Anda butuh referensi contoh visi misi usaha makanan? Jenis usaha apa pun pasti butuh visi misi, termasuk usaha makanan. Kenapa? Dengan adanya visi misi, usaha Anda bakal lebih terarah dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.
Misalnya, warung makan yang punya visi ingin menjadi restoran besar pasti terus berusaha untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Beda dengan warung makan yang tidak memiliki visi, kemungkinan besar tidak punya tujuan yang jelas dan bahkan cenderung jalan di tempat.
Buat Anda yang masih bingung, berikut adalah contoh visi misi usaha makanan yang bisa jadi inspirasi!
Apa Itu Visi Misi Usaha?
Sebelum masuk ke pembahasan soal contoh usaha visi misi usaha makanan, mari memahami pengertiannya dahulu. Selain punya susunan huruf yang mirip, visi dan misi juga punya arti yang serupa. Ini membuat orang sering kali salah menggunakannya.
Sebenarnya, visi adalah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan, misi adalah cara-cara yang ditempuh untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Jadi, semisal Anda punya visi ingin memiliki restoran yang dikenal banyak orang, maka contoh misinya adalah menghadirkan ragam menu makanan terbaik dengan cita rasa lezat dan pelayanan maksimal.
Mengapa Harus Mengetahui Contoh Visi Misi Usaha Makanan?
Penting tidak, sih, visi misi bagi usaha makanan? Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal, visi misi akan membuat kegiatan usaha Anda lebih terarah. Jika diibaratkan, visi misi adalah kompas untuk usaha makanan. Dengan berpedoman pada kompas, Anda bisa tahu arah yang tepat. Begitu juga dengan visi misi yang jelas, Anda bisa tahu ke mana arah yang harus dituju untuk mengembangkan usaha.
Baca juga: Ini SOP Kasir Restoran Sebenarnya Selain Melayani Pembayaran
Cara Membuat Visi Misi Usaha Makanan
Tidak ada aturan khusus dalam membuat visi misi usaha makanan karena tiap usaha pasti memiliki ritme dan tantangannya sendiri-sendiri. Namun, sebagai langkah awal, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:
1. Tentukan tujuan usaha lebih dulu
Anda bisa mulai dengan menentukan tujuan usaha lebih dulu. Coba ingat-ingat kembali alasan apa yang membuat Anda ingin merintis usaha makanan. Perjelas gambaran tersebut dengan detail yang sesuai. Misalnya, usaha makanan Anda ingin menjual jajanan kekinian yang laris. Untuk visi misi, Anda bisa memperjelas lokasi atau target pasarnya, sehingga menjadi ingin menjual jajanan kekinian yang laris untuk anak-anak.
2. Coba amati usaha makanan yang sudah ada
Jika Anda merasa buntu dan tidak ada ide, coba amati usaha makanan yang sudah ada dan model bisnisnya memang mirip dengan Anda. Cara ini tidak ada salahnya sama sekali untuk dicoba. Namun, pastikan Anda tidak 100% menjiplak visi misi dari usaha lainnya, ya! Dari situ, Anda bisa melakukan modifikasi yang disesuaikan dengan situasi usaha Anda sendiri.
Baca juga: 17 Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan
Contoh Visi Misi Usaha Makanan
Oke, sekarang mari masuk ke pembahasan contoh visi misi usaha makanan. Berikut adalah contoh visi misi dari beberapa jenis usaha makanan yang berbeda.
1. Usaha makanan cepat saji
Tuan Ari menjual makanan cepat saji berupa burger. Sebagai sebuah makanan cepat saji, Tuan Ari ingin burger jualannya jauh dari imej makanan tidak sehat.
- Visi: Menjadi usaha makanan cepat saji yang dikenal luas oleh masyarakat dengan citra positif sebagai hidangan menyehatkan.
- Misi:
- Menyediakan menu makanan dengan bahan-bahan berkualitas;
- Menawarkan menu makanan dengan harga terbaik;
- Menghadirkan pelayanan terbaik yang membuat konsumen merasa puas.
2. Usaha makanan kekinian
Safa berjualan baso aci kemasan yang dijual melalui marketplace. Ia ingin bisnisnya tersebut untung besar dan merek baso aci miliknya dikenal banyak orang.
- Visi: Menjadi usaha makanan online dengan tingkat penjualan yang tinggi.
- Misi:
- Menghadirkan hidangan baso aci dengan cita rasa lezat yang selalu terjamin kualitasnya;
- Memberikan penawaran harga yang menarik melalui promo dan diskon di marketplace.
3. Usaha makanan rumahan
Ibu Zakia berencana membuat warung makan di depan rumahnya. Ia bercita-cita warungnya tersebut bisa punya banyak pelanggan tetap.
- Visi: Menjadi warung makan yang menghadirkan makanan rumahan berkualitas dan terjamin gizinya.
- Misi:
- Menyediakan menu makanan rumahan yang selalu terjaga kebersihan dan gizinya;
- Memberikan pelayanan yang cepat agar pelanggan tidak perlu menunggu lama;
- Menghadirkan pengalaman makan yang hangat seperti di rumah sendiri agar pelanggan merasa betah dan tak ragu untuk datang kembali.
Baca juga: Pasti Untung! Ini 7 Contoh Usaha Kecil-kecilan di Rumah Bermodal Kecil
Semoga contoh visi misi usaha makanan di atas dapat membantu Anda, ya! Selain menentukan visi misi, ada baiknya juga untuk mulai memikirkan soal cara mengembangkan usaha makanan Anda. Salah satu caranya adalah dengan daftar Gofood. Tidak perlu bingung, cara daftar GoFood sangatlah mudah dan tidak butuh waktu lama.
Dengan menjadi Mitra Usaha GoFood, usaha makanan Anda bakal dilihat oleh lebih dari 155 juta pengguna aplikasi Gojek di seluruh Indonesia. Anda bisa terima pesanan lebih cepat dan transaksi pun lebih aman! Tunggu apa lagi? Yuk, daftar jadi Mitra Usaha GoFood sekarang!