7 Cara Foto Produk Makanan Agar Menggugah Selera Pelanggan – Banyaknya jumlah restoran dan kafe yang baru buka menghasilkan persaingan yang semakin sengit di industri makanan dan minuman. Untuk menarik pelanggan baru, menuliskan nama masakan pada website atau menu restoran saja pastinya tidak cukup.
Anda juga perlu mengambil foto produk makanan untuk menggugah selera pelanggan. Foto produk makanan dapat menentukan apakah pelanggan ingin mencoba hidangan tersebut atau tidak. Sebagai acuan, yuk simak tujuh cara foto produk makanan berikut ini!
Baca juga: 7 Ide Usaha Makanan Unik yang Jarang Ditemui
7 Cara Foto Produk Makanan Agar Menggugah Selera Pelanggan
1. Sebisa Mungkin Manfaatkan Pencahayaan Alami
Jika Anda menginginkan foto makanan yang cantik dan menggugah selera pelanggan, pencahayaan alami adalah cara foto produk makanan yang paling tepat. Anda sebaiknya sebisa mungkin memanfaatkan pencahayaan alami, misalnya meletakkan produk makanan di dekat jendela untuk mendapatkan cahaya dari sinar matahari.
Jangan lupa matikan lampu karena Anda hanya perlu sinar matahari dan tidak ingin mencampurnya dengan cahaya bohlam buatan. Hasil foto makanan pun akan memiliki detail dan kontras tinggi.
2. Foto Makanan dalam Porsi Kecil
Kenapa Anda perlu menggunakan porsi kecil untuk mengambil foto makanan? Alasannya sederhana, kok. Semakin sedikit porsi makanan yang Anda foto, maka perhatian akan lebih fokus pada makanan itu sendiri. Selain itu, cara foto produk makanan ini juga memberikan gambaran yang menarik dari sebuah makanan. Jadi, usahakan untuk tidak menambahkan banyak komponen agar tampilan foto makanan jadi lebih fokus, ya.
Baca juga: Cara Membuat 7 Makanan Ringan Kekinian yang Laku Dijual
3. Ambil Foto dari Berbagai Angle
Biasanya, 45 derajat adalah angle paling umum untuk mengambil foto makanan. Angle populer yang sangat serbaguna ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan sisi depan dan permukaan piring, berikut juga sisi-sisinya. Namun, jangan hanya terpaku pada satu angle ini saja, ya. Anda juga perlu mengambil foto dari berbagai angle lain agar foto produk makanan makin menarik.
4. Pasang Aperture dengan Angka Besar
Dalam fotografi, aperture mengacu pada pembukaan diafragma lensa yang dilalui cahaya. F/stop yang lebih rendah memberikan lebih banyak eksposur karena aperture-nya lebih besar, sedangkan f/stop yang lebih tinggi memberikan lebih sedikit eksposur karena aperture-nya lebih kecil.
Maksudnya adalah, dengan memasang aperture pada angka besar, Anda bisa mendapatkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam lensa. Jadi, foto produk makanan akan menjadi lebih jelas dan menarik bagi pelanggan.
5. Terapkan Teknik KKB
Anda familiar dengan teknik KKB? Teknik yang sering dipakai dalam food photography ini merupakan singkatan dari Kanan-Kiri-Belakang. Dengan teknik ini, Anda bisa mengambil foto makanan dengan posisi 3 cm dari arah kanan, 9 cm dari arah kiri, dan 12 cm dari arah belakang.
Jangan ragu untuk mempraktikkan cara foto produk makanan ini karena dijamin menghasilkan foto yang bagus. Pastikan saja arah datangnya cahaya dan tingkat ketajaman dari semua angle juga sama bagusnya, ya.
Baca juga: 7 Rekomendasi Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari
6. Perhatikan Space dan Framing
Memperhatikan space saat akan mengambil foto makanan juga sangat penting agar tampak proporsional. Anda perlu memberikan jarak cukup antara makanan dengan bagian atas, bawah, kanan, dan kiri.
Jangan lupa juga untuk menentukan framing, yakni membuat bingkai di sekitar subjek sehingga menciptakan bingkai visual dan mengarahkan mata ke subjek utama di dalam bingkai tersebut. Framing sangat berguna untuk membuat foto semakin fokus pada makanan itu sendiri.
7. Gunakan Dekorasi Pendukung
Untuk membuat foto makanan tampak lebih bagus, Anda juga perlu menggunakan dekorasi pendukung. Dekorasi pendukung yang tepat membantu memperbaiki tampilan hidangan secara keseluruhan. Berbagai jenis saus dan hiasan bisa menambahkan rasa dan tekstur yang berbeda pada hidangan.
Ini juga membuat keseluruhan penyajian makanan tidak hanya menyenangkan secara visual, tapi juga tampak lebih enak dan menggugah selera.
Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda
Di samping menarik perhatian pelanggan dengan foto makanan yang menarik, Anda yang sudah menjadi Partner GoFood tentuk juga bisa menggaet pelanggan dengan memberikan promo GoFood, lho. Misalnya, Anda bisa membuat Diskon Promo dan tingkatkan penjualan hingga 4x lipat untuk menu-menu andalan Anda.
Atau, Anda juga bisa membuat Diskon Total Belanja dengan berikan diskon untuk pelanggan, untuk nilai minimum belanja tertentu. Tidak hanya menguntungkan bagi pelanggan, promo GoFood sebenarnya juga menguntungkan bagi Anda pemilik bisnis kuliner!
Semakin banyak yang tertarik dengan promo yang ditawarkan, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang mencoba produk Anda. Jadi, yuk segera daftar GoFood dan gunakan berbagai promo menariknya sekarang juga!