GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cerita CUAN: Di Bawah Pohon Barber & Shop, Layanan Berkelas, Pelanggan Puas

Bisnis barbershop kian ramai pemainnya akhir-akhir ini. Di mata konsumen, hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri karena mereka bisa punya banyak pilihan. Namun, bagi pelaku bisnisnya, hal tersebut justru menjadi sebuah tantangan karena makin banyak pesaing yang muncul. Menjadi menonjol di tengah persaingan bisnis yang ketat tentu bukan hal yang mudah. Namun, Di Bawah Pohon Barber & Shop punya strateginya sendiri. 


Hadirkan Barbershop dengan Konsep Modern Kontemporer

Di Bawah Pohon Barber & Shop didirikan oleh dua sahabat, Anthoni Martun dan Musthofa Walker pada tahun 2015. Kala itu, keduanya adalah karyawan yang bekerja di bidang kreatif. Mengapa memilih bisnis barbershop?

Pada tahun 2015, bisnis barbershop mulai banyak bermunculan di Indonesia. Namun, kebanyakan masih berkiblat pada American style. Anthoni dan Musthofa pun melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang bisnis. Untuk menghadirkan sesuatu yang baru, keduanya memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis barbershop dengan konsep modern kontemporer.

Baca juga: 6 Tips Memulai Usaha Barbershop & Rincian Modalnya


Terjun Langsung Layani Pelanggan

Strategi bisnis yang dijalankan Anthoni dan Musthofa dalam mengelola Di Bawah Pohon Barber & Shop mungkin masih jarang diterapkan oleh pelaku bisnis lainnya di mana keduanya terus berusaha untuk terjun langsung dalam memberikan layanan bagi para pelanggan.

Pada awal kemunculan Di Bawah Pohon Barber & Shop, Anthoni dan Musthofa selalu berusaha untuk hadir tiap hari di tengah-tengah pelanggan.

“Karena kita memang mengamini bahwa suatu bisnis, apalagi bisnis service, itu memang harus benar-benar dipandu dulu. Jadi, kita benar-benar hands on buat operasional, dari segi marketing, dari segi hubungan dengan customer. Sekarang pun itu nilai yang tetap sangat kita jaga,” ujar Anthoni.


Kembangkan Skill untuk Penuhi Ekspektasi Konsumen

Dalam menjalankan suatu bisnis yang tingkat persaingannya ketat, ekspektasi konsumen cenderung tinggi. Sebab, mereka bisa melihat penawaran apa saja yang dihadirkan tiap bisnis. Hal ini pun ternyata terjadi dalam bisnis barbershop. Lantas, bagaimana kiat Di Bawah Pohon Barber & Shop dalam menghadapi tantangan tersebut?

Sebagai solusi, Anthoni dan Musthofa pun terus mendorong para barber untuk meningkatkan skill mereka. Bahkan keduanya berperan langsung dengan mengambil sertifikasi untuk barbering dan men’s hairdressing dari London dengan harapan barber bisa belajar bahwa memenuhi ekspektasi pelanggan harus dilakukan secara all out. Sebisa mungkin, persiapan harus lengkap dan mumpuni.

Dengan begitu, konsumen pun tetap puas. Saat konsumen puas, mereka tentu tidak ragu untuk merekomendasikan layanan barber kepada orang-orang terdekat mereka. Kalau disimpulkan, memenuhi ekspektasi konsumen pun bisa mendukung strategi marketing bisnis karena nantinya akan menghasilkan calon pelanggan baru.

Baca juga: 30 Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula yang Mudah Dicoba


Tingkatkan Customer Experience dengan Pembayaran Cashless

Bagi Di Bawah Pohon Barber & Shop, customer experience adalah segalanya. Bahkan bisa dibilang bahwa salah satu unique selling points (USP) mereka adalah pengalaman pelanggan yang tak akan bisa ditemukan di barbershop lain.

Selain dengan meningkatkan skill para barber, Di Bawah Pohon Barber & Shop juga menghadirkan pembayaran cashless. Pasalnya, kini pembayaran cashless sudah makin meluas dan sangat umum digunakan oleh target market mereka.

Untuk memfasilitasi pembayaran cashless, Di Bawah Pohon Barber & Shop memanfaatkan layanan GoPay. Menurut Anthoni dan Musthofa, transaksi cashless dengan GoPay tidak hanya praktis bagi pelanggan, tapi juga aman bagi pemilik bisnis.


Cashless: Nyaman di Pelanggan, Aman buat Bisnis 

Setelah menerapkan transaksi cashless dengan GoPay, Anthoni dan Musthofa menilai bahwa transaksi dengan pelanggan jadi lebih smooth. Tak perlu bingung lagi mencari kembalian, memberikan promosi seperti cashback juga jadi lebih mudah.

Untuk manajemen keuangan, sistem cashless GoPay pun terbukti membantu. Tiap transaksi akan terekam secara otomatis, sehingga membuat laporan keuangan jadi lebih mudah. Sistem cashless juga jauh lebih aman karena bisa meminimalkan risiko uang dibawa pergi atau human error, seperti salah hitung yang berpotensi membuat rugi di kemudian hari.

Baca juga: Cara Daftar Menjadi Merchant GoPay Melalui GoBiz


Bagi Di Bawah Pohon Barber & Shop, pengalaman pelanggan adalah segalanya. Pengalaman dari tahun 2015 telah membuktikan bahwa pendekatan tersebut tidak hanya mendatangkan konsumen baru, tapi juga mempertahankan pelanggan lama. Ingin bisnis service Anda sukses seperti Di Bawah Pohon Barber & Shop? Yuk, tingkatkan pengalaman pelanggan saat bertransaksi dengan GoPay! Daftar sekarang melalui GoBiz di sini!

daftar qris gopay

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cerita CUAN: The Self Studios, Laris Karena Customer Lebih Bebas Berfoto

Bisnis tidak akan berkembang tanpa pelanggan. Bagi bisnis yang baru dirintis, mendapatkan selengkapnya

Cobain Fitur Terbaru GoKasir, Hitung Komisi Pesanan Online Jadi Praktis!

Anda sering mengalami kesulitan untuk mengetahui keuntungan bersih dari hasil penjualan selengkapnya