GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Competitive Advantage adalah Hal Penting dalam Bisnis, Bagaimana Penerapannya?

Competitive Advantage adalah Hal Penting dalam Bisnis, Bagaimana Penerapannya?Competitive advantage adalah modal usaha yang bukan berupa uang. Jangan salah sangka, modal tanpa wujud ini sangat penting untuk memajukan usaha. Apalagi dalam meningkatkan penjualan produk yang Anda jual.

Bukan istilah yang umum memang, Anda mungkin juga belum pernah mendengar mengenai competitive advantage sama sekali. Karena itu, penjelasan competitive advantage adalah hal yang Anda butuhkan sekarang supaya usaha Anda bisa naik level!

Competitive Advantage adalah …

pemilik usaha kedai kopi - cara daftar iumk online

Secara harfiah, competitive advantage adalah manfaat kompetitif yang dapat memberi keunggulan bagi usaha Anda di tengah persaingan pasar. Terlebih jika usaha yang Anda kerjakan adalah jenis usaha yang sudah banyak pendahulunya. Persaingan jelas akan jauh lebih ketat pada pasar yang “ramai” ini.

Namun, dengan mengetahui competitive advantage usaha Anda dan penerapan strategi yang baik, Anda bisa perlahan mengatasi persaingan usaha.

Usaha serta produk Anda bisa jadi lebih menonjol dan menarik perhatian konsumen kemudian. Jadi, bisa dibilang competitive advantage adalah kelebihan dan keunikan usaha Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing. 


3 Hal Terkait Competitive Advantage yang Harus Diperhatikan

usaha kuliner di pinggir jalan
Sumber: Misbahul Aulia -Unsplash.com

Sebelum menerapkannya, Anda harus tahu kalau competitive advantage adalah modal yang punya unsur-unsur yang harus diperhatikan. Ada tiga hal yang dapat memberi usaha dan produk Anda keunggulan tersebut.

1. Kemampuan usaha

Maksud dari kemampuan usaha di sini adalah kemampuan untuk melihat peluang, menemukan permasalahan serta solusinya, dan mampu menyerap banyak wawasan tentang pasar. Kemampuan ini sebaiknya tidak hanya dimiliki oleh Anda sebagai pemilik saja. Ada baiknya kemampuan ini juga dikembangkan bagi karyawan-karyawan Anda.

Dengan adanya kemampuan usaha yang dapat bergerak secara kelompok, usaha Anda tentu akan sangat diuntungkan. Namun, perlu diingat juga, karena kondisi pasar yang selalu berubah, Anda juga harus lebih peka.

Terus asah dan kembangkan kemampuan usaha. Berinovasi juga bisa Anda lakukan selama dapat mendatangkan hasil positif bagi usaha.

2. Target pasar

Mengenali target pasar Anda dengan baik akan memberikan Anda keunggulan di atas para pesaing Anda. Tidak hanya mengenali target pasar secara demografis (usia, pekerjaan, atau jenis kelamin), Anda juga harus mengetahui cara berpikir konsumen, perilakunya saat melihat produk baru, serta kebutuhan mereka ke depannya.

Dengan begini, Anda bisa membangun target pasar yang akurat. Strategi penjualan, pemasaran, hingga proses produksi pun jadi lebih terarah. Anda sudah tahu “kepada siapa” produk tersebut dibuat. Cara Anda berkomunikasi dan melakukan pelayanan juga jadi lebih pas.

3. Budaya internal

Nah, hal yang terakhir ini juga tidak kalah penting. Mengingat Anda merintis usaha dengan sesama manusia, Anda juga bertanggung jawab untuk membangun suasana kerja yang kondusif. Kondusif di sini maksudnya adalah jadwal kerja yang sehat dan profesional, ya.

Memiliki budaya kerja yang sehat ini membawa banyak manfaat. Komunikasi antara Anda dan para karyawan jadi lebih lancar, lebih mudah juga untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang dihadapi usaha Anda. Selain itu, relasi kerja juga tetap terjaga profesionalitasnya. Ini akan berimbas baik pada produk dan citra usaha Anda di mata konsumen.


3 Contoh Penerapan Competitive Advantage

pembukuan adalah - competitive advantage adalah

Sekarang, supaya semakin jelas, mari periksa satu-satu beberapa contoh untuk menerapkan competitive advantage yang sudah sedari tadi dibahas. 

1. Berhubungan baik dengan mitra usaha

Competitive advantage adalah cara untuk menghubungkan produk dengan konsumen menggunakan nilai-nilai di luar keunggulan produk itu sendiri. Salah satunya adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan mitra usaha.

Hubungan baik berarti menjaga komunikasi dua arah yang transparan. Relasi saling menghormati ini akan dapat memperkuat usaha Anda ke depannya.

2. Lakukan riset pasar secara rutin

Ingat elemen penting di atas soal mengetahui target pasar? Nah, hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset pasar secara rutin. Pantau laporan penjualan, lalu periksa produk apa saja yang angka penjualannya tinggi. Apakah ada musim atau waktu-waktu tertentu di mana angka penjualan meningkat? Kenali pola perilaku konsumen yang berinteraksi dengan produk Anda.

3. Ayo digitalisasi sekarang

Cara lainnya yang tidak kalah efektif adalah dengan melakukan digitalisasi usaha. Ya, sudah saatnya menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi. Alasannya tentu karena lebih efisien, hemat waktu, tenaga, bahkan biaya.

Anda pun bisa melakukan berjualan secara online, membuat promosi, hingga menjangkau sebanyak mungkin pelanggan dengan GoFood! Itu artinya, GoFood juga dapat mempertemukan Anda dengan target pasar yang tepat!

Kabar baiknya, cara daftar GoFood sangat mudah dan cepat. Pemilik usaha bisa install aplikasi GoBiz terlebih dahulu, daftar layanan yang ingin digunakan, dan penuhi semua persyaratannya, ya!

Tunggu apa lagi? Yuk, tingkatkan competitive advantage dengan optimal bersama dengan GoFood!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya