GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

8 Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Ada sejumlah usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, Anda hanya perlu jeli dalam melihat peluang.

Mendirikan usaha atau jasa yang dibutuhkan akan memberikan Anda potensi keuntungan yang besar. Hal terpenting adalah Anda tahu jenis usaha seperti apa yang ingin dijalankan.

Walau tempatnya di desa, potensi keuntungannya tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Mari simak 8 ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan berikut!

8 Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

1. Pangkas rambut

Pangkas rambut termasuk usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan karena tidak semua orang punya keahlian memotong rambut. Sebelum memulai, coba lakukan survei kecil-kecilan tentang seberapa banyak usaha pangkas rambut yang sudah ada di desa Anda.

Jika peluangnya besar dan saingan belum terlalu banyak, Anda bisa membuka usaha pangkas rambut di lokasi yang strategis dan menargetkan semua kalangan jika Anda punya keahliannya.

2. Warung

Menjalankan usaha rumahan seperti warung merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Selama Anda fokus pada keseimbangan antara harga dan kualitas, Anda dapat menjaga konsumen untuk kembali berbelanja di warung Anda.

Anda dapat meraup keuntungan besar dari membuka usaha warung dengan berbagai cara, mulai dari mengetahui kebutuhan konsumen, memberikan pelayanan terbaik, dan memberikan harga kompetitif.

Misalnya, Anda bisa menyediakan sayur-mayur atau sembako yang belum ada di warung lain. Usahakan juga untuk mencari rekan distributor produk yang berani menawarkan harga termurah di pasaran, tetap dengan kualitas produk yang baik. 

3. Servis peralatan elektronik

Membuka servis peralatan elektronik juga menjadi usaha yang cocok untuk untuk Anda buka di pedesaan. Setiap rumah di pedesaan minimal sudah mempunyai TV, kulkas, dan rice cooker.

Hanya saja, sebagian besar masyarakat desa belum begitu mahir dalam memperbaiki barang elektronik tanpa bantuan ahli. Produk-produk elektronik ini juga suatu waktu mungkin butuh diperbaiki, sehingga usaha rumahan ini mempunyai potensi keuntungan yang cukup menjanjikan. 

4. Warteg atau kedai makan

Jenis usaha kuliner yang mudah ditemukan di berbagai penjuru Indonesia. Semua orang pasti suka karena makanan yang enak, lauk melimpah, dan harga murah. Salah satu usaha yang cocok untuk di pedesaan ini bisa memberikan keuntungan besar. 

Pastikan saja Anda memilih lokasi yang strategis supaya bisa menarik lebih banyak pembeli. Selanjutnya, usahakan juga untuk membuat menu menarik agar Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan. Selalu gunakan bahan baku yang segar agar makanan dibuat memiliki cita rasa yang lebih lezat. 

Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

5. Agen jual pulsa dan token listrik

Warga desa jarang menggunakan aplikasi untuk membeli pulsa dan token listrik. Jadi, agen penjual pulsa masih sangat dicari. Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mulai berbisnis dengan modal kecil dan risiko minim. 

Jika mempunyai dana lebih, Anda juga bisa membangun toko kecil-kecilan di halaman rumah dengan menambahkan beberapa produk, seperti kartu perdana, charger, baterai, casing ponsel, kabel OTG, hingga token listrik.

6. Peternakan 

Anda bisa mulai ternak ayam, kambing, dan sapi. Jika modal usaha Anda belum terlalu besar, Anda bisa mulai ternak ayam kampung yang lebih terjangkau dibanding ternak sapi atau kambing.

Usaha ini sangat menjanjikan mengingat harga telur ayam kampung lebih mahal daripada telur ayam ras. Selain bisa diambil telurnya, ayam kampung juga bisa dijual dagingnya.

7. Sewa tenda dan sound system

Modal untuk membuka usaha sewa tenda dan sound system memang cukup besar, yakni bisa mencapai Rp50 jutaan. Modal tersebut merupakan biaya untuk membeli sejumlah peralatan dan perlengkapan lengkap seperti tenda aneka bentuk, meja, kursi, dan sound system.

Meskipun modalnya cukup besar, melihat banyaknya jumlah orang yang membuat hajatan di desa bisa memberikan keuntungan yang setimpal dengan modal. Selain itu, pesaingnya juga sedikit!

8. Jasa fotokopi dan print

Ide usaha lainnya yang bis Anda coba adalah jasa fotokopi dan print. Usaha yang umumnya memberikan layanan menyalin tulisan atau gambar dari sebuah buku, dokumen, maupun sumber lainnya ini terbilang cukup menguntungkan karena masih banyak orang yang membutuhkan jasa fotokopi dan print sebagai syarat berbagai pendaftaran.

Modalnya tidak terlalu besar dan mudah dijalankan karena Anda hanya perlu memasukkan kertas yang akan diduplikasi ke dalam mesin fotokopi.

Jadi, usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan mana yang menarik untuk Anda coba? Jika ingin memulai usaha dengan lebih mudah, Anda bisa menggunakan bantuan teknologi untuk mendukung usaha. Apa lagi kalau bukan GoBiz?

Dengan daftar GoBiz, Anda bisa mengatur penjualan dengan lebih mudah. Bahkan, Anda bisa menerima pembalian makanan secara online lewat GoFood, menerima pembayaran nontunai dengan GoPay, juga mencatat transaksi penjualan secara otomatis dengan GoKasir!

Yuk, cari tahu lebih banyak soal GoBiz dan buktikan manfaatnya bagi usaha Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya