GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Mau Bikin Pelanggan Ketagihan Pesan di Resto Anda? Ini Caranya!

Mau Bikin Pelanggan Ketagihan Pesan di Resto Anda? Ini Caranya! – Pelaku usaha mana yang tidak ingin outletnya selalu ramai? Banyak dari Anda pasti sudah mencoba berbagai cara untuk terus meningkatkan omzet penjualan, salah satunya dengan  memberikan diskon kepada pelanggan.

Namun, ternyata membuat diskon saja tidak cukup, lho. Anda juga harus memperhatikan berbagai hal lain yang membuat resto Anda kebanjiran pesanan, seperti meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan pelanggan.

Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kenyamanan pelanggan, jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin berikut ini. Meskipun terkesan sepele, tapi jangan dianggap remeh, ya! Yuk, simak informasi berikut ini.

5 Cara Bikin Pelanggan Ketagihan Pesan di Resto Anda

kepuasan pelanggan - pelanggan puas dengan makanan yang disajikan - meningkatkan kepuasan pelanggan dengan promo - tujuan segmentasi pasar

1. Jam operasional resto sesuai

Faktor ini bisa menjadi salah satu penyebab resto Anda sepi pembeli. Banyak dari pelanggan akan merasa bingung untuk memesan jika resto Anda sering mengalami perubahan jam operasional. Jika terus menerus dibiarkan, pelanggan Anda akan kecewa dan memilih untuk memesan di resto lain.

Untuk menghindari hal ini, pastikan jam operasional resto Anda sudah tepat dan sesuai. Anda juga harus selalu meng-update jam operasional jika terdapat perubahan jam buka-tutup resto. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami pesanan masuk diluar jam operasional.

2. Pasang foto produk yang menarik

Foto produk yang menarik menjadi salah satu daya tarik bagi resto Anda. Foto produk inilah yang akan pertama kali menjadi keputusan calon pelanggan sebelum melihat detail lain dari produk yang Anda jual.

Menurut survei yang dibuat Justuno, 93% orang mengatakan bahwa foto produk yang menarik menjadi faktor utama pembelian produk mereka. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan saat memasang foto produk.

 3. Tentukan harga jual yang tepat

Selain foto produk, harga jual produk juga menjadi salah satu keputusan penting pelanggan melakukan pembelian, lho. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan harga jual.

  • Hitung biaya produksi: Anda bisa mengakumulasikan beberapa pengeluaran seperti biaya bahan baku, operasional alat, ongkos kerja, kemasan, dan biaya promosi. Anda juga bisa menambahkan persentase untuk keuntungan yang didapat.
  • Cek harga kompetitor: Anda bisa melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang Anda jual. Penentuan harga ini juga bisa membantu pelanggan untuk menggambarkan kualitas produk yang Anda jual. Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh salah menentukan harga, karena bisa jadi harga tersebut tidak menutup biaya produksi yang membuat usaha Anda terancam rugi.
  • Sesuaikan dengan target konsumen: Anda bisa menetapkan terlebih dahulu target konsumen yang cocok untuk produk yang dijual. Anda juga bisa melakukan riset dengan membandingkan harga produk di setiap sosial media dan aplikasi e-commerce. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus memahami kondisi pasar dan karakteristik konsumennya.

4. Buat ciri khas outlet Anda

Cara termudah untuk membuat pelanggan mengingat produk Anda yaitu dengan membuat ciri khas dari produk yang Anda jual. Ciri khas ini juga membantu resto Anda untuk menciptakan karakteristik brand. Anda bisa membuat ciri khas tersebut melalui pelayanan, konten sosial media, atau kualitas dari produk. Keunikan inilah yang akan meninggalkan kesan tersendiri untuk pelanggan.

5. Jaga rating resto di atas 4.5 dengan memberikan pelayanan yang terbaik

Selain membantu mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan, rating resto juga memudahkan Anda untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, lho. Rating resto tersebut akan diberikan oleh pelanggan setelah mereka selesai melakukan pemesanan di resto Anda.

Untuk mendapatkan penilaian bagus, tentunya Anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan. Misalnya, dengan membuatkan makanan sesuai permintaan pelanggan, membungkus pesanan dengan rapi, dan menyiapkan makanan dengan cepat. Rating resto Anda akan muncul hanya jika Anda sudah memiliki 10 pelanggan yang telah memberikan penilaian.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pelanggan pindah ke lain resto. Yuk, praktikan sekarang dan juga jangan pernah lelah untuk terus berinovasi, ya. Pastinya, tingkatkan juga omzet usaha Anda bersama GoFood. Salam laris manis!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan Makanan & Minuman

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan selengkapnya

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dari Utang

Piutang usaha adalah uang yang harus pelangkan bayarkan kepada perusahaan atas barang selengkapnya