GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

8 Manfaat Aplikasi Stok Barang bagi Kemajuan Usaha

Apakah Anda hingga saat ini masih melakukan semuanya secara manual? Coba pikirkan lagi untuk menggunakan aplikasi stok barang untuk mengelola stok, terlebih bisa terhubung langsung dengan aplikasi kasir di restoran atau coffee shop Anda.

Apakah cara yang Anda lakukan saat ini masih memakan banyak waktu dan tenaga hanya untuk mengelola persediaan barang?

Tahukah bahwa sekarang ini sudah ada aplikasi stok barang, dimana Anda dapat mengatur pengelolaan barang dengan mudah?

Tidak diragukan lagi, dengan mengadopsi teknologi untuk bisnis Anda, Anda tetap dapat bersaing dengan kompetitor Anda dan juga untuk selalu siap dengan tuntutan pelanggan Anda.

Bisa dilihat dari munculnya berbagai aplikasi stok barang yang dapat membantu operasional toko hingga kegiatan berbisnis Anda lebih efektif dan praktis.

Menggunakan teknologi membuat semuanya berjalan menjadi lebih sederhana, Anda dapat menikmati hal-hal lain dalam hidup dengan menjalankan bisnis Anda secara lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih efisien. Saat ini, Anda pun juga sudah mulai bisa mengontrol management inventory menggunakan teknologi dengan adanya aplikasi stok barang.

Bayangkan saja. Dibandingkan harus memasukkan banyak data dan angka ke berbagai spreadsheet dan harus melakukan sinkronisasi data secara berkala. Anda dapat mempersingkat waktu tersebut untuk melakukan hal lainnya dan biarkan sistem yang melakukan perhitungan dan sinkronisasi data.

Salah satu tantangan terbesar dengan menjalankan bisnis online adalah kebutuhan untuk mengelola inventaris Anda secara efektif. Masalahnya adalah, ketika bisnis Anda tumbuh, tantangan ini justru akan terus meningkat.

Untuk dapat meningkatkan penjualan dengan berbagai saluran penjualan agar dapat mengembangkan bisnis Anda, penggunaan aplikasi stok barang menjadi kebutuhan yang mendasar bagi bisnis Anda.

8 Manfaat Aplikasi Stok Barang bagi Kemajuan Bisnis

Apakah Anda harus selalu menggunakan saluran penjualan (channel) yang berbeda untuk memasarkan produk dan memproses pesanan Anda? Apakah Anda harus menyesuaikan level stok Anda secara manual di setiap platform setiap kali Anda melakukan penjualan?

Hal ini merupakan hambatan umum yang muncul ketika suatu bisnis online sedang berkembang, dan sering memicu adanya kesalahan terutama menimbulkan adanya human error. Dampak dari ini tentunya adalah ketidakpuasan pelanggan serta reputasi buruk yang sangat berbahaya bagi bisnis online yang sedang berkembang.

Maka dari itu, mulailah pertimbangkan untuk menggunakan software atau aplikasi stok barang agar Anda dapat lebih mengatur segalanya dengan lebih mudah dan juga akurat.

Manfaat dan keunggulan dari aplikasi stok barang tersebut tidak hanya terbatas pada kemudahan dan akurasinya. Berikut berbagai manfaat aplikasi stok barang bagi kelangsungan bisnis Anda:

1. Aplikasi Stok Barang Terbukti Meningkatkan Produktivitas dalam Bisnis

Stok merupakan aset berharga bagi perusahaan, dan dengan menjaga stok Anda, berarti Anda bisa menjaga uang Anda yang ada pada nilai inventory Anda. Anda tidak boleh menyia-nyiakan nilai uang tersebut. Anda tentunya menginginkan efisiensi dalam pengelolaan tingkat stok agar bisnis Anda bisa menjadi arus kas yang positif.

Selain itu, analisis dan laporan sederhana yang dihasilkan aplikasi stok barang dapat membantu Anda melihat produk mana yang dapat Anda jual dengan cepat dan melalui saluran penjualan yang mana.

Hal ini tentunya sangat membantu Anda untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas untuk kedepannya atau mungkin Anda bahkan bisa memprediksikan tren bagi bisnis Anda untuk tahap selanjutnya.

Apakah Anda perlu dapat mengelola produk dengan berbagai tanggal kedaluwarsa? Hal ini penting terutama jika Anda bergerak pada industri kesehatan, kecantikan dan farmasi.

Lalu, bagaimana dengan mengelola varian produk multi-matriks? Atau menangani unit pengukuran yang rumit? Semua ini pastinya dapat Anda capai, dapat Anda kelola dengan baik, dengan aplikasi stok barang.

Oleh karena itu, dengan menyederhanakan dan mengotomatiskan tugas-tugas manual sehari-hari yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, aplikasi stok barang ini dapat sangat menghemat waktu Anda, sehingga memungkinkan Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi sambil berfokus memaksimalkan pertumbuhan bisnis Anda.

Anda juga akan memiliki kemampuan untuk mengelola stok Anda, memproses dan mengirim pesanan, mencetak label pengiriman dan membuat serta memperbarui daftar, semuanya dalam satu genggaman.

2. Dinilai Mampu Minimalkan Biaya Operasional dan Mengoptimalkan Profitabilitas Usaha

Kontrol terhadap inventaris juga penting jika Anda ingin meminimalkan biaya penyimpanan stok. Mengapa? Karena menyimpan stok dengan menyewa gudang itu mahal! Biaya penyimpanan, asuransi, pajak, pencurian, bencana alam, dan faktor-faktor lainnya dapat berpotensi memakan pendapatan Anda.

Selain itu, dengan kemampuan untuk mengotomatisasi operasi bisnis utama Anda, aplikasi stok barang ini akan mengefisienkan dan secara akurat memenuhi tugas-tugas seperti mengelola tingkat stok, memperbarui daftar stok di semua saluran penjualan Anda dan memproses pesanan, yang pada akhirnya akan mengurangi biaya secara keseluruhan dan memaksimalkan tingkat profitabilitas perusahaan Anda.

3. Aplikasi Stok Barang dapat Mengintegrasikan Seluruh Bisnis Anda

Pertama, program atau fungsi user management yang ada pada aplikasi stok barang memungkinkan Anda membuat akun pengguna dengan mudah untuk setiap staf di perusahaan Anda dan departemen yang berbeda-beda seperti: manajemen, administrasi, penjualan, pembelian, dan lainnya.

Kedua, fungsi tasks and notes yang ada akan memungkinkan adanya kolaborasi antara anggota tim Anda. Staf Anda dapat saling berbagi informasi dengan lancar kepada pelanggan, pemasok (supplier), dan lainnya. Dengan cara ini, semua orang memiliki visibilitas penuh perihal setiap pesanan sampai terpenuhi dan sampai ke tangan pelanggan.

Terlebih lagi, tim operasional Anda dapat dengan mudah membuat pengiriman dan mengemas semua barang sesuai kuantitas untuk pesanan yang belum dikirimkan.

Saat pengiriman pesanan sedang berjalan, mereka juga dapat membuat daftar pengambilan dan pengepakan ke tim gudang untuk dikirim. Ketika pesanan telah diterima oleh pelanggan, mereka dapat menandainya di aplikasi stok barang dengan status ‘terkirim’.

Setelah itu, akuntan Anda dapat menyaring pesanan penjualan berdasarkan status pengiriman mereka. Mereka kemudian dapat menerbitkan faktur untuk pesanan yang telah dikirimkan.

Faktur pelanggan ini dapat dengan cepat terdaftar dan ditandai dengan status ‘telah dibayar’ ketika pembayaran diterima, atau memiliki catatan kredit yang dikeluarkan kepada pelanggan untuk pengembalian produk. Semuanya akan tercatat dengan baik dan berjalan dengan lebih jelas.

Selain itu aplikasi stok barang juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi kasir, untuk mempermudah proses transaksi. Contohnya, jika pelanggan memesan menu kedua sistem yang sudah terintegrasi tersebut bisa mencocokan apakah bahan baku yang dibutuhkan masih tersedia untuk membuat menu yang dipesan. Sehingga pelanggan tidak akan kecewa setelah menunggu ternyata menu yang dipesan sudah habis.

4. Memungkinkan Pencatatan Data Transaksi Secara Otomatis

Tidak ada yang ingin duduk-duduk memasukkan data secara manual atau melakukan perhitungan secara manual yang rumit dan sangat memakan waktu setiap ada pesanan pembelian yang masuk. Anda dapat menyerahkannya ke aplikasi stok barang untuk mengotomatiskan tugas umum ini untuk Anda.

Apakah Anda sering harus meninggalkan kantor atau toko dan harus mengelola bisnis Anda dari jarak jauh? Sistem atau perangkat lunak ini akan memungkinkan Anda mengirim e-mail quotation dan pesanan penjualan langsung ketika Anda sedang bepergian.

5. Aplikasi Stok Barang dapat Mendeteksi Kemungkinan Overselling

Dengan aplikasi stok barang, level stok Anda akan terus disesuaikan setiap kali Anda melakukan penjualan dan akan secara otomatis melakukan sinkronisasi catatan tersebut pada semua jalur penjualan Anda seperti toko online, situs, dan lainnya yang akan mengurangi adanya kemungkinan overselling.

6. Memegang Kendali atas Kuantitas Persediaan Barang

Memiliki stok yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kehabisan persediaan, pelanggan yang tidak bahagia serta potensi kehilangan penjualan.

Di sisi lain, memiliki kelebihan stok dapat mengambil ruang gudang yang berharga dan menimbulkan biaya yang tidak perlu. Baik kekurangan atau kelebihan stok, semuanya akan berdampak tidak baik bagi pendapatan serta biaya yang harus dikeluarkan.

Untungnya, dengan sistem manajemen stok, Anda dapat melacak tingkat persediaan yang rendah serta mengatur pemesanan ulang secara otomatis untuk setiap produk, yang secara tidak langsung, akan menghindari terjadinya kehabisan stok.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur re-order (pemesanan ulang), sementara menganalisis pola permintaan produk, untuk mengurangi resiko adanya pemesanan stok yang lebih banyak dari seharusnya.

7. Aplikasi Stok Barang Menghadirkan Solusi All-in-One untuk Operasional Bisnis

Seperti telah dibahas pada poin-poin sebelumnya, aplikasi stok barang mencakup manajemen pengiriman, manajemen pencatatan dan manajemen pemesanan, yang secara khusus akan menyederhanakan seluruh proses penjualan, dari daftar produk dan proses pemenuhan pesanan, sampai mencetak faktur dan menandai semua pesanan yang dikirimkan.

8. Buat Pelanggan Anda Bahagia

Selain meringankan semua beban operasional dan memudahkan perusahaan, apakah sistem ini dapat juga membuat pelanggan lebih puas dan senang?

Dengan mengurangi waktu Anda untuk memproses pemesanan dan pengiriman, tentunya pelanggan Anda akan menjadi lebih puas.

Jadi, tunggu apa lagi! Segera dapatkan aplikasi stok barang yang kompeten dan sesuai untuk bisnis Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya