Cara Daftar GoPay Merchant untuk Memaksimalkan Usaha Anda – Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pelaku usaha di Indonesia menghadapi tantangan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, baik usaha skala kecil, menengah, maupun besar harus beradaptasi dengan cara beralih ke digital.
Pembayaran nontunai semakin populer di Indonesia karena dianggap lebih mudah, aman, dan nyaman digunakan oleh 69% penduduk. Namun, beberapa pelaku usaha enggan untuk beralih ke digital karena kurangnya pemahaman terhadap teknologi atau modal yang tidak mencukupi.
Sekarang, pelaku usaha dapat bergabung dengan GoPay Merchant, sebuah layanan dari Gojek yang dirancang untuk membantu para pelaku usaha di Indonesia untuk mengadopsi pembayaran nontunai yang mudah dipahami dan dapat membantu meningkatkan penjualan.
Keuntungan Menggunakan GoPay
Berdasarkan survei yang bertajuk Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps tahun 2022, 88% responden memilih GoPay sebagai e-wallet paling sering digunakan sehingga GoPay menjadi dompet digital dan metode pembayaran pilihan masyarakat.
Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan GoPay dalam kegiatan usaha Anda! Dengan layanan tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.
- Anda bisa menerima semua jenis pembayaran nontunai hanya dengan 1 kode QR yang telah terstandarisasi secara nasional.
- Anda bisa melayani pelanggan secara mudah dan cepat sehingga kualitas pelayanan di toko atau usaha Anda pun meningkat.
- Semua transaksi yang Anda lakukan akan tercatat secara otomatis, rapi, dan mudah diakses kapan saja dan di mana saja.
- Selain mempermudah Anda dalam melakukan transaksi dengan pelanggan, Anda juga bisa menggunakan fitur Rekomendasi Promo dari GoPay untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan loyal.
Cara Daftar GoPay Merchant untuk Pemilik Usaha
Untuk bisa memperoleh keuntungan tersebut, Anda harus terlebih dulu mendaftar GoPay Merchant. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buka website GoPay Merchant
Anda bisa membuka website GoPay Merchant di https://merchant.gopay.co.id/daftar melalui ponsel Android apa pun sebelum mendaftarkan usaha Anda. Dengan GoPay Merchant, Anda bukan hanya bisa menerima pembayaran nontunai, melainkan juga bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik lainnya.
2. Registrasi
Proses pendaftaran GoPay Merchant dapat Anda lakukan secara mandiri dan GRATIS. Selain itu, data yang Anda berikan pun dijamin keamanannya karena tidak akan digunakan oleh pihak lain di luar perusahaan penyedia layanan GoPay Merchant.
Lakukan registrasi dengan memasukkan data-data atau dokumen yang diperlukan, seperti:
- Identitas pemilik (KTP/NPWP)
- Informasi rekening bank (Buku tabungan/rekening koran)
- Informasi usaha
- Informasi outlet
3. Verifikasi
Pelajari keuntungan dan ketentuan setiap layanan, lalu pilih layanan/fitur GoPay Merchant. Setelah itu, tunggu proses verifikasi selesai selama 1 hari kerja dan ikuti seluruh petunjuk pada website GoPay Merchant.
Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email terdaftar mengenai apakah data usaha Anda disetujui, perlu diperbaiki, atau ditolak.
4. Aktivasi
Setelah pendaftaran Anda diverifikasi, tunggu proses aktivasi layanan GoPay Merchant dalam jangka waktu maksimal lima hari kerja. Setelah aktivasi selesai, Anda akan mendapatkan kode QR untuk menerima pembayaran GoPay dan uang elektronik lainnya.
Tips Memasukkan Data Saat Daftar GoPay Merchant
Sering kali calon GoPay Merchant gagal mendaftarkan usahanya karena kesalahan saat mendaftar atau memasukkan dokumen yang diperlukan. Untuk mencegah kesalahan tersebut, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut.
1. Identitas pemilik
Masukkan data sesuai petunjuk yang tertera pada layar dan perhatikan cara pengambilan foto KTP, foto diri dengan KTP, serta informasi terkait identitas pemilik lainnya sesuai gambar yang tertera. Pastikan Anda mengambil foto sejelas mungkin, tidak buram, gelap, atau terpantul cahaya.
2. Informasi rekening bank
Isilah data rekening yang akan digunakan untuk mencairkan dana usaha Anda, lalu klik verifikasi. Jika nama pemilik rekening bank tidak sama dengan nama pemilik usaha, Anda diwajibkan untuk upload dokumen pendukung seperti buku tabungan atau rekening koran.
3. Syarat dan ketentuan
Jangan lupa untuk membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, termasuk rincian biaya layanan. Hal ini diperlukan agar Anda tidak menghadapi masalah terkait syarat dan ketentuan layanan GoPay Merchant di kemudian hari.
Demikian cara daftar GoPay Merchant dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendaftar. Untuk mengembangkan usaha Anda, bergabung dan tingkatkan penjualan bersama GoPay Merchant!