GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Pengertian Branding dan Fungsinya untuk Usaha

Branding merupakan salah satu hal yang penting di era usaha berkembang saat ini. Setiap usaha tentunya berusaha untuk membangun brand yang kuat. Usaha yang memiliki brand yang kuat tentunya akan mudah dikenali dan diingat oleh konsumennya. Maka dari itu sangat penting untuk membangun brand yang kuat. Selain mudah diingat oleh konsumen, brand yang kuat juga tidak akan terpengaruh oleh banyaknya pesaing yang muncul. Hal ini karena brand tersebut sudah mengena di hati konsumen. Lalu apa sebenarnya branding itu dan manfaat branding untuk usaha. Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Brand tidak hanya nama merek produk saja tetapi juga merupakan bagian dari image perusahaan tersebut di mata konsumen. 

Pengertian Branding

Branding merupakan sebuah istilah, nama, simbol atau rancangan yang menggambarkan suatu jasa atau barang dan juga tempat usaha tersebut. Branding juga merupakan pembeda antara tempat usaha satu dengan yang lainnya. Saat ini pengertian branding semakin berkembang dan kini juga memiliki pengertian sebagai suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan suatu tempat usaha sebagai cara untuk mengembangkan brand tersebut. Untuk sebuah tempat usaha yang bergerak di bidang branding, brand tidak hanya nama merek produk saja tetapi juga merupakan bagian dari image perusahaan tersebut di mata konsumen. 

Unsur-Unsur Di Dalam Branding

Branding tidak dibuat dengan sembarangan. Ada beberapa unsur yang diperlukan untuk membuat citra merek yang kuat dan bisa dikenal serta diingat oleh konsumen. Berikut unsur-unsur di dalam proses pembuatan branding :

Nama Merek

Unsur pertama dalam pembentukan branding adalah nama mereknya. Akan lebih baik membuat nama merek, nama produk ataupun nama usaha yang simpel tapi memiliki filosofi yang kuat. Nama merek yang simpel akan lebih mudah dikenal dan juga diingat oleh konsumen. Selain itu nama merek yang simpel dan juga memiliki filosofi yang kuat juga akan menarik perhatian konsumen. 

Logo 

Untuk membuat sebuah logo harus memperhatikan desainnya dengan baik. Desain logo sebaiknya juga dibuat dengan desain yang simpel tapi menarik. Desain logo yang terlalu rumit dan berlebihan tentunya akan sulit diingat oleh konsumen. Selain itu desain yang simpel tapi menarik mampu menampilkan kesan elegan dari tempat usaha Anda. Desain logo harus diperhatikan dengan baik karena logo merupakan sebuah identitas dari suatu produk atau tempat usaha.

Visual Produk

Visual dari produk yang akan di-branding tentunya harus menarik. Beberapa hal harus diperhatikan dalam visual produk. Hal-hal tersebut seperti desain dari produk tersebut, desain dari kemasan produk, dan yang lainnya. Produk harus memiliki visual yang menjual. Produk yang tidak memiliki visual biasa tentunya tidak akan menarik konsumen.

Maskot 

Saat ini banyak produk yang menggunakan maskot sebagai identitas dari tempat usaha. Anda juga bisa menggunakan trik ini. Anda bisa membuat maskot khusus sebagai trik bagi tempat usaha Anda. Maskot-maskot yang bisa anda gunakan seperti maskot hewan atau bisa juga menggunakan diri anda sendiri sebagai maskot. 

Tagline

Tagline juga dibutuhkan di dalam branding. Dengan adanya tagline, branding yang Anda buat akan semakin mudah dikenali oleh konsumen Anda. Selain itu tagline juga bisa menjadi identitas dari produk yang Anda branding

Jenis-jenis Branding

Dalam praktik dan perkembangannya, brand memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki definisi berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut jenis-jenis branding yang perlu Anda ketahui.

  • Branding Produk: Branding ini merupakan yang paling sering ditemui. 
  • Personal Branding: Biasanya dipakai oleh publik figur untuk membangun imagenya. 
  • Branding Perusahaan:  Biasa dilakukan oleh perusahaan untuk membangun reputasi yang baik di mata masyarakat.
  • Geografi Branding: Berkaitan dengan nama kota atau daerah yang memiliki suatu tempat wisata yang terkenal
  • Branding Budaya: Bertujuan untuk membangun reputasi mengenai suatu wilayah tertentu, 

Tujuan dan Fungsi Branding

Branding memiliki fungsi utama sebagai pembeda antara brand tempat usaha yang lainnya. Selain itu juga berfungsi untuk membangun sebuah citra dari produk atau tempat usaha tersebut. Sedangkan tujuannya adalah membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk atau perusahaan yang sedang Anda jalankan.

Manfaat Branding

Branding memiliki berbagai manfaat seperti mampu menarik perhatian konsumen. Selain itu branding juga bisa menjadi pembeda di antara produk atau tempat usaha yang lainnya. Dengan begitu brand Anda bisa berkembang dan dikenal oleh masyarakat. Untuk bisa mengembangkan produk Anda tentunya membutuhkan brand yang cukup kuat. Dengan membuat brand yang kuat untuk produk Anda, Anda tidak perlu khawatir dengan persaingan yang ada. Hal ini disebabkan karena brand Anda sudah memiliki reputasi yang baik di mata konsumen.

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] J: Jangan Transfer Uang ke Siapa pun

Pastinya Mitra Usaha Gojek sudah pernah dengar tentang J.A.G.A, bukan? J.A.G.A selengkapnya

8 Tips Jualan Online yang Bisa Dicoba untuk Pemula

Di zaman yang serba modern ini, hampir seluruh barang kebutuhan bisa dibeli secara selengkapnya