6. Loyalty Program
Siapapun tentu senang bisa diberi penghargaan atas jasanya. Begitu juga dengan pelanggan yang selalu ‘berjasa’ meningkatkan penjualan usaha kuliner Anda dengan selalu datang kembali.
Pemberian poin Loyalty Program yang dapat ditukarkan dengan diskon atau makanan gratis tentu akan menarik pengunjung untuk terus datang ke tempat Anda.
Selain merupakan cara promosi yang efektif, Loyalty Program juga dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Untuk membuat system Loyalty Program yang efektif, restoran dan kafe akan membutuhkan data pengunjung.
Penggunaan aplikasi penjualan, akan memudahkan proses pendataan dan monitoring pengunjung sehingga memudahkan pengunjung untuk memproses poin Loyalty dan menukarkan poin dengan hadiah.
7. Sistem Analisa Otomatis
Tidak seperti mesin kasir konvensional, aplikasi penjualan(jika berbasis cloud/online) dapat menyediakan data real-time untuk analisa usaha yang tepat dan akurat. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan mengecek inventaris.
Aplikasi penjualan dapat membantu Anda mulai dari pengaturan aktivitas karyawan setiap hari, jadwal, ketersediaan menu, hingga memproyeksikan keuntungan.
Hasil yang Anda dapat, bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan tentang rencana selanjutnya yang harus diterapkan untuk meningkatkan keuntungan.
8. Sistem Keamanan
Sebagai pelaku usaha, sudah tentu Anda ingin usaha Anda untuk berkembang, bahkan mungkin membuka cabang di tempat lain. Membuka cabang usaha baru berarti Anda harus siap menyerahkan kepercayaan Anda kepada orang lain untuk mengelola usaha di cabang yang baru.
Namun, meski telah menyerahkan tanggung jawab kepada pihak yang Anda percaya, anda juga butuh untuk terus mengawasi usaha Anda.
Penggunaan aplikasi penjualan dapat mencegah kebocoran keuangan. Kebocoran keuangan sendiri adalah ketidakcocokan pendapatan dengan stok yang sudah keluar.
Dengan aplikasi penjualan, Anda tak perlu khawatir akan terjadinya kebocoran keuangan karena dapat dipastikan jumlah pemasukan dan stok yang keluar akan tepat.
Selain itu, dengan aplikasi penjualan, Anda dapat memantau usaha Anda dari mana saja. Cukup mengurangi waktu dan ongkos untuk berkunjung ke cabang usaha!
9. Proses Pembaharuan Yang Cepat
Salah satu menu sudah habis, bahan baku sudah menipis? Anda bisa memperbaharui jumlahnya dengan cepat di aplikasi penjualan!
Karyawan Anda yang tengah melayani pelanggan pun juga akan lebih cepat mendapatkan update dari Anda sehingga proses melayani pelanggan jadi jauh lebih mudah, tak perlu berteriak atau bertanya ke dapur dulu.
Anda juga bisa mencatat dan mengetahui menu favorit yang sering dipesan, dan mana yang paling tidak diminati berdasarkan feedback dari pelanggan.
Rajin melakukan update akan membuat kinerja Anda dan karyawan lebih terarah setiap harinya.
10. Peningkatan Keuntungan
Keuntungan tentunya menjadi tujuan utama Anda saat membuka usaha. Aplikasi penjualan dapat membantu anda meningkatkan keuntungan dengan memberikan laporan analisa dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi feedback pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus kembali ke usaha kuliner Anda yang pada akhirnya akan memberikan Anda keuntungan.
Dengan 10 poin keuntungan yang telah disebutkan diatas, kini tentunya Anda tahu pentingnya menggunakan aplikasi penjualan. Meski kecil, namun manfaat yang ditimbulkan akan mempengaruhi banyak aspek dalam kesuksesan usaha Anda.
Referensi: Investopedia