Diskon bisa jadi salah satu cara ampuh mempengaruhi psikologis pelanggan untuk melakukan pesanan dalam jumlah tertentu. Bahkan banyak pelanggan yang awalnya tidak ingin pesan item tersebut malah berakhir memesan karena ada label diskon yang membuatnya jadi lupa diri.
Apalagi, jika diskon tersebut dalam bentuk persen. Semakin besar persentase diskon yang diberikan, maka semakin besar minat orang untuk membelinya. Hal ini lah yang membuat GoFood kini memberikan kebebasan pada seluruh Mitra Usaha yang ingin mengoptimalkan promosinya dengan Promo Mandiri – Diskon Total Belanja dalam bentuk persen.
Melalui GoBiz 3.36, sekarang Anda sudah bisa menawarkan Diskon Total Belanja dalam bentuk persen yang tentunya bisa lebih menggaet pelanggan. Selain itu, Mitra Usaha juga berkesempatan untuk menentukan besaran diskon yang diberikan berdasarkan segmentasi target pelanggan, lho.
Lantas, apa itu Diskon Total Belanja dalam bentuk persen? Bagaimanakah mengatur segmentasi target pelanggan? Dan bagaimana langkah-langkah membuat Promo Mandiri – Diskon Total Belanja dalam bentuk persen di aplikasi GoBiz? Yuk, simak jawabannya sekarang.
Apa itu Promo Mandiri – Diskon Total Belanja dalam Bentuk Persen?
Awalnya, Diskon Total Belanja hanya diberikan dalam bentuk nominal. Namun, banyak Mitra Usaha yang masih merasa bingung saat ingin memaksimalkan nilai rata-rata pesanan pada pelanggan.
Bahkan, tidak sedikit Mitra Usaha yang harus meningkatkan nilai minimum pesanan untuk mengurangi biaya pengeluaran diskon. Dampaknya, diskon yang dibuat menjadi kurang efektif dan menarik bagi pelanggan.
Untuk mengatasi hal ini, kini GoFood menyediakan sebuah tambahan Diskon Total Belanja dalam bentuk persen melalui fitur terbaru di aplikasi GoBiz versi 3.36. Diskon dalam bentuk persen ini tentunya bisa memberikan Anda kebebasan dalam memberikan potongan harga yang lebih besar, adil, dan tentunya efektif.
Dengan promo bentuk baru ini, Mitra Usaha bahkan lebih mudah mengatur maksimal besaran diskon dan persentase tinggi tanpa harus khawatir rugi. Mitra Usaha yang berpartisipasi dalam Promo Mandiri ini pun bisa tetap aman budget meski sudah memasang banyak promo, karena pelanggan tidak bisa menggabungkan promo resto dalam 1 kali pesanan, kecuali promo yang mendapat subsidi 100%.
Skema Diskon Total Belanja dalam Bentuk Persen
Dengan diskon dalam bentuk persentase, Mitra Usaha dapat memberikan potongan harga yang lebih besar tergantung dengan jumlah total pembelian.
Contoh Penerapan:
Toko Roti Pagi-Sore memasang jumlah diskon sebesar 35% dengan ketentuan min. pembelian Rp30.000 dan maks. diskon sebesar Rp14.000
Pada hari itu, terdapat 4 pelanggan yang memesan roti di toko tersebut, yakni pelanggan A dengan total pembelian Rp20.000, pelanggan B dengan total pembelian Rp32.000, pelanggan C dengan total pembelian Rp37.000, dan pelanggan D dengan total pembelian Rp50.000. Dengan demikian, pelanggan yang mendapat diskon Toko Roti Pagi-Sore adalah:
1. Pelanggan A
Dengan total pembelian Rp20.000, pelanggan A tidak mendapat Diskon Total Belanja karena tidak memenuhi minimum pembelian yang ditetapkan. Dengan demikian, pelanggan A tetap membayar sebesar Rp20.000.
2. Pelanggan B
Dengan total pembelian Rp32.000, pelanggan B berhak mendapat diskon 35% sehingga pesanan tersebut mendapat potongan harga sebesar Rp11.200. Sebagai informasi, untuk perhitungan diskon total belanja dalam bentuk persentase, nominal diskon akan dibulatkan ribuan ke atas.
Dalam hal transaksi pembelian ini pelanggan B akan mendapatkan diskon sebesar Rp12.000. Dengan demikian, pelanggan B harus membayar sebesar Rp20.000.
3. Pelanggan C
Dengan total pembelian Rp37.000, pelanggan C berhak mendapat diskon 35% sehingga pesanan tersebut mendapat potongan harga sebesar Rp12.950. Sebagai informasi, untuk perhitungan diskon total belanja dalam bentuk persentase, nominal diskon akan dibulatkan ribuan ke atas.
Dalam hal transaksi pembelian ini pelanggan C akan mendapatkan diskon sebesar Rp13.000. Dengan demikian, pelanggan B harus membayar sebesar Rp24.000.
4. Pelanggan D
Dengan total pembelian Rp50.000, pelanggan D berhak mendapat diskon 35%. Meskipun jika dihitung pelanggan D seharusnya mendapatkan diskon sebesar Rp. 17.500, namun karena maksimal diskon hanya sebesar Rp14.000 dengan demikian, pelanggan D akan mendapat diskon sebesar Rp. 14.000 dan harus membayar sebesar Rp36.000.
Ketentuan Diskon Berdasarkan Segmentasi Pelanggan
Fitur baru ini membuat Anda berkesempatan untuk bebas menentukan besaran diskon berdasarkan segmentasi waktu terakhir pemesanan. Penerapan segmentasi pelanggan ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya memberi daya tarik konsumen baru untuk menjadi berlangganan, meningkatkan loyalitas pelanggan lama untuk terus memesan di resto yang sama, dan dapat memberikan potongan harga yang tepat pada pelanggan pilihan.
Ada 4 pilihan segmentasi pelanggan yang bisa Anda pilih untuk diberikan diskon:
1. Semua Pengguna Gojek
Pelanggan yang masuk dalam segmentasi ini merupakan semua pelanggan GoFood yang sudah pernah melakukan pesanan tanpa terbatas waktu dan jumlah pemesanan.
2. Pelanggan Baru
Segmentasi pelanggan baru adalah kelompok pelanggan yang tidak pernah melakukan pesanan di resto Anda selama 1 tahun kebelakang.
3. Pelanggan Aktif
Pelanggan aktif adalah pelanggan yang sudah pernah melakukan pesanan di resto Anda selama 90 hari kebelakang.
4. Pelanggan Tidak Aktif
Pilihan segmentasi pelanggan tidak aktif adalah pelanggan yang belum pernah melakukan pesanan di resto Anda selama 90 hari kebelakang, namun sudah pernah melakukan pesanan selama 1 tahun terakhir.
Cara Membuat Promo Mandiri – Diskon Total Belanja
Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk membuat Promo Mandiri – Diskon Total Belanja:
1. Untuk Mitra Usaha yang sudah memiliki akses untuk membuat iklan Partner Jempolan, maka perlu klik halaman Promo, lalu klik Buat Diskon untuk Promosi. Setelah itu, klik Diskon Persentase (%), sedangkan untuk Mitra Usaha yang belum memiliki akses, hanya perlu klik halaman Promo, lalu klik Diskon Persentase (%).
Sudah memiliki akses Belum memiliki akses
2. Saat pertama kali membuka Diskon Persentase (%), Mitra Usaha akan mendapatkan 4 halaman edukasi mengenai promo beserta informasi mengenai promo Diskon Total Belanja dalam bentuk persen.
3. Tekan tombol panah pada bagian Target pelanggan untuk memilih segmen target yang tepat untuk promo Anda.
4. Lengkapi seluruh ketentuan diskon seperti min. pembelian, Persentase Diskon (%), dan maks. diskon. Lalu klik Lanjut.
5. Tentukan Durasi promo dengan mengisi tanggal pada kolom Dari dan Hingga. Anda juga bisa membatasi jumlah kuantitas promo yang ingin diberikan, maka slide toggle Kuota promo menjadi ungu, lalu ketik jumlah kuota yang diinginkan. Lalu, klik Lanjut.
6. Pada halaman Konfirmasi, cek kembali semua rincian promo yang telah Anda buat. Lalu, klik Konfirmasi & buat. Selamat! Promo Anda berhasil dibuat.
Tunggu apa lagi? Yuk, langsung daftarkan Diskon Total Belanja di resto Anda melalui aplikasi GoBiz versi 3.36 sekarang!