Pusat Pengetahuan

Tips agar Usaha Terbebas dari COVID-19

Memiliki rasa kuatir terhadap pandemi penyakit akibat corona virus (COVID-19) memang hal yang wajar. Namun, dengan berusaha untuk tetap tenang dan melakukan aksi nyata untuk memastikan bahwa usaha Anda aman dari COVID-19 merupakan langkah yang perlu Anda lakukan agar kebersihan dan kehigienisan usaha Anda tetap terjaga, sehingga operasional usaha tetap berjalan lancar! 

Sebelum mengetahui tips terkait langkah pencegahan COVID-19 di usaha Anda, ayo simak dulu beberapa fakta mengenai COVID-19! 

Apa itu COVID-19?

COVID-19 adalah jenis virus yang dapat menular melalui cairan dengan cepat. Saat ini, virus ini telah tersebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Memiliki gejala yang mirip dengan flu, seperti demam dan batuk; coronavirus dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai dengan infeksi paru-paru (pneumonia). 

Bagaimana cara COVID-19 menyebar?

Penyebaran dapat terjadi melalui kontak fisik dengan penderita COVID-19 seperti sentuhan dan juga cairan. Contohnya, tidak sengaja terkena air liur saat berkomunikasi dengan penderita. Selain itu, Anda juga dapat terkena COVID-19 jika Anda memegang wajah setelah menyentuh benda yang telah terkontaminasi tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. 

Tenang, tidak perlu panik karena kami telah menyiapkan beberapa tips sesuai dengan anjuran umum dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang perlu Anda lakukan agar pelayanan dan kualitas usaha Anda tetap terjaga

  1. Edukasi karyawan untuk sering mencuci tangan
    Ingatkan karyawan untuk mencuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik secara rutin selama kegiatan operasional usaha.
  2. Sediakan pembersih tangan antiseptik/hand sanitizer untuk karyawan dan pelanggan
    Pastikan kebersihan karyawan dan pelanggan selalu terjaga dengan menyediakan pembersih tangan antiseptik/ hand sanitizer di outlet Anda, sehingga mudah diakses bagi karyawan dan pelanggan usaha untuk digunakan sewaktu-waktu! 
  3. Jaga kebersihan lokasi dan peralatan usaha Anda
    Gunakan disinfektan dengan kadar alkohol 70% secara berkala untuk membersihkan meja, kursi, dan peralatan operasional usaha, seperti ponsel atau perangkat SPOTS, alat tulis, dan lainnya.
  4. Perhatikan kesehatan karyawan Anda
    Sebaiknya, Anda mencatat semua karyawan yang masuk dan jam kerjanya setiap hari agar ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, penelusuran penyebaran pun menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, Anda dihimbau untuk melakukan pemeriksaan suhu badan secara rutin di awal jam operasional usaha dan memulangkan karyawan yang memiliki suhu badan lebih dari 37.5 derajat Celcius untuk beristirahat dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Serta, jika ada karyawan yang baru kembali dari negara berisiko tinggi COVID-19, pastikan karyawan beri karyawan waktu untuk beristirahat di rumah dan tidak bekerja selama 14 hari.
  5. Lakukan transaksi non-tunai dan hindari kontak fisik
    Jaga jarak
    dengan pelanggan atau sesama karyawan usaha, setidaknya 1 meter untuk mengurangi kemungkinan proses penyebaran virus, karena dengan adanya jarak sampai dengan 1 meter, kontak fisik dan penularan melalui cairan secara tidak sengaja dapat dihindari secara optimal. Selain itu, Anda juga dapat meminimalisir transaksi uang tunai dengan mengajak pelanggan untuk bertransaksi non tunai, contohnya dengan GoPay atau PayLater. 

Gimana, Mitra Usaha Gojek? Mudah, kan untuk melakukan tipsnya? Ayo lakukan bagian Anda sebagai pemilik atau penanggung jawab usaha dengan melakukan 5 langkah di atas untuk memastikan bahwa penyebaran COVID-19 di Indonesia berkurang, mulai dari usaha Anda!

Read more about:

Artikel Terkait

5 Resep Usaha Warteg, Bisa Untung 7 Jutaan per Bulan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan warteg selengkapnya

15 Cara Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

Modal adalah komponen utama yang harus dimiliki sebelum memulai sebuah bidang usaha. Tak selengkapnya