Berhati-hati merupakan salah satu kunci untuk tetap aman di tengah maraknya penipuan online. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, biasanya Kang Tipu akan menyamar sebagai pihak GoBiz atau Gojek dan memaksa Anda untuk melakukan hal-hal yang mencurigakan.
Misalnya, meminta data sensitif, seperti kode OTP, nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, juga kode PIN. Jika dihadapkan pada posisi tersebut, apa yang harus dilakukan sebagai pemilik usaha, ya?
Dalam sesi Instagram Live JAGA pada 26 April lalu, Ibu Novita dari Bassnana Kerang bersama dengan Tiffany Irianto, Product Marketing Manager GoBiz, membagikan empat langkah mudah yang dapat Anda lakukan saat dihubungi Kang Tipu. Cek bersama, yuk!
JAGA Usaha dari Penipuan Online dengan 4 Hal Berikut Ini
1. STOP! Berhenti Sejenak dan Jangan Langsung Berikan Respon
Hindari untuk merasa terlalu cepat senang ataupun takut saat dihubungi pihak mencurigakan, karena Kang Tipu biasanya akan menggunakan ragam manipulasi psikologis, baik itu dengan mengancam maupun memberi iming-iming palsu.
Sebagai contoh, Kang Tipu memberi tahu bahwa Anda memenangkan hadiah jutaan rupiah padahal sedang tidak ada program/promo apa pun. Hadiah tersebut bisa Anda dapatkan jika memberikan info usaha yang bersifat rahasia ke Kang Tipu.
Apabila menghadapi situasi tersebut, sebaiknya Anda berhenti sejenak sehingga dapat berpikir dengan lebih tenang. Jika hal ini tampak mencurigakan, sebaiknya jangan pedulikan.
2. Pastikan Anda Dihubungi Melalui Kanal Resmi GoBiz/Gojek
Langkah berikutnya, pastikan pihak yang menghubungi Anda menggunakan kanal resmi GoBiz atau Gojek. Adapun yang termasuk dalam kanal resmi GoBiz adalah:
– WhatsApp: Akun bercentang biru atau nomor pihak sales resmi yang sudah Anda kenali sebelumnya
– SMS: Nomor tidak terlihat, tetapi bertuliskan GOJEK sebagai pengirimnya.
– Instagram: @gobizindonesia atau @gojekindonesia dengan centang biru
– Email: [email protected], email dengan domain @gojek.com, atau @aux-gojek.com
Jika menggunakan kanal komunikasi di luar empat saluran resmi tersebut, dapat dipastikan pihak tersebut bukan dari GoBiz atau Gojek.
3. Konfirmasi Pesan melalui Grup GoFood Partners atau Sales Resmi GoBiz
Jika Anda masih merasa ragu, Anda dapat meminta bantuan dari berbagai pihak seperti mengonfirmasi pesan tersebut di grup Telegram GoFood Partners atau menghubungi tim sales yang sudah Anda kenali.
4. Selalu Ingat JAGA
Masih ingat kan, apa itu JAGA? Jangan lupa untuk selalu terapkan, ya.
J: Jangan transfer uang ke siapa pun.
A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll.
G: Gunakan fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda.
A: Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz.
Sebagai kesimpulan cara ampuh untuk menghadapi Kang Tipu adalah dengan tidak terburu-buru dan langsung mengikuti kemauan mereka. Selalu ingat JAGA, ya!
Di sisi lain, jangan lupa untuk ikut sesi Instagram Live JAGA setiap bulannya di Instagram @gobizindonesia dan JAGA usaha Anda selalu #AmanBersamaGojek!