Cetak struk ternyata tak hanya penting bagi pelanggan, tetapi juga pemilik usaha. Struk penting bagi pembeli untuk dijadikan bukti pembelian saat ingin mengembalikan produk yang rusak atau tidak sesuai. Sementara bagi pemilik usaha, struk digunakan sebagai alat check dan recheck atas transaksi yang sudah terjadi. Jadi, struk bisa kita gunakan sebagai bukti sah dalam penyusunan laporan keuangan usaha.
Supaya lebih paham tentang pentingnya cetak struk bagi pemilik usaha, mari simak informasi di bawah ini selengkapnya!
Baca juga: Struk Pembayaran: Seberapa Penting untuk Usaha Anda?
Mengenal Struk Dalam Usaha
Cetak struk dalam usaha berfungsi sebagai bukti telah terjadinya transaksi antara pembeli dan pemilik usaha. Selain sebagai tanda transaksi yang sah, struk juga berguna bagi pemilik usaha untuk mencatat jumlah transaksi yang telah terjadi. Jadi, pemilik usaha dapat menggunakan struk pembayaran untuk melakukan proses pengecekan dan kecocokan seluruh catatan transaksi yang terjadi. Hal ini tentu saja sangat penting untuk penyusunan laporan keuangan usaha.
Baca juga: QRIS Dapat Menerima Pembayaran dari Mana Saja, Ini Penjelasan Lengkapnya
Pentingnya Cetak Struk
Bagi pemilik usaha, mencetak struk dapat memberikan sejumlah manfaat penting. Berikut beberapa di antaranya:
1. Cetak struk memudahkan pencatatan keuangan
Dalam periode waktu tertentu, setiap usaha perlu membuat pencatatan keuangan. Agar pencatatan keuangan bisa Anda susun dengan mudah dan akurat, penting untuk menyimpan struk pembayaran. Nah, struk berguna sebagai rujukan saat Anda melakukan pengecekan berbagai dokumen keuangan usaha.
2. Cetak struk untuk mengetahui preferensi konsumen
Kebanyakan konsumen saat ini tidak lagi suka menumpuk struk kertas untuk mencatat keuangan bulanan. Sebagai gantinya, struk digital kita gunakan karena lebih hemat pemakaian kertas dan lebih mudah disimpan. Struk digital juga berguna bagi konsumen yang ingin mencatat keuangan melalui aplikasi karena bukti pembelian ini dapat langsung terlampir ke aplikasi.
3. Cetak struk agar mengetahui strategi promosi yang tepat
Cetak struk juga berguna untuk mengetahui strategi promosi yang tepat setelah pembelian terjadi. Pemilik usaha bisa memanfaatkan struk, khususnya struk digital, untuk up sell dan cross sell. Jadi, Anda dapat menyediakan rekomendasi dan promosi produk secara individual kepada pembeli dengan cara mengirimkan iklan ke email konsumen setelah nota digital mereka terima.
Baca juga: Ini SOP Kasir Restoran Sebenarnya Selain Melayani Pembayaran
Komponen Penting dalam Cetak Struk
Nah, agar nantinya manfaat cetak struk bisa dirasakan secara optimal, pastikan struk yang Anda cetak memiliki berbagai komponen penting berikut ini:
1. Informasi tentang usaha
Informasi tentang usaha merupakan komponen penting pertama yang perlu Anda cantumkan dalam struk. Biasanya, usaha menempatkan informasi seperti nama usaha, logo, alamat, nomor telepon, email, ataupun website di bagian paling atas struk. Dengan adanya informasi ini, identitas usaha akan tampak jelas sehingga usaha Anda bisa lebih dikenal dan diingat oleh pelanggan.
2. Daftar pembelian
Cantumkan juga daftar pembelian pelanggan secara detail dan lengkap. Daftar pembelian ini biasanya mencakup informasi produk yang dibeli, harga satuan, jumlah produk, dan harga total belanja. Cantumkan juga informasi terkait pembelian lainnya jika ada pajak atau diskon.
3. Detail transaksi
Dalam detail transaksi, Anda perlu memasukkan informasi tentang tanggal dan jam transaksi, nomor struk, hingga nama pegawai yang bertugas atas transaksi tersebut. Informasi tentang tanggal, jam transaksi, dan nomor struk berguna memudahkan pencatatan penjualan. Sedangkan, menulis nama petugas berguna jika Anda ingin mengontrol kualitas pelayanan kepada pelanggan.
4. Detail pembayaran
Detail pembayaran oleh pelanggan biasanya mencakup dua hal, yaitu metode pembayaran yang digunakan dan uang kembalian. Cantumkan metode pembayaran yang pelanggan gunakan saat melakukan transaksi pada struk, misalnya uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit. Informasi uang kembalian hanya perlu dimuat dalam struk jika pelanggan membayar secara tunai.
5. Password Wi-Fi
Dalam struk yang diterima pelanggan, Anda juga perlu mencantumkan password Wi-Fi jika memang menyediakan. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu repot bertanya tentang password Wi-Fi dan Anda tidak perlu repot menyediakan password Wi-Fi secara terpisah. Informasi ini biasanya penting bagi pelaku usaha kuliner.
Sekarang Anda bisa cetak struk lebih efisien dengan GoBiz PLUS! Gojek mengeluarkan GoBiz PLUS sebagai perangkat yang bisa cetak struk dan sebagai alat pembayaran non tunai multifungsi yang sudah terhubung dengan berbagai layanan Gojek lainnya, seperti GoMart dan GoFood.
Dengan perangkat kasir GoBiz Plus, Anda tidak perlu beli printer tambahan buat cetak struk, yang pasti memenuhi tempat usaha, repot memasang kabel, dan sebagainya. GoBiz PLUS akan membantu Anda lebih efisien dari banyak sisi karena hanya dengan satu perangkat, kebutuhan online dan offline usaha Anda bisa terpenuhi. Anda bisa cetak struk sekaligus menerima pembayaran nontunai seperti QRIS dan kartu debit melalui satu perangkat yang sama.
Agar performa bisnis semakin meningkat, jangan lupa daftar GoPay untuk bisnis juga. Dengan daftar GoPay sekarang, Anda dapat merasakan keuntungan menerima pembayaran no tunai. Transaksi jualan akan lebih aman karena contactless, lebih praktis karena menggunakan satu kode QR untuk menerima berbagai macam e-wallet, dan tentunya lebih mudah karena bisa buat promosi mandiri. Yuk, kembangkan bisnis Anda dan nikmati kemudahan transaksi bersama GoBiz PLUS!