GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

QRIS adalah Hal Penting untuk Usaha Anda, Alasannya?

QRIS adalah Hal Penting untuk Usaha Anda, Alasannya? – Masih ingatkah Anda ke masa-masa di mana setiap metode pembayaran online memiliki QR Code-nya masing-masing? Satu gerai saja bisa-bisa memajang dua hingga tiga info QR Code dari saluran pembayaran yang berbeda.

Banyaknya jumlah ini pun secara perlahan dinilai kurang efektif untuk kedua sisi, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Karenanya, kini muncul apa yang dinamakan QRIS untuk memudahkan transaksi.

Dengan QRIS, para pengusaha tak perlu lagi memajang banyak-banyak QR Code, melainkan cukup menampilkan satu QRIS saja untuk semua metode pembayaran digital. Supaya lebih jelas, mari kita simak penjelasan QRIS selengkapnya berikut ini!


QRIS adalah…

qris adalah

Pertama-tama, apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesia Standard. Kehadiran QRIS sendiri bertujuan untuk menstandardisasi pembayaran digital di Indonesia dengan QR Code yang diberlakukan oleh Bank Indonesia, dengan menggandeng Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Sistem ini terdiri atas serangkaian kode yang berisi data juga informasi. Biasanya, data itu berupa data nama badan usaha, nominal transaksi yang harus dibayarkan, serta mata uang yang bisa dibaca dengan alat tertentu. QRIS ini berbentuk QR Code (barcode) dan telah terintegrasi dengan banyak sistem pembayaran.

Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem QR Code pun kini wajib menggunakan QRIS. Tak sembarangan, peraturan ini sudah diatur dalam No. 21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan adanya kecurangan atau transaksi mencurigakan saat bertransaksi.

Baca Juga: Perbedaan QRIS Statis dan Dinamis


Kelebihan QRIS untuk Pengusaha

Dengan menerapkan sistem pembayaran QRIS dalam bisnis, tentu ada sejumlah manfaat dan keuntungan yang akan didapat pengusaha.

Pertama, proses transaksi menjadi lebih cepat. Konsumen tak perlu menunggu perhitungan transaksi, Anda pun tak perlu repot menghitung uang yang diterima dan menyiapkan uang kembalian.

Dari segi biaya pun, QRIS menerapkan biaya lebih terjangkau untuk pengusaha. Pasalnya untuk saat ini, BI masih memperpanjang kebijakan gratis biaya transaksi nontunai lewat pembayaran QRIS yang akan dibebankan ke toko.

Keuntungan lainnya, sistem pembayaran QRIS juga lebih aman, baik untuk pengusaha maupun konsumen. Proses pembayaran juga jadi lebih cepat, sehingga konsumen yang sedang mengantre tidak perlu menunggu lama.


Kelebihan QRIS untuk Konsumen

Selain memiliki kelebihan untuk pengusaha, sistem pembayaran QRIS juga tentunya menawarkan sejumlah manfaat untuk konsumen.

Seperti yang dibahas sebelumnya, transaksi dengan QRIS lebih aman karena konsumen tidak perlu memasukkan PIN atau kode khusus untuk melanjutkan transaksi. Konsumen tinggal scan QR Code saja dan saldo rekening atau e-wallet pun otomatis berkurang sesuai jumlah transaksi. 

Khusus konsumen dengan mobilitas tinggi, pembayaran dengan QRIS juga sangat menghemat waktu. Transaksi bisa diselesaikan dalam hitungan detik, selama ada koneksi internet.

Sudahlah tak perlu menunggu kembalian, tak perlu memasukkan PIN atau kode khusus, QRIS pun terjamin aman! Tak heran, bila pembayaran menggunakan QRIS makin disukai banyak orang saat berbelanja.


Jenis-Jenis QRIS 

qris adalah

Ada dua jenis QRIS yang harus Anda ketahui. Jenis ini dibagi berdasarkan QR Code-nya. Pertama ada QRIS statis, yakni QR Code yang bersifat fixed atau tidak dapat diubah lagi.

Artinya, saat QR Code ini disertai dengan link di dalamnya, maka link tersebut tidak bisa diubah lagi. Link yang disertakan ini bisa bermacam-macam, mulai dari nomor rekening hingga nomor e-wallet.

Jenis QRIS lainnya adalah QRIS dinamis. Data yang tersemat dalam QR Code bersifat fleksibel dan bisa diubah-ubah sesuai keperluan. Jadi, jika pengusaha ingin menambah nomor rekening yang baru, QR Code ini bisa disesuaikan dengan data yang baru. Biasanya, QRIS dinamis ini berbayar karena bisa digunakan berkali-kali.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Bertahan di Tengah Masa Krisis Usaha


Cara Mendaftarkan Usaha Anda untuk Pembayaran QRIS adalah…

Semua usaha bisa didaftarkan untuk mendapatkan QRIS. Misalnya saja, Anda bisa mendaftarkannya ke bank atau perusahaan dompet digital seperti GoPay. Nah, untuk mendapatkan QRIS GoPay, Anda harus bergabung dan mengunduh aplikasi GoBiz di gawai Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, pastikan aplikasi GoBiz yang Anda miliki sudah merupakan versi terbaru.

Setelahnya, buka aplikasi GoBiz, lalu masuk ke menu “Bayar” dan pilih “Lihat manfaat QRIS”. Di bagian ini, Anda dapat mempelajari manfaat QRIS terlebih dahulu. Jika sudah, klik “Lihat rincian biaya”. Setelahnya, pelajari biaya yang dibebankan untuk setiap transaksi QRIS. Jika setuju, klik “Daftar Sekarang”. Masukkan kode pos usaha, lalu setujui “Syarat dan Ketentuan”.

Klik tanda “centang”, lalu klik “Kirim & aktifkan QRIS”. Saat “Proses Aktivasi QRIS” dimulai, Anda bisa menerima pembayaran QRIS paling lambat dalam tujuh hari kerja. Ketika sudah berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email dan aplikasi GoBiz.

GoBiz PLUS menawarkan banyak benefit bagi pengusaha. Sekarang giliran Anda menikmati kemudahan GoBiz PLUS dalam memajukan usaha Anda. Daftar sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya