GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

4 Strategi Bisnis Saat PPKM, Wajib Tahu Soal Keuangan!

4 Strategi Bisnis Saat PPKM, Wajib Tahu Soal Keuangan! – Hingga kini, pemerintah masih memperpanjang PPKM atau Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat demi menekan angka penularan COVID-19.

Hal ini pun kembali berdampak pada operasional bisnis. Mungkin, sebelumnya Anda sudah membuat berbagai rencana bisnis, tetapi karena PPKM terus diperpanjang, usaha Anda tidak dapat berjalan sesuai rencana.

Tentu saja, Anda sebagai pemilik usaha pun harus terus beradaptasi agar bisnis dapat berjalan dengan lebih maksimal. Dengan demikian, pelanggan pun tetap bisa membeli dari usaha Anda dan kebutuhan mereka senantiasa terpenuhi.

Namun pertanyaannya, di tengah era kebiasaan baru ini, apa hal penting yang perlu dipersiapkan pemilik bisnis? Salah satunya adalah soal keuangan bisnis.

Mengatur keuangan usaha memang susah-susah gampang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membantu Anda bagaimana agar bisnis tetap bisa optimal, meski PPKM terus diberlakukan.

4 Strategi Bisnis Saat PPKM, Wajib Tahu Soal Keuangan!

strategi bisnis saat ppkm

1. Kesehatan harus selalu jadi prioritas

Anda dan karyawan adalah salah satu garda terdepan yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan. Maka dari itu, pemilik bisnis harus juga harus menaruh perhatian terhadap kesehatan dan keamanan para karyawan.

Pastikan mereka selau pakai masker, dicek suhunya secara rutin, rajin cuci tangan atau pakai hand sanitizer, jaga jarak, dan pastikan mereka sudah divaksin, ya!

Apabila Anda sudah mengutamakan kesehatan Anda dan karyawan, para pelanggan pun akan lebih percaya diri untuk mengunjungi atau membeli dari usaha Anda.

2. Atur budget usaha

Dalam kondisi apa pun, penting bagi pemilik bisnis untuk memiliki pembukuan usaha. Dalam pembukuan usaha, Anda bisa mencatat berbagai hal terkait keuangan bisnis sehingga Anda bisa memonitor laporan laba-rugi usaha, pengeluaran dan pemasukan, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk atur budget usaha Anda sedemikian rupa. Misal, bulan depan Anda ingin membeli blender baru untuk menunjang aktivitas membuat masakan pesanan pelanggan.

Cari tahu apakah budget-nya mencukupi? Jika tidak, adakah hal yang bisa dilakukan untuk menggenjot penjualan? Dengan buat promosi misalnya?

3. Buat promosi bagi para pelanggan

Bagaimana caranya? Anda bisa mengirim broadcast melalui WhatsApp kepada nomor kontak yang Anda miliki, membuat konten interaktif di media sosial, membuat paket bundling, atau promosi dari mulut ke mulut.

Namun yang terpenting, Anda harus menjaga kualitas usaha Anda terlebih dulu. Ini merupakan syarat utama yang akan membuat pelanggan mau terus kembali!

4. Ajukan modal usaha di GoModal

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai Mitra Usaha dan membutuhkan tambahan modal usaha, yuk ajukan saja di GoModal! GoModal membuka kesempatan bagi Mitra Usaha untuk mendapatkan pinjaman usaha hingga Rp150 juta dengan jangka waktu cicilan mulai dari 2, 3, 6, hingga 12 bulan.

Pinjaman usaha GoModal bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan bisnis, misalnya beli peralatan baru, buat menu resto baru, atau mungkin perpanjang tempat sewat.

Yang menarik, daftar GoModal sangat mudah, pencairannya cepat, dan pembayarannya juga fleksibel! Tentunya akan sangat memudahkan pemilik usaha seperti Anda bisa kembangkan bisnis lebih jauh lagi!

Ingin tahu lebih banyak soal GoModal? Yuk klik di sini atau ajukan pinjaman usaha sekarang!


Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya