GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

8 Tips Jualan Online yang Bisa Dicoba untuk Pemula

Di zaman yang serba modern ini, hampir seluruh barang kebutuhan bisa dibeli secara online. Tanpa perlu keluar rumah, asalkan punya koneksi internet, barang pun bisa dengan mudah didapatkan. Inilah mengapa bisnis online semakin populer, menjadikannya sangat menguntungkan. Bahkan, sebetulnya tidak dibutuhkan modal yang banyak untuk bisa memulai bisnis online.

Tips jualan online saat baru memulai?

Bukan berarti Anda bisa meraup keuntungan dari bisnis online dalam semalam saja. Untuk menjamin kesuksesan bisnis, ada beberapa tips jualan online yang harus Anda ketahui. Lengkapi juga operasional bisnis online Anda dengan sistem dari GoBiz yang akan membantu Anda dalam menerima pesanan, menangani proses pembayaran, mengurus pengiriman barang, hingga proses pesan antar.

GoBiz juga sudah terintegrasi dengan layanan GoPay, sehingga bisnis online Anda dapat lebih mudah dijalankan, apalagi jika Anda juga mengikuti tips-tips jualan online berikut ini.

1. Kenali nilai jual produk

Hal terpenting yang harus Anda tentukan untuk menjamin kesuksesan tips jualan online berikutnya adalah mengenal nilai jual produk. Coba posisikan diri Anda sebagai pembeli, ketika melihat produk tersebut, kira-kira apa yang langsung menonjol? Bisa jadi packaging yang unik atau fungsinya yang istimewa. Dari sana, tanyakan lagi kepada diri Anda, nilai apa yang dimiliki oleh produk Anda tetapi tidak ditemukan di produk kompetitor lainnya?

Sebelum akhirnya Anda bisa menjual produk tersebut, penting sekali untuk benar-benar mengetahui segala informasi dari produk yang dijual. Dengan begitu, Anda bisa menekankan nilai jual produk saat memasarkannya dan membuat tips jualan online selanjutnya lebih efektif.

2. Buat website sendiri

Jika Anda ingin bisnis yang mampu bertahan selama bertahun-tahun, maka tips jualan online yang satu ini cukup krusial. Website memiliki banyak fungsi, yakni sebagai tempat untuk berjualan, memasarkan produk, memperkenalkan brand, dan media komunikasi antara pembeli dan penjual.

Bisnis online yang memiliki website juga cenderung lebih dipercaya oleh pembeli. Maka dari itu, Anda perlu membangun brand awareness dengan membuat website sendiri yang berkonsep sama dengan image produk yang ingin Anda tonjolkan.

3. Manfaatkan marketplace

Tidak ada salahnya untuk bergabung ke marketplace walaupun sudah memiliki website sendiri. Tips jualan online ini akan secara langsung mendongkrak popularitas toko dan produk Anda. Hingga kini, jutaan orang mengunjungi online marketplace untuk membeli segala barang kebutuhan mereka, alih-alih pergi ke toko. 

Marketplace memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak pembeli dalam waktu yang singkat, sekaligus tanpa mengeluarkan upaya yang besar. Anda bisa mengintegrasikan website dan marketplace untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Cukup daftarkan saja toko dan produk yang akan dijual ke marketplace pilihan.

4. Aktif di media sosial

Media sosial menjadi sumber informasi dan hiburan bagi banyak orang, bahkan tidak sedikit yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk scrolling di timeline media sosial. Ingatlah bahwa menjalin komunikasi dengan pelanggan merupakan tips jualan online yang sangat penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pastinya Anda ingin setiap pembeli akan selalu mengingat brand Anda dan kembali melakukan transaksi. Hal ini akan jadi mungkin bila Anda aktif di media sosial, secara spesifik membuat akun media sosial untuk brand Anda. Upload konten-konten menarik untuk meningkatkan engagement rate. Produk Anda pun akan semakin dikenal oleh banyak orang, menjadikan bisnis online Anda lebih menguntungkan.

5. Aplikasikan word of mouth marketing

Kualitas produk yang baik akan secara langsung menciptakan word of mouth marketing. Jenis pemasaran ini dimulai dari rekomendasi seorang pembeli, dari mulut ke mulut. Tips jualan online berikut sangat efektif karena pada dasarnya orang akan lebih percaya dengan omongan kerabat atau public figure yang diidolakan. 

Apabila Anda memiliki budget lebih, bisa saja melakukan endorsement untuk influencer yang sedang naik daun. Tetapi, ini tidak wajib. Asalkan produk yang Anda jual berkualitas baik, pastinya akan terus direkomendasikan oleh pelanggan.

6. Beriklan via media sosial

Tips jualan online ini tidak boleh diabaikan. Selain lebih murah daripada iklan di televisi atau iklan cetak, beriklan di media sosial juga lebih efektif. Bayangkan saja, jutaan orang sudah tergabung dan aktif di media sosial. Dengan beriklan di sini, Anda dapat menjangkau target customer yang lebih luas. 

Hebatnya lagi, algoritma media sosial akan menampilkan iklan produk Anda kepada akun-akun yang sesuai dengan karakteristik target customer Anda. Jadi, orang-orang akan melihat produk yang Anda jual bahkan sebelum mereka menyadari kebutuhan mereka akan produk tersebut.

7. Buat deskripsi produk yang menarik

Agar bisa dengan jelas memberitahukan kehebatan produk yang Anda jual kepada pembeli, maka Anda harus menerapkan tips jualan online yang satu ini. Anda perlu membuat deskripsi produk yang menarik dan mudah untuk dimengerti. 

Jangan sampai terkesan terlalu hard-selling, sampaikan layaknya Anda sedang bercerita santai dengan teman. Deskripsi produk ini bisa Anda tampilkan di landing page website, caption postingan media sosial, dan marketplace.

8. Packing/bungkus pesanan dengan aman

Hal ini terkadang kurang diperhatikan oleh pemula saat mulai berjualan online. Agar produk yang Anda kirim aman dalam proses perjalanan, ada perlunya diberi lapisan ekstra.

Untuk melindungi dari guncangan Anda bisa menggunakan bubble wrap lalu bungkus kembali dengan kardus. Untuk menghindari produk terkena air dari luar, bungkus dengan plastik dan lakban yang rapat.

Jika kardus lebih besar dari produk yang Anda kirimkan, pastikan tidak ada celah saat kardus digoyangkan. Gunakan styrofoam atau gumpalan koran bekas agar isi paket tidak bergerak-gerak dan tergoncang selama pengiriman. Jika ada budget ekstra tidak ada salahnya untuk menggunakan stiker “Fragile” pada paket kiriman Anda, agar petugas dari jasa pengiriman barang lebih berhati-hati lagi.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha & Data Pribadi

Kang Tipu memiliki seribu satu cara magis (manipulasi psikologis) untuk memakan selengkapnya

30 Peluang Usaha Menguntungkan & Modal Kecil

Tahun 2020 bisa jadi momentum untuk Anda memulai usaha sendiri. Dengan hadirnya berbagai selengkapnya