GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Enak dan Ramai Dibeli, Ini Cara Bikin Sempol Ayam Buat Jualan

Sempol ayam merupakan jajanan favorit yang bentuknya seperti sate lilit khas Bali, tetapi menggunakan daging ayam. Mengetahui cara bikin sempol ayam buat jualan yang enak dan ramai dibeli akan membuat jualan Anda jadi lebih laris.

Memulai usaha rumahan ini cukup menjanjikan karena cara bikin sempol ayam buat jualan termasuk mudah dan berkemungkinan besar laris manis.

Tidak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang menu sempol ayam yang bisa dijual hingga berbagai persiapan jualan yang perlu Anda lakukan di artikel ini. Yuk, simak selengkapnya!


Menu Sempol Ayam yang Bisa Dijual

Sempol ayam memiliki rasa lezat yang membuatnya menjadi favorit banyak orang. Jika ingin memulai usaha sempol ayam, Anda bisa menjual menu sempol ayam yang enak dan praktis dibuat, contohnya sempol ayam dengan varian cocolan sambal.

Anda bisa menjual sempol ayam dengan varian cocolan sambal seperti saos tomat, sambal cabai, sambal terasi, sambal matah, sambal ijo, hingga sambal mangga.

Inovasi cara bikin sempol ayam buat jualan yang mengandalkan jenis-jenis sambal khas Nusantara akan menjadi keunggulan dan keunikan usaha Anda. 


Perhitungan Modal Usaha Sempol Ayam

Cara Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha - 5 Masalah UMKM dan Cara Mengatasinya - tips mengelola modal usaha

Setelah mempertimbangkan menu sempol ayam yang bisa dijual, selanjutnya Anda perlu memperhitungkan modal usaha yang dibutuhkan. Biaya bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sempol ayam per harinya adalah sebagai berikut:

Biaya PeralatanHarga Total
Daging ayamRp30.000
Bawang putihRp8.000
Tepung kanjiRp15.000
Tepung teriguRp7.500
TelurRp8.000
MericaRp1.000
GaramRp1.500
Penyedap rasaRp1.500
Tusukan sateRp6.000
GulaRp3.000
TotalRp81.500

Jika dihitung per bulan, maka total modalnya mencapai Rp2,5 juta. Ini belum termasuk biaya investasi peralatan seperti kompor dan tabung gas, piring, sendok, alat penggoreng, meja, kursi, wadah, panci, hingga etalase yang bisa menghabiskan biaya sekitar Rp3 jutaan.

Jika Anda berjualan di rumah dan bisa menghemat biaya investasi peralatan, jumlah modal usaha pun bisa ditekan.

Dengan modal Rp3 jutaan, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Dengan asumsi 200 tusuk sempol ayam (harga Rp1.000) terjual per harinya, pendapatan per bulan yang Anda dapatkan adalah Rp6.000.000 (200 porsi x Rp1.000 x 30 hari). Jadi, dalam waktu kurang dari 2 bulan, modal sudah bisa kembali bahkan memberikan keuntungan lebih besar.


Resep Sempol Ayam yang Mudah dan Enak

Anda bisa menggunakan resep sempol ayam yang mudah dan enak di bawah ini. Resepnya sangat praktis dan dijamin enak, lho.

Bahan-Bahan:

  • Tepung sagu 150 gram
  • Daging ayam giling 250 gram
  • 1 butir telur
  • 3 sdm bawang merah (digoreng dan dihaluskan)
  • 4 siung bawang putih (dicacah) 
  • 1 batang daun bawang (diiris) 
  • 1 butir telur kocok lepas
  • Garam, lada, kaldu bubuk, dan tusuk sate secukupnya

Cara Bikin Sempol Ayam Buat Jualan:

  • Siapkan mangkuk berukuran besar dan masukkan daging ayam giling, tepung sagu, bawang putih, bawang merah, satu batang daun bawang iris, kaldu bubuk, lada bubuk, garam, dan satu butir telur. 
  • Aduk adonan sampai merata dan bentuk menjadi sempol ke tusukan sate.
  • Masukkan adonan yang telah dibentuk jadi sempol ke dalam teflon berisi air mendidih.
  • Siapkan satu butir telur yang sudah dikocok lepas. Masukkan sempol ayam ke dalam telur kocok tersebut, kemudian goreng hingga matang.

Persiapan Jualan Sempol Ayam

Setidaknya ada 3 hal utama yang harus Anda pikirkan, yaitu lokasi, harga, dan target pasar. Penentuan lokasi harus mempertimbangkan faktor strategis, harga harus kompetitif, dan target pasarnya harus tepat.

Untuk lokasi, Anda bisa jualan di depan rumah jika lokasi rumah cukup strategis. Contoh, berada di pinggir jalan yang ramai dilalui banyak orang. Untuk harga, lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasaran.

Tidak perlu menjual dengan harga lebih mahal agar calon pelanggan tidak beralih ke penjual lebih murah. Target pasarnya bisa anak-anak yang suka makan camilan sehingga harganya pun perlu disesuaikan dengan kantong anak-anak.

Jika tidak bisa berjualan di rumah karena lokasinya tidak terlalu strategis, Anda bisa membuka kedai kecil-kecilan di dekat area sekolahan untuk menyasar anak-anak sekolah.

Dengan harga Rp1.000 per tusuk, ada potensi besar jualan sempol ayam Anda akan laris manis. Selama rasanya lezat, harganya terjangkau, dan lokasinya tepat, jualan sempol ayam Anda bakalan laris manis, deh

Nah, itulah informasi tentang cara bikin sempol ayam buat jualan dan berbagai informasi penting lainnya untuk Anda ketahui. Agar usaha Anda semakin lancar, jangan lupa daftar GoFood supaya Anda bisa berjualan sempol ayam secara online!

Lewat GoFood, cara bikin sempol ayam buat jualan jadi lebih mudah, bahkan Anda tidak perlu bayar uang sewa toko. Anda bisa berjualan saja di rumah dan layani pesanan online lewat aplikasi GoBiz. Yuk, coba sekarang dan rasakan manfaatnya!

*) Sumber foto: di sini

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tips dan Cara Membuat Pisang Crispy untuk Dijual Online

Pisang goreng yang gurih dan kriuk saat digigit adalah jajanan yang enak disantap kapan selengkapnya

Apa Perbedaan UKM dan UMKM?

UKM dan UMKM merupakan dua badan usaha yang mempunyai peranan penting dalam membangun selengkapnya