Hai, Mitra Usaha. Keamanan usaha Anda selalu jadi prioritas utama Kami. Demi menyuguhkan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan berbagai layanan Gojek, termasuk aplikasi GoBiz, mari simak pemaparan bagaimana GoBiz menjaga keamanan akun dan data para pengguna seperti Anda.
Bagaimana Produk dan Layanan GoBiz Melindungi akun Mitra Usaha
1. Deteksi Perangkat Baru
Keamanan akun merupakan tanggung jawab bersama. Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna, GoBiz mempunyai fitur untuk mendeteksi perangkat baru yang masuk menggunakan akun anda.
Setiap aktivitas login yang terjadi, pengguna akan memperoleh email mengenai perangkat baru yang login. Hal ini bertujuan agar pengguna mengetahui aktivitas akun dan mengurangi potensi terjadinya penyalahgunaan akun.
2. Proteksi Aplikasi Mobile
Pada aplikasi GoBiz terbaru, GoBiz menerapkan proteksi aplikasi mobile yang dapat melindungi aplikasi dari potensi hacking oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Proteksi aplikasi mobile tersebut meliputi deteksi perangkat rooted, deteksi gangguan jaringan (network tampering), dan perubahan aplikasi secara paksa
3. Prosedur Force Logout
Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan akun pengguna GoBiz oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, kami mempunyai cara yang digunakan untuk mengurangi risiko dampak aktivitas tersebut.
Kami akan menerapkan prosedur force logout pada akun yang dicurigai. Force logout akan membuat akun GoBiz pada seluruh perangkat menjadi logout, dan pengguna perlu melakukan login ulang. Hal ini bertujuan agar pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tidak lagi mempunyai akses terhadap akun GoBiz.
3. Single Session untuk Akun Pemilik
Untuk meningkatkan keamanan akun Mitra Usaha, per Agustus 2022, akun pemilik hanya dapat diakses pada 1 ponsel saja dalam 1 waktu!*. Artinya, apabila Mitra Usaha sudah login di 1 perangkat ponsel, lalu mencoba login di ponsel lainnya, akun Mitra Usaha akan ter-logout dari ponsel pertama.
Akan ada notifikasi setiap ada percobaan login baru untuk memastikan apakah proses tersebut benar-benar dilakukan oleh Pemilik asli.
4. Verifikasi Nama Menu dan Informasi Outlet
Kami menerapkan proses verifikasi untuk perubahan Nama menu & Kategori GoFood, serta perubahan Nama outlet dan Alamat outlet. Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi perubahan nama yang tidak tepat dan dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab
Bagaimana Tim Internal GoBiz Memastikan Keamanan Data Mitra Usaha
GoBiz menghargai privasi mitra kami dan kami selalu berusaha meningkatkan postur privasi GoBiz untuk menyediakan platform yang aman dan andal bagi mitra dan pelanggan kami, bersamaan dengan membantu mitra untuk meningkatkan bisnis mereka.
Dalam platform GoBiz terdapat mitra individu dan korporat. Sebagai mitra, berbagi informasi bisnis secara publik merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan brand awareness. Namun, mitra harus sangat berhati-hati dalam membagikan detail kontak.
Nomor telepon adalah salah satu tanda pengenal terkuat saat ini, yang mana kita dapat dengan mudah mengidentifikasi seseorang menggunakan nomor teleponnya. Oleh karena itu, kami mendorong semua mitra, terutama mitra individu untuk menggunakan nomor telepon khusus/bisnis yang dapat dibagikan kepada publik sebagai informasi bisnis.
Dengan menggunakan nomor telepon khusus/bisnis, akan mengurangi risiko pencurian identitas dan kemungkinan penipuan.
Imbauan untuk Mitra Usaha terkait Keamanan Data Pribadi dan Bisnis
GoBiz terus berusaha untuk meningkatkan keamanan data Mitra Usaha dari pencurian ataupun kebocoran data. Berbagai inisiatif dilakukan demi membuat GoBiz menjadi platform yang mampu menyediakan layanan yang aman bagi penggunanya.
1. Kesadaran Keamanan Informasi
Dari sisi kontrol internal, kami mengupayakan agar karyawan GoBiz memiliki tingkat kesadaran keamanan informasi dan memahami apa tugas dan tanggung jawab mereka untuk melindungi data Mitra Usaha. Kesadaran keamanan informasi ditingkatkan melalui pelatihan keamanan informasi, buletin berkala, hingga simulasi phishing.
2. Manajemen Kontrol Akses
Perlu diketahui bahwa akses terhadap setiap aplikasi dan sistem kritikal yang ada di GoBiz, terutama yang berisi data Mitra Usaha, harus melalui prosedur Manajemen Kontrol Akses. Setiap permohonan akses harus terdokumentasi dan mendapat persetujuan dari manajer dan juga penanggung jawab aplikasi.
Secara berkala, akses-akses yang ada dalam aplikasi dan sistem ini pun ditinjau untuk memastikan hanya pengguna yang berkepentingan yang memiliki akses ke data-data perusahaan.
3. Manajemen Risiko
Kami terus melakukan proses identifikasi risiko keamanan dan menindaklanjuti hasil temuan agar proses bisnis, sistem, ataupun aplikasi yang ada di GoBiz semakin terpercaya dan aman dalam memproses data-data Mitra Usaha. Berbagai risiko seperti pencurian ataupun kebocoran data selalu kami usahakan untuk diminimalisir dengan menerapkan berbagai kontrol keamanan.
4. Keamanan Pihak Ketiga
Tidak hanya proses perlindungan internal, data-data yang sudah disetujui oleh Mitra Usaha untuk diberikan kepada Mitra Usaha GoBiz pun juga dijaga keamanannya. GoBiz memiliki standar keamanan yang perlu dipatuhi oleh mitra bisnis, di mana mitra bisnis sebagai pihak ketiga diwajibkan untuk melalui proses due diligence dan menerapkan standar keamanan yang sesuai sebelum dapat melakukan integrasi dan menawarkan layanannya melalui GoBiz.
Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai keamanan data pribadi dan usaha Anda di platform atau aplikasi GoBiz. Mitra Usaha pun tak perlu khawatir ketika menggunakan layanan kami karena Tim Keamanan GoBiz secara rutin menerapkan langkah-langkah keamanan di atas dan memberikan pengalaman lebih menyenagkan ketika Anda mengembangkan usaha bersama kami.