QRIS: Solusi Pembayaran Nontunai Untuk Usaha Anda – Apakah Anda ingat ketika setiap sistem pembayaran online memiliki kode QR yang berbeda? Bahkan, sebuah toko mungkin harus menampilkan beberapa kode QR dari berbagai saluran pembayaran yang berbeda. Banyaknya kode QR yang ditampilkan dianggap tidak efisien baik bagi penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, QRIS hadir untuk mempermudah transaksi.
Dengan QRIS, para pengusaha tidak perlu menampilkan banyak kode QR. Cukup dengan menampilkan satu QRIS saja untuk semua metode pembayaran digital. Untuk informasi lebih rinci, mari kita lihat penjelasan lengkap tentang QRIS berikut ini!
QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Indonesia Standard. Kehadiran QRIS sendiri bertujuan untuk menstandarisasi pembayaran digital di Indonesia dengan kode QR yang diberlakukan oleh Bank Indonesia, dengan menggandeng Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).
Sistem ini terdiri atas serangkaian kode yang berisi data juga informasi. Biasanya, data itu berupa data nama badan usaha, nominal transaksi yang harus dibayarkan, serta mata uang yang bisa dibaca dengan alat tertentu. QRIS ini berbentuk kode QR (barcode) dan telah terintegrasi dengan banyak sistem pembayaran.
Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem kode QR pun kini wajib menggunakan QRIS. Tak sembarangan, peraturan ini sudah diatur dalam PADG (Peraturan Anggota Dewan Gubernur) Bank Indonesia No. 21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan adanya kecurangan atau transaksi mencurigakan saat bertransaksi.
Kelebihan QRIS untuk Pemilik Usaha dan Pelanggan
- Untuk Pemilik Usaha
Dengan menerapkan sistem pembayaran QRIS dalam bisnis, tentu ada sejumlah manfaat dan keuntungan yang akan didapat pengusaha.
Pertama, proses transaksi menjadi lebih cepat. Konsumen tak perlu menunggu perhitungan transaksi, Anda pun tak perlu repot menghitung uang yang diterima dan menyiapkan uang kembalian.
Dari segi biaya pun, QRIS menerapkan biaya lebih terjangkau untuk pengusaha. Pasalnya untuk saat ini, Bank Indonesia masih memperpanjang kebijakan gratis biaya transaksi nontunai lewat pembayaran QRIS yang akan dibebankan ke toko.
Keuntungan lainnya, sistem pembayaran QRIS juga lebih aman, baik untuk pengusaha maupun konsumen. Proses pembayaran juga jadi lebih cepat, sehingga konsumen yang sedang mengantri tidak perlu menunggu lama.
- Untuk Konsumen
Seperti yang dibahas sebelumnya, transaksi dengan QRIS lebih aman karena konsumen tidak perlu memasukkan PIN atau kode khusus untuk melanjutkan transaksi. Konsumen tinggal scan QR Code saja dan saldo rekening atau e-wallet pun otomatis berkurang sesuai jumlah transaksi.
Khusus konsumen dengan mobilitas tinggi, pembayaran dengan QRIS juga sangat menghemat waktu. Transaksi bisa diselesaikan dalam hitungan detik, selama ada koneksi internet.
Jenis-Jenis QRIS
Ada dua jenis QRIS yang harus Anda ketahui. Jenis ini dibagi berdasarkan kode QR-nya. Pertama ada QRIS statis, yakni QR Code yang bersifat fixed atau tidak dapat diubah lagi. Artinya, saat QR Code ini disertai dengan link di dalamnya, maka link tersebut tidak bisa diubah lagi. Link yang disertakan ini bisa bermacam-macam, mulai dari nomor rekening hingga nomor e-wallet.
Jenis lainnya adalah QRIS dinamis. Data yang tersemat dalam QR Code bersifat fleksibel dan bisa diubah-ubah sesuai keperluan. Jadi, jika pengusaha ingin menambah nomor rekening yang baru, QR Code ini bisa disesuaikan dengan data yang baru. Biasanya, QRIS dinamis ini berbayar karena bisa digunakan berkali-kali.
Cara Daftar GoPay Merchant Untuk Mendapatkan QRIS GoPay
- Masuk ke halaman https://merchant.gopay.co.id/daftar di HP Anda.
- Klik Belum punya akun? Daftar sekarang! untuk membuat akun baru.
- Masukkan nomor HP Anda.
- Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP Anda.
- Jika sudah masuk ke halaman Daftarkan usaha Anda klik/centang kotak kecil di samping Saya memahami dan menyetujui Syarat & Ketentuan Pemberian Layanan GoPay.
- Masukkan kode pos area usaha Anda
- Selanjutnya, Anda perlu memasukan informasi KTP pemilik usaha, Detail usaha, dan Info rekening bank.
- Setelah melengkapi data yang diperlukan, Anda tinggal menunggu proses verifikasi. Status verifikasi akan kami berikan dalam 1 hari kerja setelah data kami terima melalui email yang Anda gunakan untuk mendaftar. Jika verifikasi belum berhasil, Anda bisa cek alasannya dengan masuk ke halaman https://merchant.gopay.co.id/daftar