GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Helper adalah Pekerja Gudang? Ini Penjelasan Tugasnya

Dalam sebuah usaha, biasanya ada banyak posisi pekerjaan untuk mendukung kelancaran operasional usaha tersebut, salah satunya termasuk helper. Ya, posisi helper tentu sudah tidak asing Anda dengar. Namun, sayangnya belum banyak orang tahu apa itu helper. Padahal, helper adalah posisi yang vital dan sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha. 

Baca juga: Ini SOP Kasir Restoran Sebenarnya Selain Melayani Pembayaran


Pengertian Helper adalah Sebagai Berikut

Helper adalah pekerja pembantu yang tidak memiliki spesialisasi tertentu. Tim biasa menyebutnya pembantu serbabisa. Meski begitu, keberadaannya begitu dibutuhkan karena ia bertugas membantu pekerjaan para karyawan dengan spesialisasi tertentu yang bekerja secara manual. Biasanya, ia akan banyak berada di gudang dan membantu pekerjaan karyawan yang mengurusi sirkulasi barang. 

Namun, helper juga bisa diartikan sebagai petugas gudang yang memiliki tugas menerima barang dan mengatur barang keluar. Mereka bahkan mengatur bagaimana barang produksi disimpan, hingga menjaga gudang penyimpanan. Dalam menjalankan tugasnya ini, petugas gudang memiliki beberapa tanggung jawab yang selalu dikerjakan.

Baca juga: Kemitraan adalah Kerja Sama Penting dalam Usaha, Bagaimana Maksudnya?


5 Tugas Seorang Helper

helper adalah
(Image Source: Freepik)

Beberapa tugas seorang petugas gudang sendiri meliputi mengatur barang produksi, memastikan stok, mencatat barang, membuat laporan, hingga melakukan pengelompokan barang. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

1. Mengatur barang produksi

Tugas pertamanya adalah membantu mengatur barang yang baru saja selesai diproduksi ke gudang. Saat hendak memasukkan barang ke gudang ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang petugas gudang, yakni:

  • Ia harus bisa menyesuaikan identitas barang dan tipenya di tempat penyimpanan barang.
  • Memastikan penyimpanan bahan baku dari supplier ke tempat penyimpanan dengan baik dan benar.

2. Memastikan stok

Selanjutnya, tugas petugas gudang adalah memastikan stok yang ada di gudang. Petugas gudang harus melakukan penghitungan jumlah barang yang akan tim pakai. Selain itu, petugas gudang juga wajib memastikan ketersediaan stok barang tertentu sesuai dengan standarnya. Dalam melakukan tugas ini, biasanya petugas gudang akan dibantu atau berkomunikasi dengan bagian lain.

3. Mencatat barang

Kemudian, tugas petugas gudang selanjutnya adalah mencatat barang sesuai dengan yang ada di lapangan. Helper wajib memastikan tidak ada perbedaan dalam catatan dengan yang sebenarnya ada di gudang. Selain itu, petugas gudang juga bertugas menyederhanakan pencatatan agar lebih mudah tim lain mengerti.

4. Membuat laporan

Dalam menjalankan semua tugas di atas, tentu petugas gudang akan turut membuat laporan detail mengenai barang yang datang, barang keluar, stok barang, dan sebagainya. Petugas gudang wajib membuat laporan tersebut untuk akhirnya diberikan atau dilaporkan pada atasan. Hal yang perlu diingat  petugas gudang adalah bahwa laporan tersebut harus diberikan setiap harinya agar tidak ada kesalahan fatal.

5. Melakukan pengelompokan barang

Tugas terakhir yang wajib dilakukan petugas gudang yakni melakukan pengelompokan barang di gudang. Dalam pengelompokan barang, petugas gudang wajib memastikan barang sudah dikelompokkan dengan benar sesuai panduan atau ketentuan dari perusahaan. Karena banyaknya hal yang harus dilakukan petugas gudang dalam mengelompokkan barang ini, biasanya proses pengelompokan barang akan memakan waktu yang cukup lama hingga berhari-hari.

Nah, setelah dikelompokkan, petugas gudang akan menyimpan barang ke dalam gudang. Namun, sebelum disimpan, ada beberapa hal yang wajib ia lakukan, yakni:

  • Melakukan pendataan barang dan diinput ke dalam data base kantor.
  • Pendataan barang ini harus sesuai dengan ketentuan perusahaan seperti nama, tipe barang, jumlah barang, tempat di mana disimpan, hingga pemilik barang.
  • Memberikan barcode atau cap pada barang untuk memudahkan pengecekan.
  • Kembali melakukan pengecekan atas kesesuaian barang.
  • Jika sudah, barang kemudian bisa disimpan di tempat penyimpanan yang sudah disiapkan, sesuai dengan kelompok atau kategori barang tersebut.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Mesin EDC dan Fungsinya


Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai apa itu petugas gudang dan apa saja tugas petugas gudang. Helper adalah pekerja yang biasanya membantu banyak hal di bagian gudang dan kerap berurusan dengan barang produksi. 

Namun, meski petugas gudang bisa membantu banyak hal, untuk meningkatkan bisnis, mempekerjakan helper saja tidak cukup. Bergabunglah juga dengan komunitas bisnis untuk mendapatkan lebih banyak ilmu. Saat ini, ada berbagai komunitas yang bisa menjadi wadah bagi para pelaku UMKM, salah satunya Komunitas Partner Go Food atau KOMPAG. 

KOMPAG adalah wadah atau tempat untuk semua partner GoFood. Di sini, pelaku usaha bisa berkenalan dengan banyak orang, belajar, dan mendapatkan inspirasi. Cara daftar komunitas partner GoFood pun terbilang mudah. Tak hanya itu, ada banyak juga manfaat yang bisa didapat dengan bergabung bersama KOMPAG. Yuk, gabung KOMPAG dan mari bersama-sama mengembangkan usaha!

aplikasi umkm

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya