GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tertarik Franchise Kopi Kenangan? Temukan Informasinya di Sini!

Tertarik buka franchise Kopi Kenangan? Sekarang ini, Kopi Kenangan adalah salah satu brand “kopi kekinian” yang paling sukses di Indonesia. Bagaimana tidak, cabangnya tersebar di mana-mana! Per Mei 2022, jumlah outlet-nya sudah mencapai 672 dan tersebar di 45 kota di Indonesia. Belum lagi, Kopi Kenangan berhasil menjadi unicorn pertama Indonesia yang bergerak di bidang F&B. 

Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, apakah ada franchise Kopi Kenangan, mengingat jumlah outlet-nya sudah ratusan? Untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai franchise Kopi Kenangan, mari simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut!


Sebelum Ketahui Franchise Kopi Kenangan, Kenalan Dulu dengan Brand-nya. 

Franchise kopi kenangan
Sumber foto: kopikenangan.com

Kopi Kenangan sendiri berdiri pada 2017 dengan sebuah kedai yang berlokasi di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan. Kala itu, brand buatan Edward Tirtanata dan James Pranoto tersebut menjadi pelopor bisnis kopi grab and go yang sesuai dengan gaya hidup praktis. Tanpa disangka-sangka, bisnis tersebut mampu balik modal hanya dalam waktu tiga bulan.

Nama “Kopi Kenangan” sendiri mereka pilih agar bisa lebih relate dengan masyarakat. Pemilihan kata yang sederhana ternyata mudah publik ingat. Mereka pun lebih mudah membayangkan cita rasa dan kualitas produk, “Oh kopi yang namanya kenangan itu, rasanya enak dan harganya murah.”

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis dari Kesuksesan Pemilik Kopi Kenangan


Franchise Kopi Kenangan, Apakah Bisa? Apakah Kopi Kenangan Membuka Franchise?

Sekarang, mari membahas pertanyaan utamanya: apakah Kopi Kenangan menawarkan franchise? Sebenarnya, Kopi Kenangan tidak membuka franchise. Sang owner, Edward Tirtanata, menuturkan bahwa franchise sama dengan mendirikan bisnis baru. Sebab, yang memiliki dan mengelola cabang baru adalah orang lain. Dengan begitu, masing-masing cabang franchise bisa saja punya tujuan yang berbeda-beda.

Meski tidak menawarkan franchise, Kopi Kenangan tetap membuka peluang agar Anda bisa bergabung. Sebab, Kopi Kenangan menawarkan kemitraan non-franchise. Seperti apa?


Bagaimana Cara Bergabung dengan Kopi Kenangan?

Kemitraan non-franchise Kopi Kenangan hadir dalam bentuk pembagian saham. Anda bisa menjadi “pemilik” Kopi Kenangan dengan membeli sejumlah kepemilikan saham. Hanya saja, untuk saat ini, saham Kopi Kenangan belum terbuka untuk publik. Jika memang berniat, Anda harus menghubungi langsung manajemen Kopi Kenangan dan mengajukan permohonan untuk menjadi pemodal.

Bicara soal modal, pendanaan Kopi Kenangan sendiri terbilang fantastis. Pada akhir tahun 2021 lalu, brand kopi kekinian tersebut berhasil meraih pendanaan Seri C Tahap pertama senilai US$96 juta atau kurang lebih Rp1,3 triliun. Pendanaan inilah yang kemudian mengantarkan Kopi Kenangan menjadi unicorn F&B pertama Indonesia.

Baca Juga: 15 Tips Memilih Rekan Usaha untuk Menjalin Kemitraan


Inovasi Kopi Kenangan

Franchise kopi kenangan
Sumber foto: kopikenangan.com

Kesuksesan Kopi Kenangan yang begitu luar biasa bukannya tanpa sebab. Salah satu alasan mengapa brand kopi ini begitu sukses adalah karena berbagai inovasi yang mereka lakukan. Berikut adalah beberapa gebrakan yang Kopi Kenangan hadirkan:

1. Peluncuran aplikasi

Salah satu inovasi unggulan Kopi Kenangan adalah peluncuran aplikasi berbasis smartphone. Aplikasi ini diluncurkan pada 2019 lalu. Lewat aplikasi Kopi Kenangan, pelanggan bisa memesan produk yang diinginkan, kemudian mengambilnya di outlet terdekat. Beberapa outlet juga menyediakan layanan pesan-antar. Jadi, pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk membeli produk.

Lewat aplikasi tersebut, Kopi Kenangan juga menawarkan sejumlah promo menarik. Mereka juga memberikan “misi” yang bisa dituntaskan dengan memesan produk. Setelah menyelesaikan misi, pelanggan akan mendapatkan reward.

2. Cloud kitchen

Inovasi lain yang ditawarkan oleh Kopi Kenangan adalah cloud kitchen. Lewat cloud kitchen ini, Kopi Kenangan menggandeng brand F&B lain untuk berbisnis bersama. Namun, pembelian hanya dilakukan secara online melalui delivery order seperti GoFood.

Dalam inovasi cloud kitchen ini tidak ada fasilitas dine-in atau makan di tempat karena Kopi Kenangan hanya menyediakan kitchen atau dapur besar untuk menghasilkan produk. Nah, dalam dapur besar tersebut, ada beberapa brand lain, bukan Kopi Kenangan saja.

Baca Juga: Yuk, Simak Cara Daftar GoFood Berikut, Gampang Banget!


Meski tidak menyediakan franchise Kopi Kenangan, brand kopi kekinian tersebut tetap bisa menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Caranya adalah dengan menawarkan kemitraan non-franchise seperti menjadi pemodal atau bergabung melalui cloud kitchen Kopi Kenangan. Bagaimana, tertarik untuk menjadi bagian dari Kopi Kenangan atau Anda justru tertarik untuk menciptakan bisnis yang serupa? Mulai kesuksesan bisnis makanan dan minuman Anda dengan daftar di GoFood. Klik link ini untuk daftar GoFood.

aplikasi gofood

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan Makanan & Minuman

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan selengkapnya

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dari Utang

Piutang usaha adalah uang yang harus pelangkan bayarkan kepada perusahaan atas barang selengkapnya