GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

11 Bisnis Sampingan Karyawan, Bermodal Minim

Tidak bisa dipungkiri bahwa karyawan membutuhkan bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kebutuhan ini meningkat seiring dengan mahalnya kebutuhan hidup.

Sedangkan, gaji bulanan kantor tidak bisa diharapkan untuk dapat memenuhi semua kebutuhan hidup. Oleh sebab itu, banyak karyawan, mungkin juga termasuk Anda, menginginkan bisnis sampingan.

Sebenarnya, bisnis sampingan karyawan bisa dimulai dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal sama sekali.  Urgensi dana untuk hidup membuat Anda dituntut untuk memikirkan ide kreatif bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Anda bisa memanfaatkan waktu setelah bekerja untuk membuka kursus atau privat yang bisa dilakukan dengan modal nol rupiah. Usaha online shop juga bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk dijalani. Jadi, tinggal pilih saja mana bisnis sampingan yang memungkinkan. 

Tapi, bagaimana jika Anda bukan seorang karyawan yang memiliki urgensi untuk memiliki uang tambahan? Apakah bisnis sampingan karyawan tidak dibutuhkan? Tentu saja tidak.

Anda tetap butuh penghasilan tambahan sebagai bekal setelah pensiun dan tabungan dana darurat jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi. Untuk memahami pentingnya bisnis sampingan karyawan dan jenis usaha yang dilakukan, simak penjelasan di bawah ini!

Apa pentingnya bisnis sampingan karyawan?

Sebagai karyawan, Anda mungkin berpikir bahwa gaji per bulan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun itu adalah kondisi saat ini. Bagaimana dengan ke depannya? Bisa saja ada kebutuhan mendadak yang butuh biaya banyak.

Bisa juga di waktu mendatang Anda menginginkan barang baru, atau penyelenggaraan acara besar. Tentu akan butuh dana yang cukup besar.

Pikirkan juga bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan hidup saat sudah pensiun nanti. Apakah akan memberatkan anak dengan menggantungkan hidup pada mereka? Tentu tidak. 

Bagaimanapun juga, memiliki usaha sampingan sangat penting dilakukan. Hasil yang didapat bisa menjadi dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan.

Anda tidak perlu menunggu gajian bulan depan untuk mendapatkan barang yang diinginkan karena bisa memanfaatkan penghasilan dari usaha sampingan. Begitu juga jika tiba-tiba Anda sakit dan butuh dirawat.

Ada dana darurat hasil kerja sampingan. Hidup juga lebih terjamin di masa depan jika Anda sudah merintis usaha pribadi sejak masih jadi karyawan. 

Apa saja daftar bisnis sampingan karyawan?

Melihat ada banyak keuntungan dan manfaat memiliki pekerjaan sambilan sembari menjadi pekerja kantoran, tentunya Anda mulai tertarik untuk mencoba.

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya