Pusat Pengetahuan

Semua Pakai QRIS, Biar Lebih Praktis

QRIS (QR Indonesian Standard) adalah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. QRIS diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Bank Indonesia mengajak Mitra Usaha Gojek untuk bersama-sama menggunakan QRIS, yang efektif berlaku mulai 1 Januari 2020

Kenapa usahamu harus pakai QRIS?

Dengan menggunakan QRIS, tidak perlu lagi punya banyak kode QR di usahamu, karena pembayaran kode QR dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran bisa dilakukan dengan satu kode QR.

Ditambah, QRIS menggunakan kode QR standar internasional EMV Co. yang sudah dipakai di berbagai negara seperti India, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan. Jadi, usaha yang sudah menggunakan QRIS juga dapat menerima pembayaran langsung dari aplikasi pembayaran mereka.

Selain memudahkan pembayaran kode QR, biaya transaksi menggunakan QRIS juga sudah diseragamkan untuk seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (GoPay, Ovo, Dana, LinkAja, BCA, dsb.) yang merupakan kebijakan dari Bank Indonesia dalam Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia Nomor: 21/1/KEP.DG/2019.

Ayo ganti kode QR dengan yang sudah distandarisasi yaitu QRIS!

FAQ

Tentang QRIS

  • Apa itu QRIS? QRIS adalah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia. Melalui QRIS, seluruh pembayaran kode QR dapat dilakukan dengan scan ke 1 kode QR yang sama; meskipun metode/aplikasi pembayaran yang digunakan berbeda-beda.
  • Apa manfaat menggunakan QRIS?
    • Mudah dalam menerima pembayaran kode QR. Cukup dengan 1 kode QR, kamu bisa menerima pembayaran dari pelanggan menggunakan metode/aplikasi manapun yang menggunakan metode scan QR; sehingga dapat memperluas pangsa pasar pembayaran non-tunai. Ditambah, tidak perlu lagi membutuhkan banyak ruang untuk menyiapkan berbagai kode QR.
    • Pelanggan dapat lebih fleksibel dalam memilih metode pembayaran kode QR. Pelanggan dapat memilih untuk membayar dengan metode/ aplikasi apapun lalu melakukan scan ke 1 kode QR saja.
  • Aplikasi pembayaran apa saja yang bisa menggunakan QRIS? QRIS bisa menerima pembayaran dari OVO, Dana, LinkAja, atau bahkan beberapa mobile banking yang sudah memiliki QR scanner (seperti BCA, Sinarmas, Maybank, CIMB, dan lain-lain).
  • Apa perbedaan static QR GoPay dengan static QRIS GoPay?
Contoh static QR GoPay
Contoh static QRIS GoPay

Cara memperoleh QRIS GoPay

  • Kapan saya akan menerima QRIS GoPay?
    • Untuk kamu yang sudah menggunakan QR GoPay di GoBiz, update aplikasimu sebelum 1 Januari 2020.
    • Untuk kamu yang sudah menggunakan stiker static QR GoPay, kamu akan menerima kode QR baru (QRIS GoPay) mulai dari 15 Desember 2019 – 15 Januari 2020. Tim kami akan menghubungi dan mengunjungi usahamu untuk melakukan penggantian sticker.
  • Bagaimana apabila sampai dengan batas akhir waktu tersebut saya belum menerima QRIS GoPay? Kamu tetap dapat menerima pembayaran melalui kode QR GoPay sampai dengan QRIS GoPay diterima.
  • Ke mana saya harus menghubungi apabila sampai akhir batas waktu tersebut saya belum menerima QRIS GoPay? Mohon menghubungi 1500171 atau mitrausaha@gojek.com dengan subject “Penggantian QR GoPay menjadi QRIS GoPay” untuk mengajukan penggantian kode QR menjadi QRIS.

Setelah menerima QRIS GoPay

  • Apakah saya masih bisa menerima pembayaran melalui kode QR GoPay? Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, per 1 Januari 2020, seluruh kode QR yang digunakan harus sesuai dengan standar QRIS. Oleh karena itu, apabila kamu sudah memperoleh QRIS GoPay yang baru, kode QR yang lama tidak perlu lagi digunakan.
  • Apa yang harus saya lakukan dengan kode QR GoPay? Maksimal 14 hari sejak QRIS GoPay diterima, kamu akan diminta untuk melepas kode QR GoPay dan menyimpannya.

Status pembayaran dan proses pencairan dana QRIS

  • Bagaimana cara mengetahui status pembayaran apabila pembayaran dilakukan dengan metode pembayaran lain (misal: OVO, Dana, Mobile Banking BCA, dsb.)?
    • Untuk kamu yang menggunakan GoBiz, kamu akan tetap mendapat rincian pembayaran yang dapat diakses melalui GoBiz.
    • Untuk kamu yang belum menggunakan GoBiz, kamu akan memperoleh SMS ke nomor terdaftar pada setiap pembayaran pelanggan yang berhasil.
  • Bagaimana cara menerima pencairan dana? Apakah perlu untuk mendownload aplikasi merchant dari OVO, Dana, dan lain-lain? Tidak perlu. Pembayaran akan dicairkan ke rekening yang terdaftar di GoPay sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini.

Jadi, tunggu apalagi? Persiapkan usahamu untuk menyambut QRIS!

Read more about:

Artikel Terkait

Lihat Laporan Jadi Lebih Mudah dengan GoBiz Dashboard

Apa itu GoBiz Dashboard? Dashboard lengkap khusus bagi Mitra Usaha Gojek untuk selengkapnya

Ikut Rekomendasi Promo GoPay Langsung dari Aplikasi GoBiz

Ingin meningkatkan transaksi dan pendapatan? Atau mendapatkan pelanggan baru? Semuanya selengkapnya