanya, kopi ini dibuat dengan perpaduan antara kopi dengan gula aren.

Rasa yang dihasilkan oleh kopi dengan tambahan gula aren menghasilkan rasa manis yang nikmat. Perpaduan antara espresso dengan gula aren dapat membuat siapapun ketagihan saat mencobanya.

Rasa yang unik juga menjadi salah satu kelebihan dari kopi ini. Karena menggunakan jenis gula aren maka rasa dari kopi ini tidak terlalu manis. Kopi gula aren cocok untuk dinikmati oleh orang-orang yang tidak terlalu menyukai rasa manis yang berlebihan.

4. Es Kopi Susu

Es kopi susu dalam gelas plastik sangat familiar terutama di kalangan milenial, menu yang satu ini  bisa menjadi pilihan menu kopi untuk franchise kopi Anda.

Rasa kopi yang pahit dapat diimbangi dengan rasa manis dari susu sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Rasanya yang tidak terlalu manis membuat kopi ini masih dapat dinikmati oleh pecinta kopi hitam.

Es kopi susu ini juga menawarkan rasa yang lebih light sehingga bagi yang tidak terlalu menyukai rasa kopi yang pekat masih bisa tetap menikmati rasa kopi ini.

5. Es Kopi Moka

Selanjutnya terdapat menu es kopi moka yang bisa Anda jadikan menu di franchise kopi Anda. Es kopi moka ini bisa menjadi pilihan menu bagi orang-orang yang menyukai kopi tapi tidak terlalu menyukai rasa pahit dari kopi.

Untuk membuat es kopi moka ini juga cukup mudah. Moka terbuat dari bahan susu, creamer, dan kopi. Untuk menambah cita rasa pada moka, Anda dapat menambahkan bubuk cokelat. Tambahan bubuk cokelat pada moka akan membuat rasa lebih creamy sehingga akan menghasilkan rasa yang unik ketika dicoba. 

6. Es Kopi Hitam

Bagi pecinta kopi pahit atau hitam, menu ini bisa menjadi favorit. Tanpa gula ataupun susu masih tetap menjadi favorit bagi sebagian pecinta kopi, jadikan ini menu andalan di kedai kopi Anda.

Es kopi hitam merupakan perpaduan dari espresso, gula dan air mineral. Meskipun menggunakan bahan yang simpel tetapi jika menggunakan takaran espresso yang tepat maka akan menghasilkan rasa yang nikmat.

Meskipun menggunakan bahan utama espresso tetapi jumlah takaran yang digunakan dengan double espresso. Es kopi hitam hanya menggunakan espresso sebanyak satu shot. Kemudian diberi tambahan gula cair dan air mineral.

Karena hanya menggunakan satu shot espresso saja, rasa dari es kopi hitam ini lebih light dibandingkan dengan menu double espresso. Meskipun begitu, es kopi hitam menawarkan rasa yang membuat ketagihan.

7. Es Kopi Pandan

Menu kopi lainnya yang bisa Anda coba untuk franchise kopi adalah Es Kopi Pandan. Sesuai dengan namanya, kopi ini dibuat dengan perpaduan antara espresso dengan pandan. Perpaduan ini menciptakan rasa kopi yang sangat unik. Rasa manis dan rasa light dari pandan bercampur dengan pekatnya kopi.

Kopi ini tidak hanya menawarkan rasa yang unik saja, tetapi kopi ini juga mempunyai aroma yang wangi. Aroma wangi ini dihasilkan dari sari pandan. Meskipun terdengar aneh, namun kopi ini bisa Anda coba sebagai menu di franchise kopi Anda. Kopi ini mampu membuat siapapun yang mencobanya menjadi ketagihan.

8. Kopi Ubi

Meskipun nama menu kopi ini terdengar aneh tetapi Anda bisa mencobanya. Kopi ini dibuat dari perpaduan espresso dengan ubi. Dengan perpaduan yang unik tersebut akan menghasilkan kopi yang unik.

Tekstur yang unik dari perpaduan dua bahan ini mampu membuat penasaran siapapun yang mendengarnya. Rasa manis alami dari ubi akan membuat rasa pekat dari espresso dapat diimbangi. 

Menu kopi yang unik tentunya akan membuat kopi ini digemari oleh pecinta kopi karena menjadi inovasi yang unik di dunia kopi dan membuat ramai franchise kopi Anda. Untuk membuat menu kopi ini juga cukup mudah. Anda bisa menghaluskan ubi kemudian dicampurkan dengan espresso.

Untuk bisa membuat menu kopi ubi yang nikmat, Anda perlu memperhatikan takaran dari espresso dan ubi yang digunakan. Usahakan untuk membuat takaran yang seimbang antara espresso dengan ubi supaya menghasilkan rasa yang nikmat.

9. Caramel Kopi

Menu kopi ini juga bisa Anda coba. Caramel yang mempunyai tekstur yang pekat bercampur dengan kopi yang juga pekat. Meskipun sama-sama mempunyai rasa dan tekstur yang pekat tetapi mampu menghasilkan rasa kopi yang nikmat dan gurih.

Selain itu, menu kopi ini juga dapat dinikmati oleh berbagai orang. Rasa caramel yang manis mampu mengimbangi rasa pahit yang dihasilkan oleh kopi sehingga kopi ini dapat dinikmati oleh orang yang tidak terlalu menyukai rasa pahit dari kopi.

Untuk menghasilkan rasa caramel kopi yang nikmat, Anda perlu memperhatikan takaran antara caramel dan espresso yang digunakan. Takaran keduanya harus seimbang supaya dapat menghasilkan rasa caramel kopi yang nikmat. 

10. Cappucino Aren

Menu ini tentunya terdengar sangat unik. Jika biasanya gula aren dipadukan dengan espresso maka menu ini memadukan antara cappucino dengan gula aren. Meskipun keduanya sama-sama mempunyai rasa yang manis tetapi rasa yang dihasilkan antara kedua campuran ini menghasilkan rasa manis yang tidak berlebihan.

Rasa cappuccino dapat menyatu dengan sempurna dengan rasa gula aren sehingga menciptakan rasa manis yang nikmat. Menu kopi ini bisa dinikmati oleh yang ingin mencoba minum kopi tetapi tidak ingin merasakan rasa pahit dari kopi. 

Jadi, lebih baik franchise atau merintis brand/kedai kopi sendiri?

Secara profit, antara franchise/waralaba maupun brand memiliki potensi menguntungkan yang sama, tergantung bagaimana yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Keuntungan utama dari mengembangkan kedai kopi dengan membeli waralaba adalah Anda tidak perlu repot-repot membangun citra brand dari awal karena brand kedai kopi waralaba sudah kuat di pasar. 

Sementara memiliki brand sendiri berarti Anda harus meluangkan waktu serta budget yang tidak sedikit untuk memasarkan serta memperkuat posisinya di pasar.

Ini adalah fase yang tidak instan, namun ini adalah bentuk investasi jangka panjang untuk memiliki brand kedai kopi yang kuat di pasar. Berarti, tidak menutup kemungkinan beberapa waktu sejak merintis brand Anda sendiri, kedai kopi Anda dapat berpotensi untuk menjadi waralaba.

Entah pada akhirnya Anda akan memulai bisnis kedai kopi dengan membeli waralaba atau justru merintis brand kedai kopi Anda sendiri, pastikan tips-tips di atas tetap menjadi perhatian serta dilakukan untuk memaksimalkan usaha kedai kopi yang akhirnya Anda pilih untuk dijalankan.

Jangan tutup diri Anda dari melihat kemungkinan-kemungkinan yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis kedai kopi ini lebih baik lagi.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya