Mitra Usaha pernah terima pesan berisi kode OTP tanpa penyebab? Atau pernah dapat pesan mencurigakan yang meminta kode OTP tersebut dari nomor tak dikenal atau pengirim yang tidak resmi? Apa pun alasannya dan siapa pun yang memintanya, yang jelas itu adalah ulah Kang Tipu!
Sebagai gambaran, seringkali Kang Tipu mengatasnamakan pihak GoBiz dan/atau Gojek Indonesia, lalu meminta Anda untuk mengirimkan kode OTP dengan berbagai alasan. Padahal, kode OTP adalah data sensitif yang hanya boleh diketahui para pemilik akun karena dapat digunakan untuk masuk ke akun GoBiz Anda
Bayangkan, apabila Kang Tipu mendapatkan kode OTP tersebut, ia memiliki akses untuk masuk dan mengambil alih akun GoBiz Anda, lho! Bahkan, ia juga bisa mengutak-atik akun Anda, seperti mengedit fitur Menu di aplikasi GoBiz dan menggantinya jadi formulir bodong untuk mengumpulkan data sensitif Anda seperti di bawah ini.
Bagaimana kita tahu bahwa formulir tersebut bodong/palsu?
Duh, ada-ada saja, deh, ulang Kang Tipu! Namun, Mitra Usaha tidak perlu khawatir! Berikut rumus ampuh yang harus Anda terapkan agar selalu #AmanBersamaGojek:
J: Jangan transfer uang ke siapa pun
Penting diingat bahwa Gojek (termasuk GoFood & GoBiz) tidak pernah memungut biaya apa pun untuk pendaftaran GoFood, aktivasi GoBiz, atau keikutsertaan promo GoFood.
A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, 3 digit angka di belakang kartu (CVV), kode PIN, dll.
Semua data tersebut adalah data yang sensitif yang BERHAK Anda simpan dan tidak dibagikan kepada orang lain, apapun kondisinya.
G: Gunakan fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda.
Fitur Kelola Pegawai adalah fitur yang memberikan akses berbeda kepada Owner/Pemilik atau Admin, Kasir dan Manager. Dengan fitur ini, Anda dapat memilih untuk memberikan akses yang sesuai pada karyawan usaha yang Anda percayai.
A: Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz.
Jika Anda menemukan tindakan yang mencurigakan atau pihak yang mengatasnamakan Gojek, harap cek dan konfirmasi kembali informasi atau teks yang Anda dapatkan atau pihak yang menghubungi Anda melalui menu Bantuan pada aplikasi GoBiz.
Yuk, sebarkan artikel ini supaya lebih banyak usaha yang menerapkan JAGA dan #AmanBersamaGojek!