GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

30 Contoh Usaha Kecil yang Menjanjikan Untung Besar

Memiliki usaha kecil-kecilan adalah mimpi banyak orang, entah itu dari kalangan pekerja kantoran, ibu rumah tangga, remaja, dan lain-lain. Usaha kecil-kecilan di rumah misalnya, bisa memberi penghasilan tambahan. Uang mengalir, meski tak langsung deras, namun, tetap membuat dompet lebih lega.

Usaha kecil-kecilan juga diminati karena ia tidak menuntut modal besar. Bahkan, bisa juga nol modal, seperti pada usaha-usaha broker atau perantara. Oleh karena itu, dalam memulai usaha, yang membedakan satu pengusaha dengan entrepreneur lainnya adalah imajinasi. 

Hal-hal tersebut juga perlu dipikirkan oleh pemilik usaha kecil-kecilan. Berikut tips memulai usaha kecil-kecilan.

5 Tips memulai usaha kecil-kecilan

1. Terbuka pada ide usaha

Ide usaha bisa didapatkan di mana saja. Anda hanya perlu membuka pikiran Anda seluas-luasnya. Anda perlu responsif terhadap apa yang Anda dengar, rasa, dan lihat. Kenali tren yang terjadi di sekitar Anda. Di situlah terdapat peluang Anda. Apa yang diinginkan orang-orang? Apa yang mereka cari? Apakah hal tersebut sudah terpenuhi oleh produk atau layanan yang ada di pasaran? Bila belum, mungkin itu ide usaha kecil-kecilan yang cocok untuk Anda.

2. Buat Rencana & Survey Pasar

Masuki lebih dalam situasi yang berkaitan dengan usaha Anda. Seberapa ketat persaingan yang ada? Bagaimana usaha lain menciptakan produk mereka? Apakah pasar ini sudah terlalu penuh? Dari sini Anda akan memiliki gambaran yang lebih spesifik tentang usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan. Dan Anda bisa mulai mendefinisikan visi misi Anda dalam membuat usaha kecil-kecilan ini.

3. Kalkulasi Modal dan Perkirakan Laba

Modal bisa berupa prasarana, uang atau tenaga. Semuanya itu menjadi batu loncatan Anda untuk membuat usaha Anda terbang landas. Prasarana bisa berupa kendaraan bisnis, alat masak, ruang usaha, atau alat komunikasi. Uang bisa berjumlah kecil atau besar. Bisa berasal dari tabungan Anda, donasi, atau pinjaman. Tenaga adalah manpower, tenaga manusia yang menggerakkan semua modal itu. Misal, koki yang memasak, orang yang memasarkan usaha kecil-kecilan, dan lain-lain.

4. Cari partner kerja

Carilah partner kerja bila Anda merasa Anda tidak menguasai suatu aspek dalam usaha kecil-kecilan Anda. Cari orang yang lebih pintar dari Anda, begitu saran banyak entrepreneur sukses. Dengan begitu, seperti mendayung sebuah sampan, Anda akan mendorong usaha maju ke depan karena didayung dari kedua sisi. Jika Anda hanya mengembangkan usaha dari sisi yang Anda kuasai saja, usaha kecil-kecilan Anda hanya akan berputar-putar di tempat.

5. Bangun jaringan

Jaringan personal sangatlah membantu di fase-fase awal usaha kecil-kecilan Anda. Anda tidak perlu sewa billboard untuk mempromosikan produk Anda. Sampaikan saja pada teman-teman dalam circle Anda, dan informasi itu akan tersebar dari mulut ke mulut.

30 Contoh Usaha Kecil yang Menjanjikan Untung Besar

Nah, jika saat ini Anda masih mencari ide usaha kuliner yang menjanjikan, Anda bisa mengikuti beberapa ide berikut ini. Barangkali Anda justru akan menemukan cara membuat ide-ide ini menjadi lebih spesifik dan menarik untuk dijalankan. Jadi, mari kita mulai.

1. Aneka Jenis Gorengan – 800 ribu
Siapa yang tak kenal gorengan? Usaha kuliner modal kecil ini dijual dan mudah ditemui di seluruh Pulau Jawa, gorengan adalah kawan bercakap yang nikmat. Jenis-jenis gorengan bisa berupa tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, molen, dan lain-lain.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya