GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tips dan Cara Membuat Pisang Crispy untuk Dijual Online

Pisang goreng yang gurih dan kriuk saat digigit adalah jajanan yang enak disantap kapan saja dan di mana saja. Itu sebabnya kenapa cara membuat pisang crispy untuk dijual online selalu dicari orang-orang yang ingin meraup keuntungan.

Caranya mudah dan sudah pasti tidak akan sepi pembeli. Baik yang tua maupun muda, yang lagi kerja dari rumah atau yang masih ngantor, pisang crispy jadi juara di hati. Yuk, intip tips dan cara membuat pisang crispy untuk dijual supaya lebih memikat. 

Peluang Usaha Pisang Crispy

Penganan berbahan dasar pisang ada banyak pilihannya. Sekarang, ada pisang goreng crispy alias pisang goreng dengan ciri khas baru. Pisang crispy lebih renyah karena ada bunyi khas kriuk di setiap gigitan.

Usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Supaya lebih jelas, Anda bisa melihat uraian perhitungan modal di bawah ini.

Biaya peralatanJumlahHarga Total
Kompor gas1Rp400.000
Wajan goreng2Rp150.000
Alat jepit2Rp50.000
Alat tiris2Rp50.000
Papan iris1Rp30.000
Loyang3Rp45.000
Pisau2Rp40.000
Sendok besar2Rp40.000
Wadah penyimpanan4Rp80.000
Alat saring2Rp30.000
TotalRp915.000

Biaya operasional (bahan)JumlahHarga Total
Pisang ambon5 kgRp100.000
Tepung terigu7 kgRp80.000
Tepung roti8 kgRp120.000
Gula pasir2 kgRp25.000
Bubuk vanili1 kgRp25.000
Bubuk kayu manis1 kgRp20.000
Air3 galonRp60.000
Topping rasa cokelat2 bksRp50.000
Topping rasa keju2 bksRp70.000
Topping rasa strawberry2 bksRp60.000
Topping rasa susu2 bksRp50.000
Gas 3kg3Rp120.000
Wadah kemasan100Rp100.000
TotalRp880.000

Jika dalam sebulan 100 porsi pisang crispy terjual dengan harga Rp15.000/porsi, pendapatan sebulan dari usaha ini mencapai Rp1.500.000.

Berarti, laba bersih yang bisa Anda dapatkan adalah sebesar Rp620.000 setelah pemasukan dikurangi modal operasional per bulan. Dalam dua bulan, Anda sudah bisa balik modal!

Baca juga: 8 Contoh UKM di Desa Bermodal Kecil dan Menguntungkan


Kelebihan dan Tantangan Jualan Pisang Crispy

Sebelum membahas cara membuat pisang crispy untuk dijual, mari periksa beberapa kelebihan dan tantangan dari usaha ini. Kelebihannya yang paling menonjol adalah siapapun dapat mencoba dan memulai bisnis ini. Cara masak pisang crispy tidak sulit, selama Anda mau belajar.

Kelebihan lainnya adalah bahan-bahan utama untuk membuat pisang crispy sangat mudah untuk didapatkan. Tidak hanya mudah, harganya juga sangat terjangkau.

Untuk harga bahan utama sendiri, yakni pisangnya, hampir tidak pernah mengalami naik-turun harga. Harga cenderung stabil dan aman untuk usaha.

Baca juga: 8 Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Tambahan lagi, pisang crispy menjadi jenis jajanan yang bisa disajikan dengan cepat. Tidak butuh waktu lama untuk memasak camilan yang satu ini.

Selama bahan-bahannya sudah dipotong dan dibuat terlebih dahulu, pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk segera bisa menyantap pisang crispy selagi hangat. Pisang crispy juga bisa Anda modifikasi dengan berbagai topping rasa seperti meses coklat, selai, sirup, parutan keju, bahkan sambal roa.

Namun, karena usaha yang satu ini sangat mudah dilakukan, maka tidak heran kalau Anda harus siap menghadapi banyak kompetitor, mulai dari usaha kecil sampai brand besar.

Di sini, tinggal bagaimana Anda memberikan nilai tambah pada produk pisang crispy Anda. Beberapa tipsnya akan dibahas selanjutnya.


Cara Membuat Pisang Crispy untuk Dijual

Cara Membuat Pisang Crispy untuk Dijual Online

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas soal cara membuat pisang crispy untuk dijual, memang sangat mudah. Bahkan, Anda yang tidak ada pengalaman sebelumnya pun bisa mencoba. Begini caranya.

Bahan-bahan:

  • Pisang ambon 1 sisir
  • Tepung terigu 300 gram
  • Bubuk vanili 1 sdt
  • Bubuk kayu manis 1 sdt
  • Gula pasir secukupnya
  • Tepung roti 500 gram
  • Topping rasa (sesuai selera)
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  • Kupas pisang yang cukup matang, bagi dua memanjang.
  • Campurkan tepung terigu, bubuk vanili, bubuk kayu manis, gula pasir, dan air secukupnya. Atur sampai kekentalannya dirasa cukup.
  • Celupkan pisang tadi ke campuran adonan kental, lalu lumuri dengan tepung roti seluruh bagiannya.
  • Goreng pisang di minyak panas dengan api kecil. Tunggu hingga kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
  • Berikan topping tambahan sesuai selera.

Strategi Jualan Pisang Crispy

Pastikan Anda mencoba sendiri cara membuat pisang crispy untuk dijual tadi. Cicipi rasanya dan sesuaikan takaran bahan jika perlu. Ini jadi strategi pertama yang harus dilakukan, yakni menjamin pisang crispy buatan Anda memang enak. Jangan takut juga untuk bereksperimen dengan topping rasanya.

Berikutnya, pikirkan juga kemasan pisang crispy yang akan dijual online. Tidak ada salahnya menawarkan ke calon pembeli untuk memesan dalam beberapa pilihan porsi. Termasuk menyesuaikan pilihan topping rasa yang ingin mereka coba.

Sediakan juga beberapa pilihan paket hemat untuk pembeli. Ini bisa jadi strategi membuat jualan Anda semakin laris.

Terakhir, pastikan pisang crispy ini bisa dipesan dengan mudah secara online diantarkan ke rumah pembeli selagi hangat. Daftar GoFood segera untuk menikmati layanan ini, yuk!

Dengan GoFood, Anda bisa menerima pesanan dengan mudah, membuat variasi menu, membuat promo pembelian, mencatat laporan penjualan secara otomatis, juga mengantarkan pisang crispy ini ke tempat pelanggan dalam beberapa kali klik saja. Yuk, daftar GoFood sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya