GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Peluang Besar Bisnis Lokal di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 sempat membuat banyak bisnis lokal jungkir balik mencari cara agar bisa bertahan. Bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang terpaksa gulung tikar.

Hal ini juga sempat dirasakan oleh Andrina Effendi, pemilik Batik Naraya, dan Andry Susanto yang merupakan pemilik dari usaha kuliner Oma Elly. Mereka membagikan pengalaman tersebut saat menjadi pembicara di acara ‘Konferensi Maju Digital (KMD)’ yang diadakan grup GoTo.

Lantas, bagaimana mereka bisa bertahan dan bahkan berhasil memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis lokal? Ini tips dari mereka yang perlu disimak oleh para pelaku usaha!

Baca juga: 7 Jajanan Anak SD untuk Ide Jualan Kuliner


Peluang Besar Bisnis Lokal di Masa Pandemi

Kebijakan pembatasan aktivitas termasuk, penutupan mal, berdampak pada banyak sektor bisnis. Andrina Effendi yang memiliki toko konvensional di pusat perbelanjaan pun merasakan dampaknya. Ia harus menutup sementara toko fisiknya dan beralih ke ranah penjualan online. Begitu pula dengan Andry Susanto, yang sebelumnya melayani pembeli di restoran atau dine-in, jadi harus beralih ke pemesanan take away.

Di sinilah mulai terjadi perubahan perilaku konsumen dan pemilik usaha. Mau tidak mau, mereka harus beralih ke platform digital. Lalu, apakah ini menjadi hambatan atau justru peluang? Jawabannya adalah yang kedua karena sebetulnya bisnis lokal memiliki peluang besar di era pandemi.

Seperti dikatakan oleh Andry Susanto, selama masa pandemi ada pembatasan produk-produk impor yang masuk. Inilah yang menjadi celah bagi para pelaku usaha kuliner untuk menciptakan produk baru dengan kearifan lokal. Kuncinya adalah selalu melakukan inovasi-inovasi dan menciptakan rasa lokal baru, namun value yang didapat sama dengan produk aslinya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Andrina Effendi. Baginya, pandemi menjadi peluang bagi berbagai usaha. Kuncinya, harus pintar-pintar dalam melakukan branding dan memanfaatkan peluang baru. Bagi para pelaku UMKM, branding produk yang efektif bisa memunculkan kebanggaan kepada masyarakat untuk menggunakan produk lokal, khususnya produk UMKM.

Baca juga: Apa Itu UMKM, Jenis, dan Perannya dalam Perekonomian Indonesia


Membeli Produk dari Bisnis Lokal Berarti Mendukung Perekonomian Indonesia

Menawarkan produk dari bisnis lokal pun memberikan banyak manfaat dan peluang baru bagi para pelaku usaha di berbagai sektor. Baik itu usaha untuk barang jadi maupun pada sektor hulu atau bahan bakunya. 

Produk yang dibuat dengan bahan-bahan lokal secara tidak langsung juga akan mengangkat sektor lainnya. Misalkan, pelaku usaha kuliner turut memberdayakan penjual produk bahan baku seperti sayuran dan daging.

Begitu pun dengan produk-produk di bidang fashion, terutama batik. Bisnis produk fashion lokal akan membuat para pengrajin ikut merasakan dampak positifnya. 


Pelaku UMKM Jadi Kekuatan untuk Membangun Ekonomi Indonesia

Professional beautiful Asian female fashion designer working measuring dress on a mannequin clothing design at the studio. Lifestyle women working concept.

Dengan jumlah UMKM yang mencapai 65 juta di Indonesia, bukan menjadi rahasia lagi bahwa UMKM dapat menjadi kekuatan perekonomian nasional di masa mendatang. Dengan catatan pemilik usaha harus berani mencoba hal baru dan melakukan inovasi secara bersama-sama. Misalnya, ketika berjualan di marketplace, mereka bisa memanfaatkan campaign yang diadakan oleh marketplace tersebut.

Selain itu, dukungan dari pemerintah dan stakeholder terkait juga tak kalah penting. Hal ini pun sudah dilakukan. Misalnya, beberapa waktu lalu ketika Presiden Joko Widodo sering mengampanyekan penggunaan produk-produk dari bisnis lokal, termasuk pula dalam memberikan bantuan permodalan bagi para UMKM.

Lalu, pelaku usaha juga harus jeli dalam melihat perkembangan kebiasaan konsumen. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah menggunakan metode pembayaran yang mudah, aman, nyaman, serta cepat.

Baca juga: 10 Minuman dan Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa


Kebanggaan Menggunakan Produk Bisnis Lokal Indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia, menggunakan produk dari bisnis lokal membawa kebanggaan tersendiri. Berikut ini beberpaa alasannya: 

  • Produk lokal memiliki citra yang autentik dengan nilai-nilai keindonesiaan.
  • Produksi produk lokal tidak kalah saing dari produk luar negeri. Misalnya untuk oven pizza, produk buatan lokal dari Bandung tidak kalah bagus dari produk internasional.
  • Produk lokal dapat menciptakan lapangan kerja baru. Jadi, dengan beli produk lokal, kita turut mendukung perekonomian nasional.

Menjual produk lokal menyimpan peluang tersendiri bagi UMKM untuk bisa terus maju dengan cara berbeda. Salah satunya dengan mulai go digital. Sudahkah Anda melakukannya? Jika belum, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk memulainya agar bisa terus berkembang di era digital dan bersaing di dunia global. 

Anda bisa tonton penjelasan lengkap tentang cara mengembangkan bisnis lokal di rekaman webinar Konferensi Maju Digital ini:

Kembangkan juga usaha Anda dengan daftar di GoBiz. Daftar di sini

Semoga berhasil!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya