Pusat Pengetahuan

6 Tips Usaha Jus Buah, Modal Hanya 5 Juta

Ada banyak pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha sampingan. Salah satunya adalah menjalankan usaha kuliner. Tidak harus makanan, kuliner yang dimaksud di sini juga bisa menjalankan usaha minuman ringan seperti usaha jus buah.

Dari dulu hingga sekarang, usaha satu ini memang layak untuk dipertimbangkan dan tidak akan pernah sepi pembeli maupun konsumennya.

Modal awal 5 jutaan, untung 1,5 juta per bulan

Ditambah lagi saat ini dengan bermunculannya aplikasi digital dalam hal pembayaran dan promosi, membuat usaha jus buah semakin mudah untuk dijalankan. Lantas, bagaimana peluang dan tips memulai bisnis jus buah ini bagi pemula? Ada baiknya Anda baca ulasan di bawah ini.

Peluang Usaha jus Buah

Bagi sebagian orang, usaha jus buah mungkin dianggap sebelah mata karena omzetnya yang sedikit. Namun jangan salah, justru jus buah memiliki omzet yang besar bila dilakukan dengan baik.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya sebenarnya apa sajakah peluang dari usaha jus buah ini sehingga membuat banyak orang tertarik memulainya? Bila dijabarkan, setidaknya ada empat peluang utama yang membuat usaha ini laris manis, berikut di antaranya.

1. Usaha yang Tak Pernah Mati

Kata sebagian besar orang usaha kuliner adalah usaha yang tidak akan pernah mati dan terus ada sampai kapanpun. Hal ini memang benar adanya, sebab semua orang pastilah memerlukan makan dan minum. Terlebih lagi saat ini banyak masyarakat yang mulai menyadari gaya hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.

Di sinilah peluang usaha jus buah dapat berjalan dengan baik. Ini karena masyarakat lebih menyukai buah yang dikonsumsi dengan mudah dan praktis namun tanpa mengurangi khasiatnya. Maka tak heran bila bisnis jus buah paling bisa diandalkan untuk memenuhi gaya hidup sehat masyarakat modern.

2. Modal Usaha Jus yang Terjangkau

Kedua, selain menjadi usaha yang tak akan pernah mati usaha jus buah juga bisa dijalankan dengan modal yang minim sekalipun. Bahkan kini banyak franchise yang menawarkan kerjasama usaha jus buah dengan modal minim.

Anda hanya perlu mempersiapkan modal kurang lebih sekitar Rp5 juta saja, beberapa tempat lainnya bahkan ada yang kurang dari jumlah modal tersebut.

Modal tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli perlengkapan dan bahan baku buah, gula, susu kental manis, dan sebagainya untuk jusnya. Perlengkapan di sini di antaranya seperti blender, gelas plastik, etalase untuk display buah, dan pendingin untuk es.

Perhatikan pula biaya listrik maupun sewa tempat bila Anda menginginkan tempat yang luas dan harus menyewanya ke pihak lain.

3. Bahan Baku yang Mudah Didapat

Hal yang tak kalah menariknya dari peluang usaha jus buah ini adalah bahan bakunya yang mudah didapat. Anda tak perlu khawatir dalam memilih bahan baku berkualitas terbaik. Sebab, Anda bisa mengajak kerja sama dengan supplier buah terbaik.

Kemudian, untuk membeli bahan-bahan perlengkapan lainnya juga tak mudah untuk didapatkan. Selain bisa membelinya langsung, Anda pun dapat membelinya secara online. 

Terlebih lagi bila usaha Anda berupa franchise, tentu ini sangat membantu, sebab perusahaan induk akan menyetok bahan baku. Jadi, Anda tinggal menjalankan usaha jus buah tersebut saja dari segi operasional.

Ketika bahan baku mulai menipis, barulah Anda dapat menghubungi pihak induk usaha untuk memesan bahan baku kembali.

Tips Memulai Usaha jus Buah

Setelah Anda mengetahui peluang usaha jus buah di atas, maka kini saatnya Anda mencoba usaha tersebut di rumah. Meski begitu, membuka bisnis jus buah tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Oleh karena itu, agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang telah direncanakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terlebih lagi bagi Anda yang baru pertama kali memulainya. Berikut diantaranya yang wajib Anda simak!

1. Perhatikan Lokasi Usaha

Masalah pertama dalam memulai usaha jus adalah dengan memperhatikan lokasinya. Meski hal tersebut menjadi sebuah hal klasik namun tetap saja bila tidak diperhitungkan akan mengganggu jalannya usaha nantinya.

Misalnya Anda memilih lokasi yang kurang tepat, bisa jadi usaha yang dijalankan kurang begitu ramai dan diminati konsumen.

Untuk pemilihan lokasi, sebaiknya pilih terlebih dahulu yang mudah dijangkau oleh banyak orang. Contohnya berada di dekat jalan raya dan pusat keramaian lainnya seperti sekolah, kampus, dan sebagainya. Semakin ramai lokasi tersebut maka peluang usahanya pun semakin besar.

2. Tentukan Siapa Target Pasarnya

Saat lokasi sudah dipilih dan ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan siapa target pasarnya.

Sebagai contoh saja, bila usaha jus tersebut berada di area yang dekat sekolah maka segmentasi pasarnya adalah para anak sekolah. Begitu juga dengan lokasi yang berada di daerah kampus, sudah pasti targetnya adalah mahasiswa.

Maka, Anda pun harus menyesuaikan porsi yang tepat dan harganya. Begitu pula bila berada di komplek perumahan, pangsa pasarnya juga akan cukup luas. Sebab, tidak hanya anak-anak saja karena yang membeli bisa dari semua kalangan baik tua maupun muda.

Khususnya bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalani hidup sehat bisa Anda jadikan target pasar yang punya prospek besar.

3. Lakukan Promosi Menarik

Promosi adalah hal terpenting dalam menjalankan sebuah usaha, termasuk pula bila ingin memulai usaha jus buah. Promosi ini bisa dilakukan dengan cara konvensional seperti menyebarkan pamflet dan sebagainya.

Atau Anda dapat melakukannya secara online. Keuntungannya, jika menggunakan promosi secara online modal yang dikeluarkan tidak begitu besar dan dapat menyasar masyarakat luas.

Dalam promosi di media sosial, sebaiknya gunakan gambar atau foto yang menarik. Begitu juga dengan bahasa-bahasa promosi yang digunakan. Sebisa mungkin gunakan bahasa yang sifatnya persuasif.

Lalu, Anda bisa memberikan promo online seperti buy one get one pada hari tertentu atau potongan harga untuk varian rasa tertentu.

Bisa juga dengan menggunakan kupon, misal bila pembeli telah membeli jus di tempat Anda sebanyak lima kali, maka untuk pembelian yang keenam akan mendapatkan secara gratis. Tentu bisnis Anda pun akan semakin diminati, terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.

4. Inovasi dalam Hal Rasa

Bidang kuliner dan usaha jus buah memang sebagai usaha yang tak pernah mati. Meski begitu, Anda pun harus tetap melakukan inovasi baru agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan setia.

Terlebih lagi dalam menyasar calon pembeli baru. Untuk hal ini Anda bisa melakukan berbagai eksperimen jus buah yang menarik dan berbeda dari kompetitor.

Misalnya jus untuk kebugaran, jus untuk konsumen yang menjalani diet dan sebagainya. Kemudian selain jus, Anda juga dapat memberikan inovasi lainnya.

Misalnya smoothies, jus dengan yoghurt hingga buah lainnya.  Lalu, jangan lupakan tampilannya. Tampilan ini bisa dengan kemasan yang unik dan menarik. 

5. Kebersihan Bahan Baku dan Perlengkapan

Tak hanya soal keunikan rasa dan kemasannya saja, untuk menjaga kualitas jus buah yang Anda jual ada kalanya juga memperhatikan aspek kebersihan. Baik itu kebersihan dari bahan baku buah yang digunakan maupun perlengkapannya. Untuk air mineral yang digunakan, sebaiknya pilihlah air mineral dengan kualitas terbaik.

Bila Anda telah melayani satu pembeli atau satu porsi jus, maka cucilah blender dengan bersih dengan air mengalir agar bersih sempurna. Apabila kebersihan ini terjaga dengan baik, maka dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen maupun pembeli. Dengan begitu mereka pun merasa aman dan nyaman ketika membeli jus milik Anda.

6. Gunakan Layanan Pesan Antar Makanan

Kini, di era digital membuat berbagai usaha dapat dijalankan dengan mudah dan pelayanannya pun semakin baik. Terlebih lagi kini juga bermunculan berbagai ragam aplikasi yang dapat memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya maupun para melayani para pembelinya.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengelola usaha jus buah tersebut adalah GoBiz. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang bisa mengontrol penjualan dengan mudah. Selain itu, fitur lainnya adalah mengenai ketersediaan produk yang dijual. 

Aplikasi GoBiz juga bisa digunakan untuk membuat laporan penjualan dan menyimpan semua database penjualan dan operasional dengan mudah. Dari segi pelayanan konsumen, aplikasi ini sangatlah membantu. Terutama dalam pembayaran non-tunai dan menggunakan dompet digital.

Avocado Lover misalnya, yang sudah mengalami kenaikan penjualan sampai 30% setelah menggunakan aplikasi GoBiz.

Modal & Estimasi Keuntungan Usaha Jus Buah

Seperti yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya, usaha jus merupakan salah satu usaha yang menggiurkan. Dengan modal Rp5 jutaan, keuntungan yang didapatkan bisa terbilang menggiurkan. Jumlah keuntungan bisa didapatkan dengan menghitung pendapatan bulanan dikurangi biaya operasional. Anda bisa menghitung keuntungan yang didapat dengan asumsi:

  • Biaya operasional setiap bulan Rp6 juta (air mineral, buah-buahan, dan gaji karyawan)
  • Harga satu gelas jus Rp5 ribu
  • Penjualan setiap hari mencapai 50 gelas

Maka, perhitungan dapat dilakukan dengan rumus:

Pendapatan bulanan = (50 gelas x Rp5 ribu) x 30 hari

= Rp250 ribu x 30 hari

= Rp7,5 juta

Keuntungan = Pendapatan bulanan – biaya operasional

= Rp7,5 juta – Rp6 juta

= Rp1,5 juta

Dengan asumsi tersebut, Anda sudah bisa balik modal kurang dari satu tahun. Bagaimana, mudah bukan memulai usaha jus buah dengan modal minim namun omzet yang menggiurkan?

Jadi, tunggu apa lagi segera persiapkan diri Anda dengan baik dan selalu gunakan aplikasi terbaik dari GoBiz untuk kelancaran dan kesuksesan usaha jus buah yang Anda jalankan. Selamat mencoba!

Read more about:

Artikel Terkait

5 Resep Usaha Warteg, Bisa Untung 7 Jutaan per Bulan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan warteg selengkapnya

15 Cara Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

Modal adalah komponen utama yang harus dimiliki sebelum memulai sebuah bidang usaha. Tak selengkapnya