7. Berikan Hidangan Khusus Bagi Konsumen
Strategi marketing lainnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan memberikan hidangan khusus bagi konsumen Anda yang sedang berulang tahun, hamil, atau yang datang beramai-ramai.
Hidangan khusus tersebut bisa berupa hidangan pembuka, hidangan utama, atau hidangan penutup. Usahakan hidangan tersebut free alias tidak dipungut biaya. Dengan memberikan hidangan khusus, konsumen Anda tentu akan merasa dihargai dan tak segan-segan untuk datang kembali mengajak teman-temannya.
8. Sewa Food Blogger, Youtuber, dan Selebgram
Tak dapat dipungkiri bahwa food blogger, youtuber, dan selebgram memiliki pengaruh yang kuat di dunia internet. Bisnis ini memang tengah menjadi sorotan dan menghasilkan uang yang tak sedikit.
Tak heran jika food blogger, youtuber, dan selebgram sering diajak kerjasama untuk mengiklankan produk-produk milik pengusaha di akun sosial media mereka.
Kebanyakan pengusaha juga mengakui bahwa penjualan mereka meningkat drastis setelah memanfaatkan jasa food blogger, youtuber, dan selebgram. Jadi tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan jasa mereka untuk mendongkrak bisnis café Anda dan membuatnya ramai.
9. Pasang Penunjuk Jalan
Ketika Anda melakukan promosi melalui sosial media, tak sedikit pula yang akan datang ke café Anda. Namun jangan sia-siakan peluang tersebut dengan membiarkan konsumen Anda kebingungan akan lokasi café Anda. Berikan papan penunjuk jalan yang cukup jelas jika letak café Anda agak terpencil.
Daftarkan juga cafe Anda di Google Bisnisku, sehingga ketika dicari oleh pelanggan otomatis akan muncul di Google Maps. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk mencari lokasi cafe.
10. Buat Konsumen Anda Nyaman
Ciptakan suasana senyaman mungkin untuk café Anda. Suasana yang nyaman bisa datang dari interior yang enak dipAndang, kursi yang nyaman, ventilasi udara yang baik, serta pelayanan yang ramah.
Buat konsumen Anda merasa dihargai. Latih waiter dan waitress Anda agar melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Selalu berikan respon cepat, tanggap, dan bertanggung jawab kepada konsumen Anda.
Jangan lupa beritahu pelayan dan kasir Anda untuk selalu tersenyum tulus, Dengan begitu, suasana café Anda akan menjadi nyaman dan hangat. Reputasi café Anda juga ikut meningkat dan ramai dengan sendirinya.
11. Usahakan Mendapatkan Rating Atau Testimoni Yang Baik
Saat ini banyak sekali aplikasi online yang memberikan informasi kepada konsumen mengenai café atau restoran, seperti Zomato, PergiKuliner, dan sebagainya.
Aplikasi online tersebut juga mengizinkan konsumen untuk memberikan review secara jujur mengenai pengalaman bersantap mereka. Anda harus memanfaatkan hal ini. Usahakan untuk mendapatkan rating atau testimoni yang baik dari konsumen.
Dengan memberikan pengalaman bersantap yang menyenangkan kepada konsumen, Anda akan mendapatkan keuntungan. Rating serta testimoni yang tinggi terbilang ampuh untuk menarik konsumen bersantap di café Anda.
12. Wi-fi Gratis
Salah satu layanan café yang paling banyak diincar adalah wi-fi gratis. Tak sedikit konsumen yang menghabiskan waktunya di café sembari membawa pekerjaan dari kantor. Café juga sering dijadikan tempat untuk meeting atau bertemu klien. Jadi jika ingin café Anda ramai, sediakan fasilitas wi-fi gratis, café Anda akan dibanjiri oleh konsumen.