GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tingkatkan Kepercayaan dengan Fitur Balas Ulasan Pelanggan di Aplikasi GoBiz, Yuk!

Siapa yang tak senang bila dapat ulasan bagus dari pelanggan? Misalnya seperti, “Makanannya enak banget dan packaging-nya aman!” atau “Harganya murah, porsinya banyak, bakalan order lagi!”.

Ya, ulasan merupakan hal penting yang mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha Anda. Apalagi, ulasan yang baik bisa meyakinkan pelanggan lain untuk membeli makanan atau minuman dari resto Anda, lho. Artinya, penjualan pun bisa meningkat dan pelanggan pun bisa jadi lebih setia.

Namun, setelah dapat ulasan dari pelanggan, apa yang harus dilakukan pemilik usaha selanjutnya? Jawabannya adalah balas ulasan pelanggan. Nah, kabar baik bagi Mitra Usaha GoFood, kini Anda bisa menikmati fitur Balas Ulasan Pelanggan*, langsung dari aplikasi GoBiz! Menarik, bukan?

Penasaran? Ayo, simak informasi selengkapnya mengenai fitur terbaru ini.

Panduan Menulis Balasan Ulasan Pelanggan

  1. Tunjukkan apresiasi Anda karena pelanggan sudah menulis ulasan. Panjang ulasan 20-4.000 karakter.
  2. Gunakanlah kata yang sopan dan hindari penggunaan kata bersifat vulgar dan/atau SARA (menyinggung).
  3. Anda hanya bisa memberikan 1 kali balasan untuk setiap ulasan. Balasan tidak dapat diubah di kemudian hari.
  4. TIDAK memberikan informasi pribadi, seperti nomor telepon, email, password, dan lainnya.
  5. TIDAK menulis hal-hal yang melanggar hukum, seperti ancaman kekerasan, terorisme, atau intimidasi.
  6. TIDAK menulis balasan berupa link ke halaman di luar aplikasi Gojek/GoBiz atau promosi lain di luar GoFood.

PENTING: Tim GoFood berhak untuk menghapus konten atau balasan ulasan, menghentikan akses akun, atau melakukan aksi legal lainnya terkait percobaan penyalahgunaan lain terkait fitur ini.


Contoh Balasan Ulasan untuk Pelanggan

1. Apabila Anda mendapatkan ulasan positif/baik:

Ekspresikan rasa terima kasih karena pelanggan sudah memberi ulasan. Sarankan mereka untuk memfavoritkan menu Anda, atau beri tahukan pengalaman baik mereka pada teman/keluarga.

  • Contoh 1: Halo Pak/Bu, terima kasih sudah membeli dari resto kami. Kami senang Anda menyukai [nama menu]. Ditunggu pesanan berikutnya, ya Mungkin Anda akan suka [nama menu yang direkomendasikan]. Selamat mencoba. 🙂
  • Contoh 2: Selamat [pagi/siang/malam] Kak, terima kasih untuk review-nya 🙂 Kalau kakak suka dengan resto atau menu kami, jangan lupa difavoritkan, ya. Ditunggu pesanan berikutnya.

2. Apabila Anda mendapatkan ulasan yang buruk/kurang baik:

Anda bisa meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan, memberi penjelasan, serta menawarkan solusi.

  • Contoh 1: Halo Pak/Bu, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami menyadari bahwa ini bukan hal yang kami harapkan dan ulasan Anda sangat membantu kami untuk memperbaiki pelayanan kami ke depannya. Terima kasih atas ulasan Anda.
  • Contoh 2: Selamat [pagi/siang/malam] Kak, kami sangat menyesal kakak harus mengalami ini pada pesanan kakak. Kami akan memperbaikinya dan semoga hal ini tidak terulang di pesanan kakak berikutnya, ya. Terima kasih sudah memberikan informasi ini.

Bagaimana, sudah siap untuk menulis balasan untuk para pelanggan? Yuk, cari tahu dulu panduannya dengan klik tombol ini.

*) Fitur ini dapat digunakan untuk pengguna aplikasi GoBiz versi 3.28 ke atas dan dirilis secara berkala


Dapat Ulasan Buruk dari Pelanggan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan pemilik usaha ketika produk yang dijual mendapat ulasan positif dari para pelanggan. Selain bisa meningkatkan reputasi, usaha Anda bisa semakin dikenal, dipercaya, dan tentunya diserbu banyak pelanggan.

Namun, bagaimana jadinya kalau usaha Anda dapat ulasan buruk dari pelanggan? Jangan khawatir, yuk pelajari selengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Ulasan Buruk?

Anda adalah pemilik usaha kuliner pengguna GoFood? Tahukah Anda, kini Anda bisa menulis Balasan Ulasan Pelanggan, langsung dari aplikasi GoBiz, lho! Apabila di kemudian hari Anda mendapatkan ulasan buruk dari pelanggan, coba ketahui terlebih dahulu ulasan seperti apa yang masuk ke kategori ini.

  1. Spam: ulasan ini sama sekali bukan mengenai outlet atau pesanan yang terdaftar di GoFood.
  2. Tidak relevan: ulasan ini hanya menjelaskan pengalaman pengiriman pesanan, tanpa memberikan informasi mengenai performa pesanan atau usaha kuliner Anda.
  3. Tidak sopan: ulasan buruk dari pelanggan yang mengandung SARA, menyerang kelompok tertentu, mengandung konten ilegal, atau dilarang dan dibatasi oleh hukum.
  4. Iklan: ulasan yang menggiring pengguna GoFood lainnya untuk melakukan pesanan dari tempat lain, termasuk ulasan yang mengandung promosi produk di luar GoFood.

5 Cara Jitu Hadapi Ulasan Buruk dari Pelanggan

1. Tetap tenang

Ini adalah langkah pertama yang penting untuk Anda lakukan. Saat resto Anda dapat ulasan dari pelanggan, cari tahu dahulu apakah ulasan tersebut termasuk ulasan yang kurang baik atau bukan. Tetaplah tenang dan tidak buru-buru menghapusnya. Dengarkan baik-baik keluhan dari pelanggan dan carilah akar masalahnya.

2. Balas ulasan pelanggan dengan bijak

Sebaiknya, Anda cek ulasan dari pelanggan secara reguler. Dengan demikian, apabila ada ulasan buruk dari pelanggan, Anda bisa merespon dengan cepat. 

Kemudian, hindari jawaban template yang tidak memberi solusi karena hal  tersebut malah akan semakin membuat pelanggan tidak puas.

3. Laporkan segera!

Setelah mengetahui bahwa ulasan yang Anda dapat termasuk ulasan buruk yang tidak seharusnya ada, yuk laporkan segera! Tim GoFood akan melakukan pengecekan lebih lanjut sebelum memutuskan untuk menghapus atau tetap menampilkan ulasan pada halaman resto Anda.

Klik di sini untuk lapor ulasan dari pelanggan.

4. Jadikan ulasan sebagai saran perbaikan

Ulasan dari pelanggan tentu bisa jadi bahan introspeksi bagi setiap pemilik usaha, lho! Ketika pelanggan menulis ulasan, itu artinya ia peduli dengan kemajuan usaha Anda.

5. Tingkatkan layanan dan perbanyak ulasan positif

Yuk, fokus untuk tingkatkan kualitas dan layanan resto Anda agar pelanggan makin setia! Jangan lupa ajak para pelanggan untuk memberikan ulasan positif terhadap resto Anda, ya.


Contoh Ulasan dari Pelanggan

Ulasan yang Baik(dan tidak semestinya dihapus)Contoh Ulasan yang Buruk
1. Makanan yang saya pesan terlalu berminyak dan asin sekali. Saya akan lebih suka kalau saosnya ada sedikit rasa manis sehingga rasanya lebih seimbang.

2. Bungkusnya rusak pas sampai. Sup-nya jadi tumpah semua berantakan makanannya jadi basah.

3. Saya sudah tulis di catatan supaya ga pedas tapi tetap dikasih sambel sekarang saya jadi sakit perut deh kepedesan.

4. Tempatnya rame banget driver jadi harus nunggu lama sampai 30 menit!
1. Saya beli (nama menu yang TIDAK Anda jual) dan rasanya gak enak bangetttttt.

2. Driver-nya cakep banget, deh.Enakan di (resto lain) makanan/minumannya, yang di sini gak enak.

3. Ayo beli (nama produk lain) dari (toko lain). Kita lagi ada promo spesial, lho!

4. a****** (kata yang tidak sopan) rugi beli di sini. 🙁

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan bagaimana cara jitu hadapi ulasan buruk dari pelanggan. Yuk, fokus pada hal positif, yakni dengan tingkatkan layanan resto Anda supaya pelanggan makin happy! Semoga berhasil, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kini, Anda Bisa Atur Variasi Menu untuk Semua Outlet Sekaligus di Aplikasi GoBiz 3.32!

Menyediakan berbagai variasi menu tentu bisa menjadi strategi jitu agar pelanggan tak selengkapnya

Cara Bikin Promo GoFood yang Efektif Lewat Fitur Target Segmen Pelanggan

Cara Bikin Promo GoFood yang Efektif Lewat Fitur Target Segmen Pelanggan – Salah selengkapnya