FAQ
1. Dimana saya dapat melihat laporan penjualan saya dari Payment Link ?
Laporan penjualan bisa Anda pantau langsung di aplikasi GoBiz pada tab Transaksi dan di GoBiz dashboard dari sumber “GoPay Online”.
Ketika pelanggan mengirimkan bukti pembayaran, mohon pastikan kembali pesanan berada di tab “Transaksi” sebelum Anda mengirimkan pesanan tersebut.
2. Berapa biaya dalam menggunakan Payment Link ?
Tidak ada biaya layanan tambahan dalam menggunakan link pembayaran ini. Namun, terdapat biaya MDR / biaya transaksi dari QRIS/GoPay jika pelanggan sudah berhasil membayar sebesar 0.7%
3. Bagaimana cara saya menggunakan Payment Link ?
- Buka aplikasi GoBiz
- Buka tab Bayar
- Masukkan nominal pesanan pelanggan, sudah dijumlahkan dengan biaya antar (jika ada)
- Klik Payment Link
- Bagikan link tersebut ke pelanggan Anda via Whatsapp atau aplikasi chat lainnya
- Pelanggan dapat membayar via uang elektonik melalui link tersebut:
- Jika pelanggan membuka menggunakan HP, pembayaran akan dilakukan menggunakan GoPay
- Jika pelanggan membuka menggunakan laptop / dekstop, pembayaran dapat dilakukan menggunakan e-Wallet yang mendukung QRIS
- Transaksi yang berhasil dibayar akan muncul pada tab Transaksi di aplikasi GoBiz Anda
- Kirimkan pesanan ke pelanggan
4. Bagaimana cara pelanggan membayar?
Pelanggan dapat membayar via yang elektronik melalui link tersebut:
- Jika pelanggan membuka menggunakan handphone, pembayaran akan dilakukan menggunakan GoPay
- Jika pelanggan membuka menggunakan laptop / dekstop, pembayaran dapat dilakukan menggunakan uang elektronik yang mendukung QRIS
5. Bagaimana cara pelanggan membayar jika pelanggan menggunakan handphone?
- Klik link dari Payment Link
- Pada halaman berikut, klik Pay now with GoPay
- Pelanggan akan langsung masuk ke aplikasi Gojek
- Pastikan nominal yang muncul di aplikasi Gojek sudah sesuai
- Masukan PIN
- Pembayaran berhasil
6. Bagaimana cara pelanggan membayar jika pelanggan menggunakan laptop / desktop?
- Klik link dari Payment Link
- Akan muncul halaman yang berisikan nominal pesanan
- Pastikan nominal sudah sesuai lalu pilih Pembayaran QR
- Kode QRIS akan muncul
- Buka aplikasi Gojek / aplikasi uang elektronik lainnya dan scan QRIS tersebut
- Masukan PIN
- Pembayaran berhasil
7. Berapa lama proses pencairan dana dari metode pembayaran Payment Link ?
Proses pencairan dana akan sama seperti metode pembayaran lainnya; setiap hari.
9. Bagaimana cara saya mendapatkan metode pembayaran baru ini?
Metode pembayaran baru ini hanya tersedia untuk mitra usaha yang sudah mengaktifkan layanan GoPay. Silakan melakukan update terbaru pada aplikasi GoBiz Anda (pastikan mempunyai GoBiz versi 3.17.1)
10. Apakah saya bisa membagikan link yang sama ke pelanggan yang berbeda apabila nominalnya sama?
Bisa dengan menggunakan Payment Link mode Advance. Di mode Advance, Anda bisa mengatur berapa kali link tersebut bisa digunakan.
11. Dimana saya dapat melihat transaksi yang belum dibayar oleh pelanggan saya?Anda dapat melihat transaksi yang sudah berhasil dibayarkan oleh pelanggan pada tab Transaksi. Untuk melihat status dari semua Payment Link yang sudah dibuat, Anda bisa ke tab Lainnya dan pilih Payment Link.