1. Minimarket
Minimarket adalah kategori pertama untuk toko retail berdasarkan ukurannya. Dalam minimarket, produk yang dijual di antaranya adalah segala kebutuhan rumah tangga, makanan dan segala kebutuhan harian masyarakat.
Dari segi produk yang dijual kurang dari 5000 item dan luas gerainya maksimal berukuran 400 meter persegi. Area parkir untuk tipe ini juga terbatas, sementara dari segi potensi penjualannya maksimal Rp 200 juta.
2. Supermarket
Tipe kedua dari toko retail ialah supermarket. Dari segi ukurannya, supermarket memiliki tingkatan sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan minimarket. Produk yang dijual pun juga hampir sama dengan minimarket.
Namun, dari segi kapasitas produk yang dijual memang cukup besar yakni antara 5000 sampai 25000 item dengan luas gerai 400-5000 meter persegi. Sementara itu, area parkirnya cukup memadai dan cukup luas sehingga dapat menampung kendaraan baik itu roda empat dan roda dua.
Dilihat dari segi penjualannya pun bisa dibilang cukup besar yakni antara Rp200 juta hingga Rp10 miliar.
3. Hypermarket
Tipe ketiga adalah hypermarket dengan ukuran toko retail seluas 5000 meter persegi. Adapun produk yang dijual selain kebutuhan rumah tangga seperti makanan dan kebutuhan harian, hypermarket juga menjual produk sandang dan papan. Beberapa di antaranya adalah produk fashion, tekstil, furnitur dan sebagainya.
Jumlah produk yang dijual pun sangat beragam dan cukup banyak yakni di atas 25000 item. Dari segi area parkirnya pun dirancang sangat luas dan bisa menampung untuk banyak kendaraan. Baik itu untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Sedangkan dari segi potensi penjualan bisa mencapai lebih dari Rp10 miliar.
4. Department store
Jenis retail berdasarkan formatnya yang terakhir adalah department store atau bisa disebut dengan toko serba ada (toserba). Produk yang dijual pada department store sangatlah beragam untuk kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan mengenai gaya hidup.
Apabila retail yang telah disebutkan di atas hanya menjual produk kebutuhan dan barang mentah, department store di sisi lain juga menjual produk makanan siap saji kepada pelanggan. Di samping itu, juga terdapat sarana hiburan lainnya dan memiliki area parkir yang luas.
Jenis retail berdasarkan klasifikasi
Pada poin di atas, dijelaskan keberadaan toko retail berdasarkan ukuran dan formatnya. Sebenarnya, untuk menentukan toko retail masih ada klasifikasi lainnya. Baik itu berdasarkan skala usaha, kepemilikan, teknik pemasaran, hingga badan hukum yang dimilikinya. Berikut ulasan singkat mengenai pembagian jenis toko retail berdasarkan klasifikasi tersebut.