Kabar baik bagi seluruh Mitra Usaha, kini ubah data outlet di Pusat Bantuan GoBiz semakin mudah seperti membalikkan telapak tangan! Anda tidak perlu lagi merasa kesulitan harus download dan print formulir manual, lho. Anda bisa langsung mengajukan perubahan data tersebut secara mudah, cepat, dan aman hanya melalui Pusat Bantuan.
Apa Saja Keuntungan Ubah Data Outlet di Pusat Bantuan?
1. Lebih mudah
Anda tidak perlu repot lagi untuk print dan mengisi formulir secara manual (tertulis). Kini Anda bisa melakukan perubahan data secara mudah hanya dengan mengisi formulir singkat yang tersedia di Pusat Bantuan GoBiz.
2. Lebih cepat
Cukup dengan mengisi beberapa pertanyaan singkat di dalam artikel terkait Pusat Bantuan, lalu klik kirim. Selamat! Pengajuan perubahan data Anda bisa langsung diproses.
3. Terhindari dari kesalahan pengisian formulir
Tidak perlu takut lagi ada bagian yang terlewat saat pengisian formulir perubahan data. Di Pusat Bantuan, pengisian formulir akan dipandu secara bertahap, dan sistem akan mendeteksi langsung apakah formulir yang diisi sudah benar dan lengkap. Sistem juga akan mengirimkan balasan otomatis jika ada bagian yang salah diisi.
4. Aman
Pemilik harus membalas email yang dikirimkan oleh sistem sebagai tanda persetujuan perubahan data outlet. Dengan begitu, proses perubahan data Anda menjadi lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian identitas usaha.
Apa Saja Data yang Bisa Diubah Tanpa Formulir Manual di Pusat Bantuan?
Untuk saat ini, proses perubahan data outlet tanpa menggunakan formulir manual terbatas untuk jenis data berikut:
- Nama outlet
- Email outlet
- Rekening bank outlet (nama bank, nomor rekening, nama pemilik)
Sebagai informasi, pada GoBiz versi terbaru, beberapa Mitra Usaha sudah bisa ubah data secara mandiri melalui aplikasi GoBiz (klik di sini untuk informasi selengkapnya). Fitur akan dirilis secara bertahap. Jika Anda belum menemukan fitur ini atau sudah melebihi batas maksimal melakukan perubahan (2 kali dalam 1 bulan), bisa mengajukan perubahan langsung di Pusat Bantuan.
Bagaimana Cara Mengubah Data Outlet?
Untuk mengubah nama outlet, Anda bisa melakukannya melalui 2 cara, yaitu melalui menu Outlet Saya dan melalui Pusat Bantuan. Sementara untuk email outlet dan rekening bank outlet Anda hanya bisa mengubahnya melalui Pusat Bantuan.
Ubah Nama Outlet Melalui Menu Outlet Saya
- Buka halaman Beranda, lalu klik menu Outlet Saya.
- Pilih Nama pada bagian informasi outlet, lalu klik Ubah di pojok kanan atas.
- Masukkan Nama usaha dan Detail lokasi yang baru pada kolom yang tersedia. Akan muncul nama lengkap usaha pada bagian Pratinjau nama usaha Anda. Jika sudah, klik Simpan perubahan.
- Selamat! Perubahan nama Anda sudah diproses. Anda bisa memantau status perubahan nama outlet di bagian atas halaman Nama. Tunggu statusnya hingga berubah menjadi Selesai yang disertai keterangan “Perubahan sudah berhasil”. Proses ini hanya berlangsung selama beberapa saat (instan).
Ubah Data Melalui Pusat Bantuan
1. Buka halaman Beranda, lalu klik Pusat Bantuan.
2. Klik Topik yang sering dicari atau ketik secara manual di kolom pencarian.
- Ketik “Ganti nama outlet”, jika Anda ingin mengubah nama outlet.
- Ketik “Ganti alamat email GoBiz”, jika Anda ingin mengubah email outlet.
- Ketik “Cara mengganti bank yang terdaftar”, jika Anda ingin mengubah rekening bank outlet.
3. Isi formulir singkat terkait perubahan data yang ingin Anda ubah.
Untuk mengubah nama outlet, berikut beberapa kolom yang harus Anda isi, antara lain:
- Tipe perubahan dokumen.
- Nama outlet lama. Anda bisa cek data ini melalui menu Outlet Saya, lihat bagian atas menu.
- Nama outlet baru.
- Alasan melakukan perubahan.
Untuk mengubah email outlet, berikut beberapa kolom yang harus Anda isi, antara lain:
- Tipe perubahan dokumen.
- Email lama yang ingin diganti. Anda bisa cek data ini melalui menu Outlet Saya, lalu klik Kontak.
- Email baru yang ingin Anda ajukan.
- Alasan melakukan perubahan.
Untuk mengubah rekening bank outlet, berikut beberapa kolom yang harus Anda isi, antara lain:
- Tipe perubahan dokumen
- Nama Bank lama Anda. Anda bisa cek data ini melalui menu Outlet Saya, lalu klik Rekening Pencairan.
- Nomor rekening lama
- Nama pemilik rekening lama
- Nama bank baru
- Nomor rekening yang diajukan
- Foto buku tabungan/mutasi rekening baru dari Internet Banking (yang menampilkan informasi Nama Bank, Nomor Rekening, dan Nama Pemilik Rekening)
- Alasan melakukan perubahan (opsional)
Pastikan semua kolom sudah diisi dengan data yang benar dan lengkap, lalu klik Kirim.
4. Selanjutnya, Pemilik usaha akan menerima pesan konfirmasi melalui email Pemilik usaha* sebagai tanda persetujuan bahwa data outlet Anda akan diubah. Jika Pemilik usaha sudah mengetahui perubahan data outlet tersebut, segera balas dengan kata Setuju pada email tersebut, dan perubahan data tersebut akan langsung diproses (kata selain Setuju tidak akan diproses). Pemilik usaha wajib melakukan konfirmasi dalam 2×24 jam.
5. Jika Pemilik usaha tidak membalas email persetujuan perubahan data, Orang yang mengajukan perubahan data (requester) akan menerima email pengingat sebanyak 3 kali dalam waktu 1×24 jam untuk segera mengkonfirmasi perubahan data melalui email yang telah dikirimkan ke email Pemilik usaha.
6. Jika Pemilik usaha masih belum juga membalas dalam waktu 2×24 jam atau bahkan membalas Tidak Setuju, pengajuan perubahan data Anda akan dibatalkan. Info pembatalan akan dikirimkan ke email requester dan Pemilik usaha. Jika Anda tetap ingin melakukan perubahan data, ulangi dari langkah 1 kembali dengan melakukan pengajuan ulang di Pusat Bantuan.
7. Jika Pemilik usaha sudah membalas Setuju, perubahan data Anda akan segera diubah. Selamat, data Anda sudah diterima dan akan langsung diproses. Jauh lebih cepat, bukan?
*Email Pemilik usaha adalah email yang didaftarkan pertama kali saat mendaftarkan usaha Anda di GoBiz, digunakan untuk menerima salinan kerja sama GoBiz.
Masih bingung? Tonton videonya aja yuk dengan menekan tombol di bawah ini.
Tips Jitu Berhasil Ubah Data Outlet dengan Cepat
Jika Anda ingin berhasil dengan cepat melakukan perubahan data, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
1. Pastikan perubahan data yang akan Anda ajukan sudah diketahui oleh Pemilik usaha sebelum Anda mengajukan perubahan.
2. Periksa kembali semua data yang Anda isi sudah benar, terutama pada kolom “Nama outlet lama”, “Email lama yang ingin diganti”, atau “Data rekening lama (nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening)”. Pastikan data yang Anda masukkan sesuai dengan data pada aplikasi GoBiz.
3. Pastikan Pemilik usaha membalas Setuju dalam jangka waktu 2×24 jam pada email konfirmasi yang dikirimkan. Dengan begitu, perubahan data Anda bisa langsung diproses.
Cari tahu lebih lanjut tips ubah data outlet secara mudah dengan klik di sini.
Yuk, tunggu apa lagi? Klik tombol di bawah ini jika Anda ingin ubah data outlet sekarang!
Jangan lupa, apa pun masalahnya #CaridiBantuan, ya!