Lagi asyik tunggu pesanan, tiba-tiba Bu Rina kedatangan orang aneh! Katanya, sih, utusan dari Gojek dan mau bantu perpanjangan perangkat GoBiz PLUS (dulu namanya SPOTS) dan update software. Walaupun penampilannya normal, ada tiga hal mencurigakan yang oknum ini lakukan, yaitu:
- memaksa untuk membawa pulang perangkat GoBiz PLUS dan butuh 3 hari untuk update software;
- meminta untuk mengisi data sensitif di formulir, seperti nama, alamat, nama usaha, email & ponsel, serta 16 digit nomor kartu ATM;
- meminta biaya perpanjangan yang dibayar secara tunai.
Aneh banget, ya? Tentu saja dia adalah Kang Tipu! Yuk, baca cerita Bu Rina selengkapnya.
Ckckck … ada-ada aja kelakuan Kang Tipu! Untung Bu Rina selalu ingat JAGA dan berani mengusir Kang Tipu. Bu Rina tahu bahwa petugas dan/atau karyawan GoTo Group (Gojek, Tokopedia, dan GoTo Finansial) tidak akan pernah meminta sejumlah uang dan data sensitif ke outlet, khususnya tanpa menyertakan surat tugas.
Setelah kejadian itu, Bu Rina langsung melaporkan Kang Tipu melalui menu Bantuan di aplikasi GoBiz. Fyuuh, hampir saja uang dan perangkat GoBiz PLUS melayang!
Sebagai informasi, GoBiz PLUS tidak pernah meminta biaya untuk perpanjangan masa sewa. Mitra Usaha hanya butuh membayar biaya harian yang langsung dipotong setiap harinya. Jika Anda mempunyai perangkat GoBiz PLUS dengan sistem beli (di harga Rp899.000), pembayaran hanya akan Anda lakukan di awal penerimaan perangkat GoBiz PLUS. Sistem pembayaran juga dilakukan dengan menggunakan Payment Link yang akan dikirimkan ke email yang Anda daftarkan dan tidak menggunakan sistem pembayaran tunai.
Penarikan perangkat GoBiz PLUS dengan alasan tertentu hanya berlaku sesuai dengan prosedur berikut ini:
1. Anda akan mendapatkan email dengan subject – “Penonaktifan SIM Card dan Penarikan Perangkat GoBiz PLUS”.
2. Penarikan akan dilakukan oleh vendor: Step Point Indonesia, Valdo International, atau Beringin Inti Teknologi.
3. Petugas yang datang akan menggunakan kartu pengenal dan membawa surat tugas resmi.
4. Anda dapat memastikan nama petugas yang hadir dengan menghubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek.
Ingat, tidak dipungut biaya apa pun ya!
Berkaca pada apa yang dialami Bu Rina, tentu kita harus senantiasa menjaga keamanan usaha kita. Jika Anda dihadapkan dengan situasi serupa, jangan ragu untuk terapkan JAGA seperti Bu Rina, ya! Masih ingat, kan, apa itu JAGA?
- J: Jangan transfer uang ke siapa pun
- A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll.
- G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
- A: Adukan hal mencurigakan menu Bantuan pada aplikasi GoBiz
Yuk, kita lawan semua akal-akalan Kang Tipu dengan JAGA usaha Anda!