GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Tips Aman Mengajukan Pinjaman Modal Usaha secara Online

5 Tips Aman Mengajukan Pinjaman Modal Usaha secara Online – Berminat untuk mengajukan pinjaman usaha? Pinjaman online atau pinjol memang bisa dijadikan alternatif yang praktis untuk menambah modal usaha. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa pinjaman online berbahaya.

Anggapan tersebut tidak selamanya benar. Kuncinya terletak pada Anda sendiri. Selama bisa mengelola dana pinjaman dengan baik, mengajukan pinjaman modal usaha secara online akan sangat membantu.

Agar tidak terjebak dan tetap aman, berikut lima tips yang bisa Anda terapkan saat mengajukan pinjaman modal usaha secara online.

5 Tips Aman Mengajukan Pinjaman Modal Usaha secara Online

mencatat Transaksi Keuangan Perusahaan secara otomatis - laporan arus kas - anggaran promosi usaha - proyeksi laba rugi usaha adalah - Contoh Laporan Keuangan Sederhana

1. Cek legalitas penyedia layanan pinjaman online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan legalitas penyedia layanan pinjaman online. Pastikan calon kreditur Anda telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Anda bisa cek melalui website resmi OJK. Selain itu, bisa juga dengan menghubungi OJK melalui telepon ke nomor 157. OJK juga dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor 081-157-157-157. Cara lain adalah mengirimkan e-mail ke [email protected].

Jika suatu penyedia layanan pinjol terdaftar di OJK, maka seluruh aktivitas keuangannya diawasi oleh OJK. Jadi, apabila suatu saat Anda bermasalah dengan perusahaan tersebut, bisa langsung menghubungi OJK untuk mendapat tindak lanjut.

2. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan usaha

Selain memperhitungkan faktor eksternal, perhatikan juga kondisi internal usaha Anda. Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman modal usaha secara online, ukur kemampuan finansial usaha Anda. Sesuaikan jumlah pinjaman, bunga pinjaman, hingga tenor pinjaman dengan kemampuan membayar cicilan.

Jangan pernah memaksakan untuk mengambil cicilan dalam jumlah besar saat kondisi kas perusahaan sedang seret. Sebab, hal ini justru akan merugikan Anda nantinya.

Ingat, melakukan perhitungan semacam ini bukan berarti meremehkan kemampuan Anda untuk melunasi cicilan. Sebaliknya, melakukan perhitungan merupakan tindakan preventif untuk meminimalisir potensi kerugian di masa mendatang.

3. Pelajari kontrak pinjaman secara detail

Kunci untuk aman dalam mengajukan pinjaman modal usaha secara online adalah berhati-hati. Tidak perlu terburu-buru dalam mengambil setiap keputusan. Selalu hitung untung rugi tiap keputusan yang akan Anda ambil, termasuk saat mempelajari kontrak pinjaman.

Agar tidak merugi, pelajari kontrak tersebut dengan detail, terutama pada bagian pembayaran cicilan. Cari tahu bagaimana model pembayaran cicilan dilakukan hingga durasi tenor.

Kalau Anda tidak ingin terlalu memusingkan masalah pembayaran cicilan, bisa memilih pinjol yang memberikan keleluasaan pembayaran cicilan seperti GoModal, layanan pinjaman modal usaha mudah dan cepat yang disediakan Gojek untuk mitra usaha.

Di GoModal, Anda bisa mengajukan pendanaan usaha hingga Rp200 juta dengan sistem pembayaran cicilan yang fleksibel. Keuntungan lainnya, cicilan dapat dibayar dengan memotong saldo GoBiz Anda secara langsung.

Misalnya Anda meminjam dana sebesar Rp2,4 juta dengan jangka waktu cicilan dua bulan dan bunga 1,6%. Maka, cicilan harian yang harus dilunasi adalah Rp60.960 dan akan langsung memotong saldo GoBiz hingga cicilan lunas. Jadi, Anda tidak akan pernah terlewat untuk membayar cicilan.   

4. Pastikan ada layanan konsumen terpadu

Selain legalitas di OJK, ada baiknya Anda juga memastikan bahwa calon kreditur menyediakan layanan konsumen terpadu. Dengan adanya layanan semacam ini, Anda bisa langsung menghubungi penyedia pinjaman tiap menemui masalah.

Adanya layanan konsumen terpadu juga akan menghindarkan Anda dari oknum tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai bagian dari penyedia pinjaman online.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman modal usaha secara online, pastikan Anda sudah mengecek ketersediaan layanan konsumen terlebih dulu.

5. Cari tahu testimoni atau review peminjam sebelumnya

Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah belajar dari pengalaman orang lain. Saat mencari penyedia pinjaman online, ada baiknya Anda mencari tahu testimoni dari nasabah sebelumnya.

Biasanya, testimoni semacam ini mudah ditemukan, entah itu tercantum di kolom “Reviews” mesin pencarian atau bisa juga diceritakan melalui media sosial. Di GoModal sendiri, testimoni dari mitra usaha yang sudah menggunakan layanan pinjaman online bisa dilihat langsung melalui situs resmi GoBiz di sini.

Dengan menerapkan lima tips di atas, Anda pun akan senantiasa aman dalam mengajukan pinjaman modal usaha secara online.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk ekspansi usaha, yuk daftar GoModal dan ajukan pinjaman modal agar usaha bisa berkembang lebih maksimal! Mau buka cabang baru, membayar gaji karyawan, pengadaan alat usaha, semua serba bisa! Tertarik mencobanya?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya