GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Modul 3: Bagaimana Cara Menggunakan Tools Marketing untuk Promosi Digital?

Menangkan hadiah puluhan juta rupiah dari program UMKM Bisa

Setiap pemilik usaha pasti memiliki mimpi untuk meningkatkan jumlah konsumen yang tertarik pada produk dan jasa mereka. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, tentu perlu melakukan taktik pemasaran/marketing dan promosi lewat penggunaan teknologi yang efektif.

Pemasaran adalah kegiatan promosi yang dilakukan ketika menjual produk atau jasa, demi mengembangkan usaha dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

Teknik-teknik tersebut dapat membantu Anda memahami lebih lanjut kebutuhan pasar dan cara menjualnya. Pemasaran dapat membantu menyebarkan informasi soal produk atau jasa, dan membantu Anda mengomersialkan, mendistribusikan, dan mendefinisikan teknik penjualan secara spesifik. 

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan membuat konten marketing.

Bagaimana Cara Membuat Konten Marketing?

pemilik usaha

Konten pemasaran yang baik bisa digunakan di sejumlah platform yang berbeda. Agar bisa membuat konten secara efektif, tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri: Apa yang ingin saya capai? Bagaimana saya bisa mencapai konsumen saya? 

3 Tujuan dari Konten:

  1. Menjual: Yakinkan publik untuk membeli produk atau jasa Anda.
  2. Menginformasikan: Kenalkan target pasar Anda ke produk atau jasa yang spesifik.
  3. Membujuk: Komunikasikan manfaat spesifik dari produk atau jasa Anda.
  4. Mengingatkan: Ingatkan target pasar mengenai sebuah produk atau jasa Anda.
  5. Bangun kesan positif: Buat target pasar Anda mengidentifikasi sebuah produk, jasa, atau pemasok dengan positif.

4 Jenis Produk:

Saat melakukan pembelian produk atau jasa, konsumen Anda mungkin melakukannya secara terencana, atau justru secara impulsif. Mari kita lihat:

  1. Target produk: Produk yang dilihat konsumen karena mereka percaya bahwa Anda menawarkan kualitas yang lebih tinggi, harga yang lebih murah, atau pilihan yang lebih bagus dari kompetitor lain. Produk-produk ini menghasilkan kunjungan dan pelengkap penjualan. 
  2. Produk rutin: Produk yang dibeli konsumen untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Konsumen yang datang untuk produk rutin akan lebih mungkin untuk membeli jenis produk lainnya. 
  3. Produk atau jasa yang praktis: Produk atau jasa berikut memfasilitasi kehidupan konsumen, menghemat waktu dan meningkatkan kenyamanan mereka. Contoh: layanan pesan antar.
  4. Produk atau jasa musiman: Produk musiman hanya tersedia di waktu tertentu dalam setahun. Produk-produk ini mampu meningkatkan rata-rata penjualan dan jadi tambahan barang yang menarik. 

4 Tips Menyampaikan Pesan Anda: 

Untuk membuat pesan yang efektif, pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal berikut: 

  1. Gunakan gambar, suara, atau slogan yang membantu menarik perhatian konsumen. 
  2. Pesan harus jelas, ringkas, dan mudah untuk diingat.
  3. Sampaikan manfaat dari produk atau jasa Anda dan haruslah jujur dan tidak bertele-tele.
  4. Masukkan ajakan untuk membeli agar konsumen bisa bertindak secara langsung.

Pada dasarnya, pemasaran kini begitu penting karena dapat membantu usaha Anda terlihat berbeda dari para kompetitor. 

Pemasaran bisa digunakan untuk semua jenis dan ukuran usaha. Upaya pemasaran pun Anda akan berdampak positif bagi penjualan dan secara berlanjut dapat meningkatkan keuntungan usaha Anda, termasuk ketika menggunakan media sosial. Sudah coba?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya