GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Itu GoBiz & Keuntungannya Bagi Usaha Anda?

Apa Itu GoBiz & Keuntungannya Bagi Usaha Anda? – Perkembangan usaha kuliner di Indonesia terbilang cukup cerah. Hal ini didukung dengan hadirnya layanan pesan-antar makanan yang diberikan oleh GoFood.

Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Demografi FEB UI bahkan menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Hingga di tahun 2018 lalu, sekitar 92% usaha yang tersebar di sembilan kota besar Indonesia telah bergabung sebagai Mitra Usaha Gojek.

Apa itu GoBiz?

GoBiz menjadi terobosan terbaru yang akan membantu semua pemilik usaha untuk mengelola usahanya dengan lebih mudah.

Diluncurkan secara resmi untuk membantu seluruh Mitra Usaha Gojek, sehingga usaha dapat berkembang dengan lebih efektif dan efisien. Menariknya, GoBiz ini juga bisa digunakan oleh semua jenis dan ukuran usaha.

GoBiz adalah aplikasi super untuk memudahkan Anda mengelola usaha hanya dalam genggaman. Fitur-fitur yang diberikan pun cukup lengkap, termasuk layanan kasir dari GoKasir, fitur promo untuk membuat diskon, monitor penjualan dengan GoBiz Dashboard, food delivery oleh GoFood, dan penerimaan pembayaran yang didukung oleh GoPay.

Klik tautan berikut untuk penjelasan lebih lanjut dan download aplikasi GoBiz ke ponsel Anda.

1. Kelola restoran di GoFood dengan optimal

Setelah memahami apa itu GoBiz, Anda juga perlu mengenal keuntungan-keuntungan yang diberikan oleh aplikasi berbasis online ini.

GoBiz akan memudahkan pemilik usaha untuk mengatur ketersediaan menu, mengelola status restoran (buka/tutup), mengatur jam operasional, memonitor seluruh transaksi, serta mengubah detail harga di GoFood jika dibutuhkan.

Dengan demikian, pemilik usaha dapat memanfaatkan fitur-fitur GoBiz secara mandiri dan menyeluruh, sehingga usaha dapat berkembang lebih pesat dalam waktu singkat.

2. Terima pembayaran nontunai

Tidak hanya itu, GoBiz juga memungkinkan para pemilik usaha untuk menerima pembayaran non-tunai dengan lebih mudah. Pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran cashless menggunakan saldo GoPay yang dimiliki.

Untuk menyelesaikan pembayaran, pelanggan hanya perlu melakukan scan Kode QR yang telah diberikan. Artinya, sebagai pemilik usaha, Anda tidak lagi harus menyiapkan uang kembalian. Antrean kasir juga dapat dipercepat berkat sistem pembayaran nontunai yang canggih ini.

3. Kelola pesanan di tempat

Hebatnya lagi, aplikasi GoBiz juga bisa membantu pemilik usaha mengelola dan menerima pesanan di tempat, sehingga seluruh transaksi baik dari GoFood dan pesanan di tempat, langsung tercatat secara otomatis. Pemilik usaha tinggal monitor transaksi lewat laporan yang langsung disediakan dari aplikasi GoBiz atau GoBiz Dashboard.

4. Buat promo untuk pelanggan

Mau meningkatkan penjualan atau mau memanjakan pelanggan setia? Gampang! Dengan aplikasi GoBiz, Anda bisa langsung buat promo GoFood atau GoPay dari ponsel. Fitur promo ini membantu Anda membuat beragam tipe promo seperti promo voucher, diskon potongan harga untuk menu andalan, dan rekomendasi promo dari GoBiz yang bisa Anda pilih secara langsung.


Panduan masuk ke aplikasi GoBiz

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa outlet telah terdaftar sebagai Mitra Usaha Gojek, baik itu dengan layanan GoFood atau layanan GoPay. Kemudian, buka aplikasi GoBiz dengan memasukkan nomor ponsel terdaftar.

Klik ‘Masuk’ dan tunggu beberapa saat hingga secara otomatis aplikasi ini akan mengirimkan kode OTP ke nomor tersebut. Jadi, pastikan nomor ponsel masih aktif dan berada di dekat Anda. Setelah itu, masukkan 4 digit kode OTP yang sudah dikirimkan tadi, tekan tombol ‘Konfirmasi’.


Selalu update aplikasi GoBiz

Anda mungkin saja telah mengenal dan memahami apa itu GoBiz. Namun, jangan lupa untuk selalu update aplikasi tersebut ke versi paling baru. Ini penting diperhatikan agar sebagai pengguna, Anda dapat mengakses fitur-fitur terbaru secara optimal.

Cara update aplikasi GoBiz:

  • Buka Aplikasi Google Play Store
  • Cek dan lakukan update aplikasi GoBiz
  • Login ulang menggunakan nomor ponsel terdaftar

Jika masih ada pertanyaan yang lain yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek melalui email [email protected] atau ke 1500 171.

Berkembangnya teknologi digital memiliki pengaruh dan dampak yang besar pada perilaku konsumsi pelanggan. Oleh karena itu, dengan mempelajari apa itu GoBiz, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan lebih maksimal untuk mengelola dan mengembangkan usaha kuliner ataupun bidang-bidang usaha lainnya yang digeluti.

Yuk, buktikan sendiri bagaimana GoBiz bisa membantu usaha Anda berkembang!


PERHATIAN: Karyawan dan petugas Gojek tidak akan pernah meminta transfer dana ataupun menanyakan PIN, kode OTP, nomor kartu ATM/kredit, nama gadis ibu kandung, dan identitas lainnya. Semua informasi tersebut sangat bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Anda. Jika Anda menerima email atau telepon mencurigakan yang mengatasnamakan Gojek, silakan adukan ke Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek melalui [email protected].

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kini, Anda Bisa Atur Variasi Menu untuk Semua Outlet Sekaligus di Aplikasi GoBiz 3.32!

Menyediakan berbagai variasi menu tentu bisa menjadi strategi jitu agar pelanggan tak selengkapnya

Tingkatkan Kepercayaan dengan Fitur Balas Ulasan Pelanggan di Aplikasi GoBiz, Yuk!

Siapa yang tak senang bila dapat ulasan bagus dari pelanggan? Misalnya seperti, selengkapnya