Tertarik untuk mulai merintis bisnis food & beverage atau F&B? Memang tidak bisa dipungkiri kalau bisnis F&B adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan saat ini.
Bagaimana tidak? Bisnis ini punya banyak kelebihan. Pertama, Anda tidak akan kehilangan pembeli karena makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia. Kedua, bisnis ini sangat fleksibel dan bisa mengikuti tren. Ketiga, Anda bisa memulainya dengan modal yang sedikit.
Namun, sebelum mulai membangun bisnis F&B, ada baiknya untuk mempersiapkan pondasinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah membangun bisnis food & beverage agar bisa jadi bisnis yang sukses!
Baca juga: 15 Ide Bisnis Kuliner dan Usaha Rumahan yang Lagi Trend 2022
7 Langkah Membangun Bisnis F&B
1. Riset target pasar terlebih dulu
Pertama, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebelum membuka bisnis, Anda tentu harus tahu akan menarget pasar yang seperti apa. Target pasar adalah acuan dasar yang bisa menentukan strategi penjualan Anda ke depannya.
Misalnya, jika target pasar Anda adalah anak sekolah atau mahasiswa, maka Anda sebaiknya menjual produk-produk yang sesuai dengan selera dan gaya hidup mereka. Jajanan kekinian atau masakan rumahan adalah produk yang potensial untuk dipasarkan. Selain itu, harga produk yang Anda jual pun harus yang ramah kantong!
2. Tentukan lokasi yang tepat
Demi menyukseskan bisnis F&B, Anda juga perlu memilih lokasi yang tepat untuk membuka usaha. Penentuan lokasi ini bisa Anda sesuaikan juga dengan target pasar yang sudah Anda tetapkan.
Misalnya, jika target pasar Anda adalah anak sekolah atau mahasiswa, maka Anda harus mencari lokasi usaha di sekitar area sekolah atau kampus. Lokasi usaha pun tidak perlu yang muluk-muluk. Asalkan bersih dan mudah dijangkau, itu sudah cukup. Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda juga menyediakan lahan untuk parkir kendaraan. Terkadang, pelanggan akan merasa malas dan lebih memilih mencari tempat lain jika parkir motor saja sulit.
Namun, bila Anda belum memiliki modal yang cukup untuk membuka tempat makan, Anda tetap bisa membuka bisnis F&B pakai GoFood. Dengan GoFood, Anda bisa jualan makanan dan minuman secara online, jadi Anda tidak perlu cari lokasi fisik terlebih dahulu. Cara daftar GoFood juga sangat mudah. Hanya dengan satu aplikasi, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan untuk sukseskan bisnis Anda!
Baca juga: 5 Pilihan Lokasi Usaha Kuliner yang Strategis
3. Cari supplier yang baik
Berikutnya, carilah supplier yang baik. Supplier yang baik adalah yang memiliki bahan-bahan berkualitas, mampu memahami Anda, dan mudah diajak bernegosiasi. Cita rasa masakan tentu tergantung dari kualitas bahan bakunya. Pastikan supplier yang Anda pilih mampu menyediakan bahan-bahan berkualitas dengan harga terbaik.
Agar bisa menemukan supplier yang baik, maka Anda perlu melakukan riset perbandingan. Lakukan survei antara satu supplier dengan supplier lainnya. Hal ini bertujuan untuk menguji kualitas dari bahan dan harga yang mereka tawarkan.
4. Miliki tim yang solid
Agar bisnis F&B yang dirintis sukses, maka perlu kerja sama tim yang baik di dalamnya. Pilihlah orang-orang terbaik yang mengerti arti kerja sama dan mampu bekerja secara kelompok. Membangun tim yang solid akan membantu Anda untuk meraih penjualan terbaik.
5. Beri pelayanan yang bagus
Langkah berikutnya, berikanlah pelayanan terbaik kepada pelanggan. Pada dasarnya, bisnis F&B adalah perpaduan antara penjualan barang dan jasa. Maka dari itu, kualitas pelayanan akan sangat impactful.
Ketika pelanggan mendapatkan pengalaman layanan yang memuaskan, maka Anda berhasil mendapatkan loyalitas mereka. Pelanggan pun akan kembali lagi untuk beli. Di samping itu, Anda akan menarik pelanggan baru untuk datang.
6. Bisnis F&B perlu berani berinovasi
Bisnis F&B memang bisnis yang menjanjikan. Oleh sebab itu, banyak orang yang membuka bisnis tersebut seperti Anda. Di tengah-tengah ketatnya kompetisi di dunia bisnis kuliner, Anda harus mampu bertahan agar usaha bisa tetap jalan.
Salah satu caranya adalah dengan melakukan inovasi. Inovasi ini bisa berupa cita rasa, menu yang unik, cara pembuatan, atau cara penyajiannya. Namun, tetap sesuaikan dengan target pasar Anda, ya!
Baca juga: 7 Ide Usaha Makanan Unik yang Jarang Ditemui
7. Maksimalkan branding di media sosial
Saat ini, bisnis F&B sudah mulai beralih ke sistem digital. Melalui media sosial, Anda bisa maksimalkan pemasaran dan jangkau pelanggan lebih luas lagi. Selain itu, dengan memanfaatkan media sosial, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Semakin usaha Anda dikenal banyak orang, semakin bagus pula untuk perkembangan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Setelah melakukan tujuh langkah di atas, sebaiknya Anda tetap melakukan evaluasi agar tahu hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki. Selain itu, dengan evaluasi, Anda bisa menentukan strategi seperti apa untuk diterapkan pada bisnis F&B Anda ke depannya. Jadi, selamat mencoba dan semoga sukses!