GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Bagaimana Tingkat Keamanan Aplikasi GoBiz?

Bagaimana Tingkat Keamanan Aplikasi GoBiz? – Halo, Mitra Usaha Gojek! Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Untuk menyuguhkan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan berbagai layanan Gojek, termasuk aplikasi GoBiz, yuk simak pemaparan berikut tentang tingkat keamanan aplikasi GoBiz.

Bagaimana Tingkat Keamanan Aplikasi GoBiz?

1. Autentikasi Pengguna

GoBiz menerapkan keamanan yang sesuai dengan standar industri pada proses autentikasi pengguna. GoBiz menerapkan enkripsi dalam proses penyimpanan informasi login pengguna. Enkripsi merupakan proses yang dilakukan untuk pengamanan data pengguna.

Pada proses enkripsi, data disimpan dalam bentuk teks yang tidak beraturan sehingga data asli tidak dapat dilihat tanpa pengetahuan khusus. GoBiz juga menerapkan pembatasan jumlah login (rate limiting) guna mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab yang hendak masuk ke akun pengguna

Di samping itu, GoBiz juga akan mengirimkan email atau SMS kepada Pemilik Outlet setiap ada login pada perangkat baru sehingga pengguna dapat memantau aktivitasnya.

2. Proteksi Akun

Keamanan akun pengguna merupakan tanggung jawab bersama. GoBiz mengimbau seluruh Mitra Usaha untuk tidak memberikan email, nomor ponsel, password, dan OTP yang diterima kepada orang lain, termasuk karyawan GoBiz dan Gojek.

Pengguna dapat menggunakan fitur Kelola Pegawai untuk memberikan akses kepada karyawan (manajer, kasir, dan lainnya) sesuai kebutuhan.


Data Confidentiality

1. Akses Berdasarkan Tipe Pengguna

GoBiz mempunyai beberapa jenis tipe pengguna, mulai dari Pemilik, Manajer, hingga Kasir. Setiap tipe pengguna mempunyai peranan serta akses terhadap data yang berbeda-beda. 

GoBiz mengimplementasikan sistem pemeriksaan role (tipe pengguna) tersentralisasi pada setiap permintaan akses suatu data.  Sistem akan menentukan hal apa saja yang bisa diakses oleh setiap peran.

Tim keamanan GoBiz selalu rutin menguji sstem keamanan untuk memastikan dan memastikan semuanya aman terkendali.


Data Integrity

1. Kelengkapan dan Keakuratan Data

Tahukah Anda, setiap perubahan pada fitur aplikasi GoBiz akan diuji terlebih dahulu sebelum diluncurkan dan digunakan Mitra Usaha Gojek. Pengujian yang dilakukan Tim Quality Assurance ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan dan keakuratan data pada fitur yang akan ditampilkan dan digunakan,  termasuk data pengguna dan data transaksi.

2. Perlindungan Data Transaksi

Untuk melindungi data-data usaha Anda, GoBiz menerapkan kontrol akses di mana pengguna diharuskan untuk memasukkan OTP (One Time Password) yang didapatkan melalui SMS ketika login ke dalam sistem. Jika OTP yang dimasukkan sesuai, Anda bisa langsung masuk ke dalam aplikasi GoBiz. Dengan adanya kontrol keamanan akses ini, risiko yang tak diinginkan pun dapat berkurang.


Security Controls

1. Autentikasi

Untuk mengakses data yang dimiliki, tentu Mitra Usaha harus masuk ke dalam aplikasi GoBiz terlebih dulu. Ada 2 pilihan yang dapat digunakan untuk login, yakni

  • Dengan nomor telepon dan OTP;
  • Email dan password

2. FIM (File Integrity Monitoring)

FIM adalah suatu proses internal yang bertujuan untuk memantau perubahan pada berkas-berkas elektronik dengan konten sensitif. Apabila terjadi perubahan pada berkas-berkas tersebut, maka sistem akan memberikan peringatan.

Jika perubahan itu tidak terautentikasi dan terotorisasi, maka berkas elektronik yang mengalami perubahan akan dikembalikan ke kondisi sebelumnya sehingga integritasnya tetap terjaga.


Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

BARU! GoKasir Kini Dilengkapi dengan Fitur Pengeluaran, Lho!

BARU! GoKasir Kini Dilengkapi dengan Fitur Pengeluaran, Lho! – Salah satu cara selengkapnya

Aktifkan GoKasir, Menangkan GoBiz Mobile Printer Setiap Minggunya!

Halo, Mitra Usaha! Mau kembangkan usaha sekaligus dapat hadiah? Kabar gembira untuk Anda, selengkapnya