Tertarik untuk memulai usaha makanan? Jangan lupa untuk menyiapkan proposal bisnis makanan sebagai langkah awal. Dengan adanya proposal bisnis, Anda bisa mengetahui apa saja sumber daya yang diperlukan dalam operasional usaha.
Proposal bisnis sendiri mencakup banyak faktor, mulai dari modal, detail produk, hingga analisis SWOT. Bentuknya pun variatif, mengikuti jenis usaha yang akan dijalankan. Nah, yang dibahas dalam artikel kali ini adalah proposal bisnis makanan. Seperti apa?
Pentingnya Membuat Proposal Bisnis Makanan
Mengapa perlu adanya proposal bisnis? Jika diibaratkan sebuah bangunan, proposal bisnis adalah pondasi dari sebuah usaha. Tanpa adanya fondasi yang kuat, bangunan akan mudah goyah. Sebuah usaha tanpa proposal yang detail akan rentan terhadap masalah.
Proposal bisnis tidak hanya penting bagi Anda sebagai pelaku usaha, tapi juga untuk investor yang memberikan modal, mengurus hal-hal yang berkaitan dengan peraturan hukum, hingga dijadikan pedoman operasional bisnis nantinya.
Komponen Penting dalam Proposal Usaha Makanan
Proposal bisnis sendiri mencakup beberapa komponen. Nah, komponen yang dibahas bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Untuk bisnis makanan sendiri, komponen penting yang harus ada dalam proposal bisnis makanan antara lain:
1. Nama usaha makanan
2. Latar belakang usaha makanan
3. Tujuan usaha makanan
4. Survei pasar
5. Deskripsi produk makanan
6. Strategi produk makanan
7. Harga produk makanan
8. Analisis SWOT produk makanan
Contoh Proposal Bisnis Makanan
Sekarang mari mencoba menyusun sebuah proposal bisnis makanan yang sederhana dengan mengikuti komponen-komponen di atas. Kali ini, contoh yang digunakan adalah sebuah produk minuman teh susu rendah kalori.
1. Nama usaha makanan
PT Sehat Segar Berjaya – LowMilkTea
2. Latar belakang usaha makanan
Sekarang ini sudah ada banyak produk minuman olahan susu, tapi yang memperhatikan segi kesehatan masih sedikit jumlahnya. Pada umumnya, produk minuman olahan susu yang dijual masih tinggi kalori dan tinggi gula, menghasilkan minuman yang membahayakan kesehatan.
LowMilkTea menghadirkan minuman olahan susu yang dikombinasikan dengan teh. Produk susu yang digunakan merupakan susu rendah lemak sehingga rendah kalori.
Selain itu, LowMilkTea juga menggunakan teh pilihan yang kaya akan antioksidan. LowMilkTea hanya menggunakan gula rendah kalori sehingga aman untuk kesehatan.
3. Tujuan usaha makanan
Menghasilkan produk minuman teh susu yang bukan hanya menyegarkan, tapi juga menyehatkan karena rendah kalori dan menggunakan bahan-bahan pilihan.
4. Survei pasar
Pemilik usaha telah melakukan survei terhadap kondisi pasar. Dari survei tersebut. ditemukan bahwa:
- Masyarakat mulai tergerak untuk mengonsumsi produk minuman sehat.
- Iklim di kota ini cenderung panas sehingga minuman segar banyak diminati.
- Kandungan gizi dari susu baik untuk kesehatan dan pertumbuhan.
5. Deskripsi produk makanan
Pemilik usaha memberikan nama “LowMilkTea” sebagai nama produk. Produk LowMilkTea sendiri memiliki beberapa varian, yaitu:
- LowMilkTea aneka varian – Merupakan produk minuman teh susu dengan berbagai rasa seperti original, stroberi, cokelat, dan cokelat mint.
- LowMilk aneka varian – Merupakan produk minuman susu dengan berbagai rasa seperti plain, vanila, stroberi, cokelat, taro, dan moka.
- LowYo aneka varian – Merupakan produk olahan susu berupa yoghurt yang hadir dengan aneka rasa dan topping seperti stroberi, mangga, berries, dan granola.
Produk dikemas dalam kemasan cup. Nantinya, LowMilkTea juga meluncurkan produk tumbler. Pelanggan bisa membeli dengan membawa tumbler sendiri. Sementara itu, untuk LowYo dikemas dalam kemasan paper cup yang ramah lingkungan dan mudah dibawa.
6. Strategi produk makanan
Promosi produk dilakukan dengan membuat akun media sosial LowMilkTea di Instagram. Selain itu, akan dibuka juga kontak khusus di WhatsApp untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Selain itu, akan dilakukan promosi secara offline dengan membagikan voucher khusus grand opening.
7. Harga produk makanan
Produk LowMilkTea akan dijual dengan harga Rp15.000, sedangkan harga produk LowMilk dan LowYo adalah Rp20.000.
8. Analisis SWOT usaha makanan
- Strength (kekuatan): saat ini belum banyak beredar produk minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan.
- Weakness (kelemahan): masih belum banyak orang yang tergerak untuk memilih minuman sehat.
- Opportunity (peluang): gaya hidup sehat sedang banyak diminati sehingga produk-produk kesehatan termasuk minuman sehat banyak dicari.
- Threat (ancaman): harga bahan baku minuman sehat cenderung lebih tinggi dibandingkan bahan baku minuman biasa.
Proposal bisnis makanan wajib ada dalam setiap usaha makanan. Dengan menyusun proposal, Anda akan lebih mudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam memulai sebuah bisnis.
Nah, agar bisnis tetap berjalan optimal dan bahkan menjadi lebih besar, ada baiknya Anda juga memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya, Anda bisa daftar GoBiz, di mana Anda bisa memanfaatkan layanan pesan antar makanan online lewat GoFood. Selain bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, Anda juga berkesempatan untuk tingkatkan potensi keuntungan, lho!
Yuk, daftar GoBiz sekarang dan kembangkan potensi usaha Anda!