GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Turut Ikut Jaga Lingkungan dengan Fitur Pilihan Alat Makan, yuk!

Menipisnya lapisan ozon yang berdampak besar pada pemanasan global membuat banyak orang kini semakin peduli untuk menjaga lingkungan. Berbagai cara pun banyak dilakukan untuk menghindari pemanasan global tersebut, salah satunya dengan mengurangi sampah plastik dan limbah anorganik. 

Untuk mendukung gerakan dan niat baik tersebut, pada GoBiz 3.44 tersedia pilihan bagi pelanggan yang ingin turut berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik dan menghindari limbah anorganik. Pelanggan kini bisa memilih untuk memesan menggunakan alat makan maupun tidak dengan menuliskannya di catatan pesanan. 

Pilihan pelanggan mengenai permintaan alat makan ini dapat dilihat oleh Mitra Usaha melalui detail informasi pada halaman Daftar pesanan GoFood dan halaman Detail pesanan di GoBiz. 


Keuntungan Fitur Pilihan Alat Makan

1. Mengurangi limbah

Dengan adanya fitur pilihan alat makan ini, Mitra Usaha dapat turut serta bersama Gojek untuk memenuhi komitmen Zero Waste pada 2030. Mitra Usaha juga ikut berpartisipasi dalam mengurangi sampah anorganik yang dapat dihindari oleh pelanggan melalui pemesanan GoFood terutama untuk peralatan makan.

2. Mengurangi biaya operasional

Fitur ini juga memberi keuntungan bagi Mitra Usaha agar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya peralatan makan yang lebih banyak, khususnya untuk pesanan yang tidak menginginkan peralatan makan atau sedotan. 


Cara Pelanggan Memesan Alat Makan

  1. Setelah pelanggan sudah memilih menu yang ingin dipesan, pelanggan perlu klik Alat makan atau sedotan untuk meminta alat makan pada halaman Ringkasan pesanan. Jika sudah, klik Pesan dan antar sekarang untuk membuat pesanan.
  1. Setelah pesanan sudah dibuat, pelanggan dapat melihat informasi alat makan pada halaman pesanan aktif seperti pesanan dengan alat makan (A) ataupun pesanan tanpa alat makan (B).
  1. Setelah pesanan selesai, pelanggan nantinya akan mendapatkan tambahan pilihan untuk alasan ulasan pesanan yang baru terkait dengan alat makan. Ulasan ini berlaku untuk pelanggan yang memesan alat makan maupun tidak. Ada 3 tipe pilihan ulasan yang bisa Anda pilih: 
  • Ulasan jika pelanggan memberikan rating 5 bintang. 
  • Ulasan jika pelanggan memberikan rating kurang dari 5 bintang dan memesan dengan alat makan. 
  • Ulasan jika pelanggan memberikan rating kurang dari 5 bintang dan memesan tanpa alat makan. 

Tampilan Pesanan pada Halaman Daftar Pesanan

  1. Jika Pelanggan memesan tanpa alat makan, maka Mitra Usaha dapat melihat informasi tersebut pada halaman Daftar pesanan dengan keterangan Tanpa alat makan/sedotan
  1. Jika Pelanggan memesan dengan alat makan, maka Mitra Usaha dapat melihat informasi tersebut pada halaman Daftar pesanan dengan keterangan Minta alat makan/sedotan. Dengan begitu, Mitra Usaha dapat menyediakan alat makan untuk pesanan tersebut.
  1. Untuk mendapatkan detail informasi lebih lanjut terkait keterangan pilihan alat makan dari pelanggan, Mitra Usaha dapat klik tombol tanda panah di samping keterangan alat makan pada halaman Daftar pesanan. Klik Oke, siap jika Mitra Usaha sudah membaca informasi tersebut. 

Tampilan Struk Pesanan dengan Informasi Alat Makan

Mitra Usaha juga dapat melihat tambahan informasi terkait pemesanan alat makan pada struk pesanan yang dicetak. 


Tampilan Mitra Driver dengan Informasi Alat Makan

Mitra Driver juga bisa melihat detail keterangan mengenai pemesanan alat makan pada halaman Pesanan di aplikasi Mitra Driver. Caranya, yakni dengan klik Lihat pesanan pada pesanan yang sedang berjalan. 

Bagaimana, siap untuk turut berpartisipasi dalam komitmen Zero Waste bersama Gojek? Yuk update aplikasi GoBiz Anda sekarang dan rasakan berbagai keuntungan fitur pilihan alat makan bagi pelanggan. 


*Fitur ini akan di-update secara bertahap. Mitra Usaha dapat memeriksanya secara berkala

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pembayaran Cashless, Seberapa Penting untuk Bisnis Saat Ini?

Popularitas pembayaran cashless telah mengalami peningkatan setelah pandemi Covid-19 selengkapnya

Cari Tahu Biaya Transaksi QRIS bagi Merchant di Sini!

Saat ini, metode pembayaran QRIS menjadi pilihan sebagian besar konsumen yang selengkapnya