GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Itu Profit? Dan 8 Cara Meningkatkannya

7. Perhatikan tagihan dari supplier Anda

Periksa semua tagihan dari pemasok atau supplier Anda secara teliti. Jangan sampai Anda ditagih secara berlebihan untuk barang atau layanan yang belum Anda terima atau ditagih dengan nominal harga yang salah.

8. Atur alur kerja dan sistem serta tinjau ulang struktur operasional untuk efisiensi yang lebih baik

Anda juga dapat merancang ulang alur kerja serta sistem dan struktur operasional perusahaan untuk efisiensi yang lebih baik seperti menyusun ulang proses produksi dan pemasaran, merekayasa ulang ruang kerja fisik, dan lainnya. Hilangkan tugas dan kegiatan yang tidak menambah nilai bagi perusahaan atau pelanggan Anda.

Berikan staf Anda gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana masing-masing fungsi berkontribusi terhadap profitabilitas perusahaan. Setiap anggota tim merupakan agen perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas.

Berhati-hatilah dengan biaya riset dan pengembangan atau Research & Development “tersembunyi” untuk proyek-proyek sampingan atau proyek dengan skala kecil yang tidak sesuai dengan rencana strategis perusahaan Anda. Pergunakan juga tim R&D Anda dengan lebih efisien untuk mencari cara-cara baru untuk menciptakan produk atau layanan yang akan Anda jual ke pasar.

Anda juga dapat mempertimbangkan menjual atau menghapus inventaris lama. Mengapa Anda tetap mengeluarkan biaya untuk menyimpan barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan?

Tips-tips diatas merupakan hal-hal yang dapat Anda coba untuk meningkatkan tingkat profitabilitas perusahaan Anda. Teruslah bereksperimen, melakukan eksplorasi, dan meninjau serta mengatur ulang struktur organisasi dan operasional Anda untuk terus menghasilkan cara baru dalam meningkatkan keuntungan Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya