Diskon hingga saat ini menjadi salah satu cara ampuh bagi perusahaan dalam memengaruhi sisi psikologis pelanggan untuk membeli produk tertentu. Namun, di sisi lain Anda perlu berhati-hati dalam memberikan diskon tersebut.
Sebagai pemilik usaha, Anda harus jeli menentukan waktu yang tepat. Sedangkan bagi pelanggan, penting pula untuk mengetahui cara menghitung diskon yang benar. Berikut ulasan tentang diskon yang perlu disimak.
Manfaat Diskon untuk Promosi Usaha
Sebagian orang mungkin bertanya apakah memberikan diskon akan merugikan usaha atau perusahaan Anda?
Sebenarnya, dengan memberikan diskon tidak akan membuat Anda rugi. Justru sebaliknya, adanya diskon yang diberikan akan menguntungkan bagi penjualan produk dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.
Namun, pemberian potongan harga tersebut harus sesuai dengan cara menghitung diskon yang benar.
1. Menarik pelanggan baru
Banyak cara untuk menarik pelanggan dengan berbagai macam promosi. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon. Harga produk yang murah akan memberikan risiko yang minim bagi para pelanggan.
Khususnya dalam hal pengeluaran. Apabila pelanggan dihadapkan pada dua pilihan harga, apakah harus memilih harga normal atau harga murah, tentu akan memilih harga yang lebih murah.
Dengan catatan tidak mengurangi kualitas barang tersebut. Apalagi ketika produk yang Anda tawarkan ke pasar adalah produk baru. Cara ini sangatlah cocok untuk meningkatkan awareness bagi pelanggan.
Akan tetapi, Anda pun harus memikirkan sampai kapan akan memberikan harga diskon tersebut. Misalnya saja, untuk jangka waktu satu minggu di beberapa outlet yang telah ditentukan.
2. Mempertahankan loyalitas pelanggan lama
Selain untuk memancing pelanggan baru, melalui diskon inilah Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan lama. Ingat, dalam sebuah perusahaan khususnya perusahaan yang menjual produk menjaga loyalitas pelanggan sangatlah penting.
Memberikan diskon, merupakan cara Anda dalam mengapresiasi pelanggan setia. Ini juga sebagai tanda terima kasih karena sudah menggunakan produk dari brand milik Anda dalam waktu cukup lama.
Di sini, ada beberapa strategi dalam memberikan diskon tersebut. Misalnya saja Anda memberikan diskon khusus bagi pelanggan setia dengan minimal belanja lebih dari sepuluh kali. Atau memberikan potongan harga ketika mereka melakukan pembelian dengan nilai tertentu.
Dari situ Anda dapat memberikan diskon 10 persen. Meski terlihat sederhana, potongan sebesar 10 persen memberikan dampak yang sangat besar bagi pelanggan, terlebih lagi saat mereka membeli dalam jumlah yang besar.
3. Meningkatkan penjualan
Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika tujuan dari diadakannya diskon oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan sisi psikologis konsumen. Mudahnya begini, orang akan tertarik memilih barang lebih murah dan ketika mereka merasa puas dengan barang tersebut maka akan tertarik untuk berbelanja.
Bila strategi ini berhasil Anda jalankan, maka penjualan pun dapat meningkat. Semakin besar diskon yang diberikan, akan terjadi kecenderungan pelanggan untuk memborong produk-produk yang ditawarkan. Jelas di sini, keuntungan Anda bisa berlipat ganda bila dibandingkan dengan memasang harga standar seperti biasa.
4. Sebagai cara menghabiskan stok barang
Tidak hanya meningkatkan penjualan semata, diskon juga dikenal sebagai cara ampuh dalam menghabiskan stok barang. Mungkin Anda memiliki satu jenis produk tertentu yang tak ingin dijual kembali karena berbagai alasan. Anda harus memikirkan bagaimana agar jenis produk tersebut laku keras.
Alternatifnya dengan memberikan diskon secara besar-besaran. Trik ini pun terbukti efektif, khususnya untuk barang-barang atau produk kebutuhan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
Misalnya saja, makanan, minuman, dan produk pakaian. Termasuk pula untuk barang kebutuhan sekunder namun di sisi lain penting, seperti televisi maupun benda elektronik lainnya.
5. Membangun reputasi perusahaan
Terakhir, tujuan dari pemberian diskon atau potongan harga ialah sebagai sarana untuk membangun reputasi perusahaan Anda. Kita dapat contohkan untuk produk alat tulis kantor dan kebutuhan lainnya yang memberikan diskon khusus pada Hari Pendidikan Nasional.
Dengan demikian, masyarakat akan menilai perusahaan Anda peduli terhadap pendidikan dan memiliki tujuan yang mulia disamping untuk meningkatkan penjualan.
Atau kita dapat mengambil contoh untuk penjualan produk elektronik. Saat ini memang isu lingkungan menjadi isu utama. Anda pun bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual produk elektronik ramah energi maupun menjual peranti panel surya. Perusahaan Anda akan selalu diingat oleh masyarakat dalam hal menjaga kelestarian alam.
Hal penting dalam memberikan diskon
Selain cara menghitung diskon dengan benar, dalam memberikan diskon tidak boleh dilakukan tanpa pertimbangan yang matang. Terdapat beberapa variabel penentu ketika Anda ingin memberikan diskon.
Di antaranya adalah kapan waktu yang tepat, barang apakah yang perlu didiskon dan apa tujuan yang hendak Anda capai dari pemberian diskon tersebut. Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.
Manfaatkan momen liburan dan hari tertentu
Variabel pertama yang paling penting untuk memberikan diskon adalah mengetahui waktu yang tepat. Biasanya, banyak perusahaan memberikan diskon pada hari-hari tertentu dan saat liburan. Misalnya diskon khusus di hari raya atau saat akhir tahun. Dalam memberikan diskon berdasarkan segi waktu adalah sesuaikan dengan produk yang ditawarkan.
Jika produk yang ditawarkan berkaitan dengan pendidikan, Anda bisa memberikan diskon lebih ketika memasuki tahun ajaran baru. Bila Anda menjual produk melalui toko online, cobalah untuk memberikan diskon berupa potongan ongkos kirim atau bahkan gratis(free ongkir). Meski tidak terlalu besar, dalam toko online hal ini terbukti meningkatkan penjualan produk.
Diskon untuk barang yang minim peminat
Lalu, bagaimana untuk menentukan barang yang perlu didiskon? Anda bisa memilih barang yang sepi peminat namun tetap dibutuhkan oleh banyak orang. Ada kalanya juga Anda memberikan diskon untuk barang-barang yang memang perlu dihabiskan stoknya.
Memang, sekilas hal ini terlihat mengalami kerugian. Namun, akan lebih baik barang tersebut terjual habis daripada menumpuk dan tidak terjual, tentu ini akan menambah masalah baru bagi Anda sebab harus merawat barang tersebut.
Berikan diskon untuk followers
Untuk penjualan di toko online, variabel dalam memberikan diskon bisa dilihat dari berapa besar jumlah follower di media sosial. Semakin banyak pengikut ini juga sebagai peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih.
Saat memberikan diskon, para follower tidak hanya sekadar menyukai produk Anda tetapi juga mendorong mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk melakukan promosi diskon di media sosial, sebaiknya gunakan visual yang baik dan menarik.
Jenis-jenis diskon yang perlu Anda ketahui
Diskon sendiri masih dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Biasanya ada diskon yang memang diberikan untuk pelanggan tertentu dan ada pula diskon untuk semua pelanggan.
Untuk lebih detail mengenai jenis-jenis diskon yang biasa digunakan perusahaan tertentu Anda bisa simak ulasannya berikut.
Diskon member
Pertama ada diskon member yang hanya diberikan untuk pelanggan sebuah produk atau pelanggan di toko tertentu. Promo diskon ini terbatas hanya untuk pelanggan yang memiliki atribut dari toko maupun perusahaan.
Misalnya saja, dengan memiliki kartu member, stamp dan bentuk lainnya sebagai penanda. Potongan harga yang diberikan pun bisa berjenjang sesuai dengan tingkat keanggotaan.
Sementara itu, untuk menjadi member Anda terkadang harus melewati syarat tertentu seperti melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.
Diskon plus
Diskon yang kedua adalah diskon plus. Untuk diskon satu ini memang banyak Anda jumpai di berbagai pusat perbelanjaan, mall, hingga di toko online sekalipun. Diskon plus terkadang mengecoh para pelanggan karena meskipun tertulis ada persyaratan khususnya.
Contohnya untuk diskon produk 75 persen untuk produk tertentu, ini akan mengecoh jika Anda tidak jeli sebab biasanya diskon sebesar itu diberikan dengan syarat tertentu. Maka dari itu, Anda harus jeli ketika memilih produk yang memberikan potongan harga seperti ini dan pastikan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.
Diskon up to
Berikutnya adalah diskon up to yang kerap kali juga mengecoh para pelanggan. Misalnya saja, ada diskon up to 50 persen. Biasanya tulisan ‘up to’ dibuat seminimal mungkin dan fokus pelanggan hanya pada besaran diskonnya. Di sini diskon yang berikan adalah ‘hingga’ harga tertentu, jadi dengan kata lain ada diskon yang beragam melalui penawaran potongan harga tersebut.
Bagaimana cara menghitung diskon?
Agar tidak salah dalam membeli barang diskon, Anda juga harus jeli dan cermat dalam cara menghitung diskon yang diberikan oleh sebuah toko dan perusahaan tertentu.
Menghitung diskon berbeda-beda tergantung jenis diskon yang diberikan seperti dijelaskan dalam poin sebelumnya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan.
Menghitung Diskon Off
Di toko dan pusat perbelanjaan terkadang Anda sering menemukan jenis diskon off. Untuk sebuah produk diskon ini akan tertulis misalnya 20 persen off. Maka perhitungannya adalah besaran diskon x harga diskon : 100. Misalnya untuk harga barangnya adalah Rp500.000 maka 20 x Rp500.000 = Rp 10.000.000 : 100 = Rp100.000. Jadi yang harus dibayar adalah Rp500.000-Rp100.000 = Rp400.000
Menghitung diskon A%+B%
Berikutnya Anda juga harus mengetahui cara menghitung diskon untuk jenis diskon A%+B%. Meski terlihat besar bagi orang awam, namun perhitungannya tidaklah demikian. Yakni Anda harus menghitung diskon pertama dan diskon kedua. Kita contohkan untuk harga barang Rp500.000 dengan diskon 30+20 persen. Maka perhitungannya adalah:
- Diskon pertama : 30% x Rp500.000 = Rp150.000
- Diskon kedua : 20% x Rp150.000 = Rp30.000
- Jadi total diskonnya : Rp150.000 + Rp30.000 = Rp180.000
- Total harga yang dibayar: Rp500.000 – Rp 180.000 = Rp 320.000
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang diskon termasuk bagaimana cara menghitung diskon tersebut. Bagi Anda yang memiliki toko atau usaha penting untuk menggunakan aplikasi untuk menghitung keuangan toko secara otomatis termasuk keuntungan dari diskon.